Bagian-Bagian Otak Beserta Fungsinya

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan tentang otak yang merupakan bagian dari sistem saraf yang sadar, bagian-bagian dari otak, bagian-bagian otak manusia, otak kanan, otak kiri, otak depan, otak besar, otak belakang, pembagian otak, anatomi otak dan bagian otak besar dan kecil.

Otak terletak di rongga tengkorak dan dibungkus oleh tiga lapis selaput kuat yang disebut meninges. Selaput paling luar disebut duramater, paling dalam adalah piamater dan yang tengah disebut arachnoid.

Di antara ketiga selaput tersebut terdapat cairan serebrospinal yang berfungsi untuk mengurangi benturan atau goncangan. Peradangan yang terjadi pada selaput ini dinamakan meningitis. Penyebabnya bisa karena infeksi virus.

Bagian-bagian otak beseta fungsinya

Otak manusia terbagi menjadi tiga bagian yaitu otak besar (cerebrum), otak kecil (cerebellum) dan batang otak.

1) Otak besar (cerebrum)

Otak besar manusia terletak di dalam tulang tengkorak. Otak besar memiliki permukaan yang berlipat-lipat dan terbagi atas dua belahan. Belahan otak kiri melayani tubuh sebelah kanan dan belahan otak kanan melayani tubuh sebelah kiri.

Otak besar terdiri atas dua lapisan. Lapisan luar berwarna kelabu disebut korteks, berisi badan-badan sel saraf. Lapisan dalam berwarna putih berisi serabut-serabut saraf.

Fungsi otak besar

Otak besar berfungsi sebagai pusat kegiatan-kegiatan yang disadari seperti berpikir, mengingat, berbicara, melihat, mendengar, dan bergerak.

Bagian-Bagian Otak Beserta Fungsinya
Otak Besar

2) Otak kecil (cerebellum)

Otak kecil terletak di bawah otak besar bagian belakang. Susunan otak kecil seperti otak besar. Terdiri atas belahan kanan dan kiri serta terbagi menjadi dua lapis.

Lapisan luar berwarna kelabu dan bagian dalam berwarna putih. Belahan kanan dan kiri otak kecil dihubungkan oleh jembatan Varol.

Fungsi otak kecil

Otak kecil berfungsi untuk mengatur keseimbangan tubuh dan mengkoordinasi kerja otot-otot ketika kita bergerak.

3) Sumsum lanjutan (Spinal Cord)

Sumsum lanjutan membentuk bagian bawah batang otak serta menghubungkan pons Varoli dengan sumsum tulang belakang.

Fungsi Sumsum lanjutan

Sumsum tulang belakang berfungsi sebagai:

a) pusat pengendali pernapasan,


b) menyempitkan pembuluh darah,


c) mengatur denyut jantung,


d) mengatur suhu tubuh.