Pengertian Organ dan Struktur Organ Pada Tubuh Manusia, Hewan dan Tumbuhan

Berikut ini adalah pembahasan tentang organ yang meliputi definisi atau pengertian organ, struktur organ tumbuhan, struktur organ hewan, struktur organ manusia, organ tubuh manusia, organ reproduksi wanita, organ pada tumbuhan, organ dalam tubuh manusia, organ tubuh manusia bagian dalam, organ tubuh wanita, susunan organ tubuh manusia.

Pengertian Organ

Setelah memahami tentang pengertian sel, kemudian sekumpulan sel membentuk jaringan, nah kali ini akan dibahas bahwa sekumpulan jaringan akan membentuk organ, jadi apa pengertian organ?

Organ adalah kumpulan dari beberapa jaringan untuk melakukan fungsi tertentu di dalam tubuh sedangkan sistem tubuh adalah gabungan dari organ-organ tubuh yang menjalankan fungsi tertentu.

Struktur Organ Manusia dan Hewan

Jantung, hati, dan paru-paru merupakan organ yang ada di dalam tubuh kita. Disebut organ karena tersusun oleh beberapa jaringan untuk melakukan suatu fungsi.

Pada organ jantung terdapat jaringan otot untuk mengkontraksikan dan memompa darah, jaringan epitel sebagai pelindung jantung, dan jaringan saraf untuk menghantarkan rangsang dari otak ke jantung.

Pengertian Organ dan Struktur Organ Pada Tubuh Manusia, Hewan dan Tumbuhan
Gambar: Contoh Organ Jantung Manusia

Contoh lain organ manusia dan hewan yaitu mata untuk melihat, telinga untuk mendengar, hidung untuk mencium aroma, mulut untuk mencerna makanan, ginjal untuk menyaring darah, hati untuk mengeluarkan empedu, dan sebagainya.

Struktur Organ Tumbuhan

Organ tumbuhan terdiri dari akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji. Akar tumbuhan berfungsi untuk menyerap air dan mineral, menyimpan cadangan makanan, alat pernapasan, dan pengangkut.

Batang tumbuhan berfungsi sebagai tempat menempelnya organ lain, menyimpan cadangan makanan, mengokohkan tubuh, dan mengangkut seluruh zat yang diperlukan oleh tubuh tumbuhan.

Organ daun berfungsi sebagai tempat pembuatan zat makanan melalui fotosintesis, alat pernapasan, dan penguapan.

Organ bunga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan atau reproduksi yang dapat menghasilkan buah dan di dalam buah terdapat biji sebagai embrio.

Baca juga: Contoh tumbuhan berpembuluh