Dampak Globalisasi

Diposting pada

Dampak Globalisasi – Kecanggihan teknologi dan informasi bisa membuat perubahan yang amat besar untuk manusia. Dengan ini, manusia memasuki era globalisasi. Kata globalisasi itu sendiri sering terdengar oleh telinga. Namun, tidak semua orang memahami konsep globalisasi. Karena alasan ini, tinjauan umum tentang konsep globalisasi dan dampaknya akan dibahas di bawah ini.

Globalisasi sendiri merupakan kata dari bahasa inggris yaitu globalization. globalization diambil dari dua kata yaitu global yang artinya mendunia dan lization yang artinya proses. sedangkan penjelasan tentang globalisasi akan dibahas lengkap.

Pengertian Globalisasi Secara Umum

Dalam definisinya, globalisasi adalah keseluruhan atau seluruh dunia proses yang tidak terikat pada satu negara atau pada berbagai batas negara. Hal ini berarti bahwa setiap orang dapat terhubung dan bertukar informasi kapan saja, di mana saja, baik itu melalui media elektronik atau media cetak.

Sebagaimana disebutkan di atas, globalisasi bahasa memiliki makna di seluruh dunia. Globalisasi dapat membuat negara menjadi kecil karena komunikasi di berbagai bidang, seperti pertukaran informasi dan perdagangan lebih mudah untuk masing-masing negara.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Definisi globalisasi menurut para ahli beberapa diantaranya dijelaskan dibawah ini :

Anthony Giddens

Globalisasi adalah hubungan sosial global yang kemudian terhubung sehingga peristiwa dari lokasi yang berbeda dapat mempengaruhi lokasi lain.

The American Heritage Dictionary

Globalisasi adalah tindakan dari suatu proses atau kebijakan yang menjadikan sesuatu bersifat global, baik dalam cakupannya maupun dalam penerapannya.

Selo Soemardjan

Globalisasi adalah pembentukan sistem organisasi dan komunikasi antara orang-orang di seluruh dunia yang mengikuti sistem yang sama dan aturan yang sama.

Teori Globalisasi

Beberapa ahli menjelaskan teori mereka tentang munculnya globalisasi. Orang-orang terkenal yang mewakili teori globalisasi termasuk Cochrane dan Pain, yang mengatakan bahwa globalisasi dipengaruhi oleh tiga pemeran utama yaitu:

Globalis

Yaitu mereka yang percaya bahwa globalisasi adalah kenyataan yang memiliki konsekuensi nyata dari bagaimana orang dan lembaga di seluruh dunia bekerja.

Tradisionalis

Yaitu mereka yang tidak percaya bahwa globalisasi sedang terjadi dan menganggapnya sebagai mitos atau sesuatu yang dibesar-besarkan.

Transformalis

yaitu mereka yang berada di tengah globalis dan tradisionalis. Mereka percaya bahwa globalisasi sedang terjadi, tetapi menganggap pengaruh globalisasi terlalu dibesar-besarkan.

Seorang pakar bernama george ritzer juga mengemukakan teorinya tentang globalisasi. Menurut george ritzer, zaman globalisasi ditandai dengan inovasi di bidang komunikasi. Salah satu contoh adalah penemuan televisi dan telepon yang menarik perhatian masyarakat dunia terhadap hal ini.

Karakteristik Globalisasi

Globalisasi memiliki beberapa karakteristik, termasuk:

Perubahan konsep jarak Ruang dan waktu

Dengan dukungan teknologi dalam bentuk televisi, telepon pintar dan internet, komunikasi dapat berlangsung cepat. Informasi dari satu bagian dunia dapat langsung diketahui seseorang di dunia lain.

Kemajuan dalam transportasi juga membuat jarak ratusan atau ribuan kilometer dapat ditempuh dalam beberapa jam atau hari.

Saling Ketergantungan dalam Bisnis dan Perdagangan

Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan perdagangan internasional dan dominasi organisasi seperti organisasi perdagangan dunia atau WTO yang merupakan rumah bagi perdagangan dunia.

Peningkatan Interaksi Budaya

Melalui televisi dan media lain, orang dapat memperoleh pengetahuan baru dan mengenal keanekaragaman yang berada di dunia luar

Meningkatnya Masalah Bersama

Di era globalisasi, masalah yang terjadi di suatu negara dapat menjadi masalah yang menjadi kepentingan bersama atau bagi dunia internasional, seperti hak asasi manusia, lingkungan, dan kejahatan perang yang terjadi di suatu negara.

Faktor Penyebab Globalisasi

Proses globalisasi didasarkan pada beberapa faktor. Mengacu pada pengertian globalisasi di atas, beberapa faktor yang menyebabkan globalisasi adalah sebagai berikut:

Perkembangan Teknologi Transportasi dan Informasi

Teknologi informasi dan transportasi memainkan peran penting dalam proses globalisasi dunia. Teknologi yang lebih maju dapat melancarkan perdagangan antar negara. Salah satu contohnya adalah bisnis e-commerce di mana kita bisa berdagang tanpa harus sampai ke lokasi penjual.

Kerjasama Ekonomi Internasional

Kerjasama ekonomi antar negara di dunia juga berkontribusi terhadap globalisasi. Kemudahan menyimpulkan perjanjian perdagangan internasional berarti proses globalisasi terjadi secara berkelanjutan.

Kemudahan Dalam Pengiriman Barang dan Jasa

Komunitas antar negara dapat mengirim barang dan jasa di antara mereka sendiri. Pengiriman yang mudah barang ini berarti banyak produk asing masuk ke negara ini dan diadaptasi oleh publik.

Misalnya, produk dari korea yang sangat populer di masyarakat indonesia. Ketika orang Indonesia menggunakan produk dari negara lain, ada proses asimilasi atau penggabungan budaya antar negara.

Konflik Antar Negara Semakin Berkurang

Meningkatnya kesadaran masyarakat dunia tentang pentingnya hubungan internasional telah menyebabkan berkurangnya konflik antar negara. Jika ada hubungan internasional antar negara, globalisasi akan terjadi.

Sumber Daya Alam Berkurang

Ada beberapa sumber daya alam yang pasti akan menurun setiap tahun. Misalnya logam mulia dan minyak bumi. Hal ini menyebabkan beberapa negara berinvestasi di negara lain untuk menggunakan sumber daya negara. contohnya tambang emas freport di papua yang ditambang oleh negara lain.

Dampak-Globalisasi
Dampak Globalisasi

Dampak Globalisasi

Globalisasi mempengaruhi berbagai bidang masyarakat. dampak globalisasi atau efek globalisasi bisa jadi positif dan negatif. Dampaknya yaitu :

Dampak Positif Globalisasi

  1. Mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan dengan mudah
  2. Kehidupan sosial ekonomi yang meningkat
  3. Kemajuan teknologi, transportasi, komunikasi, dan informasi yang memudahkan orang.

Dampak Negatif Globalisasi

  1. Budaya barat lebih mudah masuk dan mempengaruhi nilai-nilai budaya lokal.
  2. Memudarnya nilai-nilai budaya seperti gotong royong dan sebagainya.
  3. Kerusakan lingkungan dan meningkatnya polusi udara. Peningkatan penyelundupan barang ilegal dan terlarang.

Demikianlah pembahasan tentang dampak globalisasi semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya :