Pengertian Akuntabilitas

Diposting pada

Pengertian Akuntabilitas – Ketika kita membicarakan manajemen dan akuntansi, sulit untuk melupakan apa yang disebut akuntabilitas. Akuntabilitas merupakan masalah yang harus diterapkan oleh setiap akuntan. Kamus besar bahasa indonesia menunjukkan bahwa konsep akuntabilitas adalah bertanggung jawab atau bisa dimintai pertanggung jawaban.

Akuntabilitas perusahaan penting agar setiap orang dapat melakukan pekerjaannya dengan baik dan tujuan bisnis dapat dengan mudah dicapai. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang akuntabilitas perusahaan.

Pengertian Akuntabilitas

Pengertian-Akuntabilitas

Akuntabilitas merupakan kata lain yang dapat menggambarkan tingkat tanggung jawab lembaga atau seseorang tertentu dalam kaitannya dengan sistem manajemen yang mereka miliki.

Pengertian Akuntabilitas Menurut Pendapat Para Ahli

Wikipedia

Menurut wikipedia pengertian akuntabilitas merupakan konsep etis atau akuntabilitas pemerintah yang diberdayakan untuk mengatur peraturan administrasi publik seperti legislatif, eksekutif dan yudikatif.

Ledvina V.Carino

Pengertian akuntabilitas menurut Ledvina V. Carino merupakan pengembangan lebih lanjut dari aktivitas seseorang yang masih berada di jalur otoritasnya atau sudah berada di luar tanggung jawabnya.

Mardiasmo

Menurut Mardiasmo pengertian akuntabilitas merupakan kewajiban untuk melaporkan melalui media akuntabilitas reguler dan bertanggung jawab atas keberhasilan atau kegagalan misi organisasi untuk mencapai hasil yang telah ditentukan.

Sedarmayanti

Pengertian akuntabilitas menurut sedarmayanti merupakan perwujudan dari kewajiban untuk mempertimbangkan kegagalan atau keberhasilan misi organisasi dalam mencapai sasaran dan tujuan yang ditetapkan oleh media akuntabilitas yang dilakukan secara teratur.

Syahrudin Rasul

Menurut syahrudin rasul pengertian akuntabilitas merupakan kemampuan untuk menanggapi otoritas yang lebih tinggi pada kelakuan sekelompok orang terhadap komunitas yang lebih luas pada suatu organisasi.

Jenis-jenis Akuntabilitas

Setelah Anda memahami pengertian akuntabilitas, Anda juga harus mengetahui jenis-jenis akuntabilitas. Jenis akuntabilitas tentu berbeda tergantung konteksnya.

Jenis akuntabilitas publik adalah sebagai berikut:

Akuntabilitas Vertikal

Akuntabilitas vertikal merupakan tanggung jawab mengelola dana untuk lembaga yang lebih tinggi. Misalnya, pengalihan tanggung jawab dari tanggung jawab pemerintah pusat ke DPR, Kantor daerah ke kementrian pusat dan sebagainya.

Akuntabilitas Horisontal

Pentingnya akuntabilitas horisontal merupakan tanggung jawab pemerintah terhadap masyarakat luas. Akuntabilitas ini bersifat umum dan memiliki dampak yang lebih besar.

Sementara itu, Badan Administrasi Negara (LAN) menyatakan bahwa akuntabilitas dibagi menjadi tiga jenis:

Akuntabilitas keuangan atau tanggung jawab yang terkait dengan masalah inspeksi, keuangan dan seberapa jauh suatu pihak dapat mematuhi aturan yang disepakati
Akuntabilitas manfaat atau pertanggungjawaban timbul dari hasil kegiatan pemerintah
Akuntabilitas prosedural adalah tanggung jawab apakah suatu kebijakan diterapkan yang mempertimbangkan aspek politik, moral, etika dan hukum tertentu.

Dimensi Akuntabilitas

Dimensi akuntabilitas dibagi menjadi lima bagian, yaitu :

Akuntabilitas Kejujuran dan Hukum

Akuntabilitas hukum adalah kepatuhan terhadap peraturan dan hukum lain yang ditentukan dalam suatu organisasi. Akuntabilitas Kejujuran adalah penghindaran penyalahgunaan kolusi, korupsi dan jabatan.

Akuntabilitas hukum akan menjamin supremasi hukum, sementara akuntabilitas yang jujur ​​menjamin praktik organisasi lebih baik.

Akuntabilitas Manajerial

Tanggung jawab manajemen juga disebut sebagai akuntabilitas kinerja. Ini berarti akuntabilitas untuk administrasi organisasi yang efesien dan efektif.

Akuntabilitas Program

Tanggung jawab program merupakan bahwa program organisasi harus merupakan program yang berkualitas serta dapat mendukung strategi untuk mencapai tujuan visi dan misi organisasi.

Badan publik harus bertanggung jawab atas program yang sudah dibuat sebelum pelaksanaan program.

Akuntabilitas Kebijakan

Harus bisa mempertimbangkan pedoman yang telah ditetapkan oleh istitusi publik dengan mempertimbangkan dampak di masa depan.

Akuntabilitas Financial

Tanggung jawab keuangan adalah tanggung jawab lembaga publik agar menggunakan dana publik secara efektif,ekonomis dan efisien dan atau kehilangan uang atau tidak ada pemborosan atau korupsi.

Aspek Akuntabilitas

Ada aspek-aspek didalam akuntabilitas yaitu :

  1. Akuntabilitas merupakan suatu hubungan
  2. Akuntabilitas yang berorientasi pada hasil
  3. Akuntabilitas membutuhkan pelaporan
  4. Akuntabilitas tidak ada gunanya tanpa konsekuensi
  5. Akuntabilitas meningkatkan performa

Tingkatan Akuntabilitas di Dalam Akuntansi

Didalam akuntanbilitas terdapat tingkatan jika ditinjau dari tanggung jawab pelaksanaannya yaitu :

  1. Akuntabilitas personal: Tanggung jawab terhadap diri sendiri.
  2. Akuntabilitas individu: tanggung jawab yang terkait erat dengan implementasi oleh seseorang dalam suatu organisasi.
  3. Akuntabilitas Tim: tanggung jawab dibagi dengan semua orang dalam tim atau kerja kelompok.
  4. Akuntabilitas Organisasi: Tanggung jawab eksternal dan internal dalam lembaga / perusahaan.
  5. Akuntabilitas Stakeholders: Tanggung jawab masing-masing pihak dikategorikan berdasarkan keputusan organisasi terkait dan Stakeholders.

Demikianlah pembahasan tentang Arti akuntabilitas semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya :