Latar Belakang Pemberontakan APRA (Angkatan Perang Ratu Adil)

Pembahasan kali ini adalah tentang pemberontakan APRA, latar belakang terjadinya pemberontakan APRA, pemberontakan APRA terjadi di daerah Bandung, peristiwa APRA (Angkatan perang ratu adil).

Pemberontakan APRA merupakan salah satu tragedi Politik dan Ideologis Nasional pada masa Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Daftar Isi :

Pemberontakan APRA

Pada tanggal 23 Januari 1950 di Bandung meletus peristiwa Angkatan Perang Ratu Adil (APRA). Latar belakang pemberontakan APRA adalah adanya friksi dalam tubuh Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat (APRIS) antara tentara pendukung federalis (KNIL/KL) dengan pendukung unitaris (TNI).

Bekas anggota KNIL yang tetap menginginkan sebagai tentara bagi Negara Pasundan itu membentuk Angkatan Perang Ratu Adil.

Mereka bahkan memberi ultimatum kepada pemerintah RIS agar tetap diakui sebagai Tentara Pasukan dan menolak segala upaya pembubaran terhadap negara bagian tersebut.

Tentu, ultimatum ini ditolak pemerintah. Akhirnya, 800 orang bekas KNIL bersenj*ta lengkap menyerang dan menduduki Kota Bandung pada tanggal 23 Januari 1950.

Latar Belakang Pemberontakan APRA (Angkatan Perang Ratu Adil)
Gambar Foto: Raymond Westerling

Gerakan APRA yang dipimpin Raymond Westerling itu berhasil membunuh ratusan prajurit Divisi Siliwangi. Westerling juga merencanakan menyerang Jakarta dengan bekerja sama dengan Sultan Hamid II untuk menculik dan membunuh para menteri RIS yang tengah bersidang.

Namun, usaha ini dapat digagalkan oleh APRIS dengan mengirimkan kesatuan-kesatuan dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Perdana Menteri RIS Drs. Moh. Hatta pun mengadakan perundingan dengan Komisaris Tinggi Belanda.

Akhirnya, Mayor Jenderal Engels (Komandan Tentara Belanda di Bandung) mendesak Westerling agar pergi meninggalkan Kota Bandung. APRA pun berhasil dilumpuhkan oleh APRIS.

Tindakan Westerling inilah yang menyebabkan tingginya tuntutan rakyat untuk kembali ke bentuk negara kesatuan.

Komentar ditutup.