Dampak Perang Dunia 2

Diposting pada

Dampak Perang Dunia 2 – Perang Dunia ke dua adalah perang hebat yang pernah terjadi sejauh ini. Perang dunia kedua berlangsung dari tahun 1939 dan perang ini dimulai dengan serangan jerman ke polandia dan berakhir atau ditutup dengan jepang menyerah kepada sekutu pada 15 Agustus 1945.

Begitu banyak negara yang terlibat dalam perang ini selama perang dunia II sehingga perang ini memiliki dampak luar biasa pada kehidupan manusia. Karena perang ini adalah perang terbesar yang pernah dilakukan umat manusia.

Dampak-Perang-Dunia-2

Berbagai cara telah digunakan tetapi perang ini tidak dapat dihindari. Perang merusak tidak hanya semua pihak tetapi juga kekuatan yang terlibat dalam perang yang merugikan orang yang tidak bersalah. Perang terbesar di dunia telah terjadi hingga dua kali dan dampak yang ditimbulkannya akibat perang di seluruh dunia sangat besar.

Pihak Yang Bertikai dalam Perang Dunia

Negara-negara yang terlibat dalam perang punia adalah italia, jerman, jepang, austria dari pihak poros serta rusia dari blok sekutu.

Awalnya, Rusia tidak terlibat dalam perang dunia II karena perjanjian dengan jerman mengharuskannya untuk tidak saling menyerang pada 23 agustus 1941, tetapi Jerman melanggar perjanjiannya sendiri pada 22 Juni 1941 dengan menyerang rusia. Ini penting untuk jalannya perang.

Demikian juga untuk amerika serikat yang awalnya netral dalam perang duniakedua, tetapi karena amerika serikat adalah gudang untuk kebutuhan perangsekutu yang diserang oleh jepang pada 7 Desember 1941 (Arsenal of Democracy), amerika serikat menyatakan perang kepada jepang pada 8 agustus 1941, diikuti dengan deklarasi perang jerman dan itali pada amerika serikat pada 11 Desember 1941. Perang dunia kedua menyebar tidak hanya di Eropa tetapi di seluruh dunia.

Jaringan Perang Dunia 2 dibagi menjadi tiga bidang, bidang afrika, bidang eropa serta bidang Asia-Pasifik. Adapun pihak-pihak yang bertempur di banyak medan perang dalam perang dunia II yaitu sebagai berikut :

Medan Eropa

Pada 1 September 1939, jerman menyerang polandia. Perancis dan inggris mendeklarasikan perang terhadap jerman. hal ini adalah awal dari pecahnya perang dunia kedua.

Pada 9 April 1940, Jerman melancarkan serangan ke utara yaitu ke norwegia dan denmark. Kedua negara dapat ditaklukan oleh jerman. Pada Mei 1940, Belanda dapat ditaklukan oleh jerman, sehingga ratu wilhelmina melarikan diri ke Inggris. Pada 10 Juni 1940, Italia menyatakan perang terhadap inggris dan perancis dan terus menyerang prancis. Pada bulan Juni 1940 pasukan jerman pindah ke prancis dan dapat menaklukan perancis. Pasukan perancis yang dipimpin oleh charles de gaulle melarikan diri ke inggris.

Kekuatan kedua negara fasis italia dan jerman lebih solid. Angkatan udara jerman menginvasi inggris, tetapi upaya mereka gagal dan kemudian beralih ke pemboman serta serangan angkatan laut di Angkatan Laut inggris.

Pada tanggal 27 September 1940, Jerman, jepang dan italia bersatu untuk membentuk perjanjian tiga negara. Pada 22 Juni 1941 jerman menginvasi rusia dengan bantuan rumania dan finlandia. Sementara hitler telah membuat perjanjian dengan uni soviet dalam 18 bulan terakhir mereka tidak akan saling menyerang.

Medan Afrika

Pasukan jerman menyerbu balkan di kreta. Bulgaria dan Rumania memihak jerman. Kemudian inggris dapat menangkis pasukan italia di afrika utara. Serangan sekutu di blok sentral pada 23 Oktober 1942 di afrika utara difokuskan di mesir yaitu alamien. Pasukan jerman di bawah jenderal erwin rommel menyerbu afrika dan mengalahkan Inggris dari alexandria. Serangan jerman ke afrika utara mampu ditahan pada 12 November 1942 oleh Inggris di bawah kepemimpinan montgomery serta amerika serikat di bawah eisenhower.

Kedatangan pasukan AS membuat pertahanan jerman menjadi semakin rapuh. Sejak 19 November 1942 jerman kalah dari rusia dalam pertempuran stalingrad. Kemudian rusia menginvasi balkan dan polandia. Bulgaria dan rumania menyerah. Hongaria juga menyerah pada 13 Februari 1945.

Pasukan rusia di bawah zhukov mampu menyerang berlin. Berlin diduduki oleh Sekutu dari segala arah. Pertempuran sengit terjadi di kota berlin dan akhirnya berlin ditaklukkan oleh sekutu. Hitler bunuh diri pada 30 April 1945. Pada 7 Mei 1945 jerman menyerah tanpa syarat kepada sekutu di reims, prancis.

