Contoh Cara Menanggapi Isi Laporan

Cara Menanggapi Isi Laporan

Sebelum kalian menyampaikan tanggapan terhadap laporan, tentu kalian harus menyimak dan benar-benar memahami isi laporan yang akan kalian tanggapi. Dalam mendengarkan pembacaan laporan diperlukan konsentrasi yang baik.

Jika kalian mampu menyimak dengan baik, tentu kalian akan dapat menangkap keseluruhan isi laporan serta memberikan tanggapan berkenaan dengan hal-hal yang dikemukakan dalam laporan.

Tanggapan terhadap isi laporan dapat ditujukan atau diarahkan pada
1) kelengkapan isi laporan, 2) kejelasan isi laporan, serta 3) keruntutan dalam menyampaikan isi laporan.

Contoh Laporan Singkat

Simaklah laporan berikut dengan cermat dan saksama!

Pencemaran Lingkungan
Contoh Cara Menanggapi Isi Laporan
Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan merupakan masalah kita bersama yang makin penting untuk diselesaikan. Hal ini dikarenakan pencemaran lingkungan menyangkut keselamatan, kesehatan, dan kehidupan kita.


Siapa pun dapat berperan serta dalam menyelesaikan masalah pencemaran lingkungan ini, termasuk kita. Dimulai dari lingkungan yang terkecil, diri kita sendiri, sampai ke lingkungan yang lebih luas. Banyak permasalahan pencemaran lingkungan yang harus segera kita atasi bersama.


Di antaranya pencemaran air tanah dan sungai, pencemaran udara perkotaan, kontaminasi tanah oleh sampah, hujan asam, perubahan iklim global, penipisan lapisan ozon, kontaminasi zat radioaktif, dan sebagainya.


Dalam menyelesaikan masalah pencemaran lingkungan ini, tentunya kita harus mengetahui sumber pencemar, bagaimana proses pencemaran itu terjadi, dan bagaimana langkah penyelesaian pencemaran lingkungan itu sendiri.


Sumber Pencemaran


Pencemar datang dari berbagai sumber dan memasuki udara, air, dan tanah dengan berbagai cara. Pencemar udara terutama datang dari kendaraan bermotor, industri, dan pembakaran sampah. Pencemar udara dapat pula berasal dari aktivitas gunung berapi. 


Pencemaran sungai dan air tanah terutama dari kegiatan domestik, industri, dan pertanian. Limbah cair domestik terutama berupa BOD, COD, dan zat organik. Limbah cair industri menghasilkan BOD, COD, zat organik, dan berbagai pencemar beracun. Limbah cair dari kegiatan pertanian terutama berupa nitrat dan fosfat.


Proses Pencemaran


Proses pencemaran dapat terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung yaitu bahan pencemar tersebut langsung berdampak meracuni. Dengan demikian dapat mengganggu kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan atau mengganggu keseimbangan ekologis, baik air, udara, maupun tanah. 


Proses tidak langsung yaitu beberapa zat kimia bereaksi di udara, air, maupun tanah, sehingga menyebabkan pencemaran. Pencemar ada yang langsung terasa dampaknya, misalnya berupa gangguan kesehatan langsung (penyakit akut) atau akan dirasakan setelah jangka waktu tertentu (penyakit kronis). 


Sebenarnya alam memiliki kemampuan sendiri untuk mengatasi pencemaran (self recovery), tetapi alam memiliki keterbatasan. Setelah batas itu terlampaui, maka pencemar akan berada di alam secara tetap atau terakumulasi dan kemudian berdampak pada manusia, material, hewan, tumbuhan, dan ekosistem.


Langkah Penyelesaian


Penyelesaian masalah pencemaran terdiri dari langkah pencegahan dan pengendalian. Langkah pencegahan pada prinsipnya mengurangi pencemar dari sumbernya untuk mencegah dampak lingkungan yang lebih berat. Di lingkungan yang terdekat, misalnya dengan mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan, menggunakan kembali (reuse) dan daur ulang (recycle).


Di bidang industri, misalnya dengan mengurangi jumlah air yang dipakai, mengurangi jumlah limbah, serta mengurangi keberadaan zat kimia PBT (Persistent, Bioaccumulative, and Toxic), dan berangsurangsur menggantinya dengan Green Chemistry.


Green Chemistry merupakan segala produk dan proses kimia yang mengurangi atau menghilangkan zat berbahaya. Tindakan pencegahan dapat pula dilakukan dengan mengganti alat-alat rumah tangga atau bahan bakar kendaraan bermotor dengan bahan yang lebih ramah lingkungan.


Pencegahan dapat pula dilakukan dengan kegiatan konservasi, penggunaan energi alternatif, penggunaan alat transportasi alternatif, dan pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Langkah pengendalian sangat penting untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat. 


Pengendalian dapat berupa pembuata standar baku mutu lingkungan, monitoring lingkungan, dan penggunaan teknologi untuk mengatasi masalah lingkungan. Untuk permasalahan global seperti perubahan iklim, penipisan lapisan ozon, dan pemanasan global diperlukan kerja sama semua pihak antara satu negara dengan negara lain.

(Sumber: www.kitada.eco Minggu, 27 Januari 2008,
dengan pengubahan)

Setelah menyimak laporan tersebut dan memahami isinya, kalian dapat memberikan tanggapan yang berupa masukan, pertanyaan, saran, ungkapan rasa setuju maupun tidak setuju, serta kritikan. Hal yang harus selalu kalian ingat bahwa setiap tanggapan harus disertai dengan alasan yang masuk akal serta tidak keluar dari permasalahan yang menjadi inti isi laporan.

Contoh Menanggapi Isi Laporan

Contoh tanggapan yang dapat kalian sampaikan berkenaan dengan isi laporan di atas adalah berikut.

Menanggapi isi laporan tersebut, ada beberapa hal yang dapat saya sampaikan, di antaranya berikut.

1) Saya sangat tertarik dengan isi laporan yang disampaikan. Hal ini berkenaan dengan sebuah kenyataan tentang maraknya pencemaran dan lingkungan di sekitar kita. Dari laporan tersebut kita dapat memperoleh wawasan betapa kita harus segera menjaga lingkungan kita.

2) Beberapa hal yang menurut saya kurang lengkap dalam laporan tersebut adalah penjelasan mengenai upaya penanganan pencemaran. Alangkah lebih baiknya dalam laporan tersebut disampaikan juga cara-cara yang praktis dan sederhana dalam menangani masalah pencemaran lingkungan.

3) Saya sangat setuju dengan isi laporan yang disampaikan mengenai langkah penyelesaian pencemaran. Hal ini dikarenakan langkah-langkah penyelesaian tersebut mudah dilakukan oleh semua orang. Dengan demikian, pencemaran dapat dengan mudah diminimalkan atau bahkan dihilangkan sama sekali.

Demikian pembahasan dan penjelasan lengkap tentang cara menanggapi isi laporan dan contoh menanggapi isi laporan dilengkapi dengan contoh laporan singkat.