Sistem Peredaran Getah Bening (Limfa) dan Kelenjar Getah Bening

Sistem peredaran getah bening atau limfa terdiri atas cairan limfa, pembuluh limfa, dan kelenjar limfa. Sistem peredaran limfa berperan dalam pengangkutan lemak dan pemberantasan penyakit.

1. Cairan limfa

Cairan limfa adalah cairan yang terdapat di dalam pembuluh limfa. Cairan ini merupakan cairan darah yang merembes keluar dari kapiler darah. Cairan limfa mengandung lemak dan sel-sel darah putih yang berfungsi melawan kuman penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

2. Pembuluh limfa

Pembuluh limfa terletak di sela-sela otot, mempunyai cabang-cabang halus, dan bagian ujungnya terbuka. Melalui ujung inilah cairan tubuh masuk ke dalam pembuluh limfa.

Struktur pembuluh limfa mirip dengan vena, tetapi mempunyai lebih banyak katup. Pembuluh limfa dibedakan atas 2 macam, yaitu

a. Pembuluh limfa kanan

Pembuluh limfa kanan menerima aliran cairan limfa dari arah kepala, leher, dada kiri, paru-paru, jantung, dan dada sebelah kanan, kemudian bermuara di pembuluh balik di bawah selangka.

b. Pembuluh limfa kiri

Pembuluh limfa ini menerima aliran cairan limfa dari pembuluh limfa atas bagian bawah dan bermuara di pembuluh balik selangka kiri.

Sistem Peredaran Getah Bening (Limfa) dan Kelenjar Getah Bening
Gambar: Kelanjar Getah Bening (Limfa)

3. Kelenjar limfa

Kelenjar limfa terdapat di sepanjang pembuluh limfa. Kelenjar limfa berfungsi membuat sel darah putih dan menjaga tubuh agar tidak mengalami infeksi lebih lanjut. Di dalam tubuh terdapat alat tubuh yang fungsinya sama dengan kelenjar limfa, di antaranya

a. kelenjar limfa di lipatan ketiak, paha, dan leher;

b. kelenjar folikel, di pangkal lidah;

c. tonsil dan amandel;

d. kelenjar limfa di selaput lendir usus.

Baca juga: Sistem Peredaran Darah Manusia