Medan Asia Pasifik

Perang di kawasan asia-pasifik dimulai dengan invasi jepang ke pangkalan angkatan laut AS di pearl harbor, hawaii pada 7 Desember 1941. Perang dunia kedua di kawasan asia-pasifik sering disebut sebagai great east perang asia karena jepang selalu mempropagandakan bahwa perang yang dilakukan bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan bersama di kawasan asia timur raya.

Dalam serangan jepang pada 7 Desember 1941, sekitar 2.330 tentara AS serta 100 warga sipil tewas di samping penghancuran peralatan militer AS. jepang menyatakan perang terhadap amerika serikat serta sekutunya. Invasi jepang berlanjut di negara-negara di asia tenggara, menduduki burma (Myanmar), thailand, malaysia serta hindia belanda (nama indonesia pada saat itu).

Untuk melawan serangan jepang, Sekutu mengembangkan taktik serangan dari satu pulau ke pulau lain atau sistem melompat katak. Strategi ini dipimpin oleh jenderal dauglas mac arthur serta laksamana chester nimitz. Pasukan jepang di laut koral dan setengahnya (7 Mei 1942) dihancurkan oleh Sekutu. Hal ini adalah titik balik pertama.

Dalam pertempuran berikutnya, amerika serikat menaklukkan iwo jima (17 Maret 1945), filipina (22 Oktober 1944) dan okinawa (21 Juni 1945). Kemudian inggris menginvasi burma (myanmar) di bawah lord louis mauntbatten serta menghancurkan tentara jepang (30 April 1945). Angkatan udara AS menyerang kota-kota jepang dari okinawa dan saipan tetapi jepang belum menyerah. Akhirnya pada 6 Agustus 1945 hiroshima dijatuhkan oleh bom atom serta dilanjutkan di nagasaki pada 9 Agustus 1945.

Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu pada 14 Agustus 1945 (secara resmi pada 2 September 1945 di atas kapal missouri di teluk tokyo). Perang dunia kedua berakhir karena jepang dan negara-negara pendukungnya menyerah.

Setelah berakhirnya perang dunia 2, perjanjian damai dibuat antara pemenang dan yang kalah. Perjanjian tersebut termasuk konferensi postdam (2 Agustus 1945) serta perjanjian san francisco (8 September 1951).

Dampak Perang Dunia Kedua

Perang Dunia Kedua terjadi serta berlangsung dari tahun 1939 hingga 1945. dampak perang memengaruhi dalam bidang kerohanian, sosial, ekonomi dan politik negara-negara di dunia. Dampak dari perang dunia kedua dibagi menjadi empat bidang: ekonomi, kerohanian, sosial dan politik.

Bidang Kerohanian

Sebenarnya, semua orang di dunia ini menginginkan perdamaian. Upaya mencapai perdamaian sendiri merupakan membangun institusi perdamaian. Untuk mengakhiri penderitaan yang tidak berakhir, oleh karena itu penduduk dunia menginginkan sebuah lembaga yang dapat menjaga perdamaian dunia setelah pembubaran liga bangsa-bangsa. Perdamaian dunia kemungkinan akan dirujuk setelah pembentukan Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa atau united national organization.

Bidang Politik

  1. Rusia dan amerika serikat adalah pemenang perang dunia II serta terus menjadi negara adikuasa atau negara raksasa.
  2. Datangnya kebijakan aliansi yang didirikan karena alasan keamanan bersama merupakan contoh dari bentuk aliansi ini METO, NATO dan SEATO.
  3. Semangat nasionalisme yang berkobar di negara-negara asia menyebabkan berbagai negara merdeka seperti Indonesia (17 agustus 1945), burma (4 januari 1948), filipina (4 juli 1946) dan india yang sepenuhnya merdeka (26 januari 1950) serta ceylon dominion (4 februari 1948), dominion india dan pakistan (15 Agustus 1947).
  4. Perjuangan untuk perang dingin dan pengaruh antara amerika serikat dan rusia (Uni Soviet).
  5. Munculnya kebijakan yang membagi negara yaitu:
  6. India dibagi menjadi dua bagian: pakistan dan india.
  7. Indo-cina dalam 3 bagian indo-cina laos serta kamboja.
  8. Korea dibagi menjadi dua bagian: korea selatan dan korea utara.
  9. Jerman dibagi menjadi dua bagian: jerman timur dan jerman barat.

Bidang Sosial

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendirikan badan rehabilitasi relif PBB (UNRRA), yang dikatakan dapat membantu korban perang. Tugas UNRRA adalah sebagai berikut:

  1. Merawat pengungsi dan keluarga mereka.
  2. Memberi pangan serta sandang kepada orang-orang yang terdampar
  3. Memperbaiki tanah yang rusak
  4. Membangun rumah Sakit

Bidang Ekonomi

Perang Dunia II juga mengurangi / menghancurkan ekonomi global dengan pengecualian amerika serikat. Karena pada saat itu amerika serikat menjadi pusat kekayaan dan orang percaya di dunia. Bentuk pengaruh lain untuk negara lain adalah implementasi program. Program yang dilaksanakan oleh amerika serikat adalah Colombo plan, truman doctrine (1947), marshall plan (1947) dan point four truman.

Demikianlah pembahasan tentang perang dunia 2 semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Artikel Terkait Lainnya :