Konjungsi Sebab Akibat

Diposting pada

Konjungsi Sebab Akibat – Konjungsi atau dalam bahasa lain merupakan konjungsi adalah kata yang digunakan untuk menghubungkan kalimat-kalimat, kata-kata serta ungkapan-ungkapan dan bukan untuk tujuan lain.

Konjungsi tidak merujuk pada objek, konjungsi tidak menjelaskan kata-kata, konjungsi hanya menghubungkan kata-kata atau kalimat- kalimat dan sebagainya. Kata yang sama dapat menjadi preposisi di satu bagian, kata keterangan di bagian lain.

Pengertian Konjungsi Sebab Akibat

Konjungsi-Sebab-Akibat

Konjungsi merupakan kata tugas yang memiliki fungsi menghubungkan paragraf, persimpangan serta klausa. Dapat disimpulkan bahwa konjungsi merupakan konjungsi antara satu kalimat dan lainnya.

Konjungsi biasanya ditempatkan di tengah kalimat, sedangkan konjungsi antara kalimat ditempatkan di akhir atau di awal kalimat setelah tanda seru dan tanda tanya. Pada saat yang sama, tautan antar paragraf ada di awal paragraf.

Kombinasi sebab serta akibat ini menjelaskan apakah peristiwa itu terjadi karena suatu alasan. Kata penghubung yang terkait dengan kontinuitas atau disebut juga kontinuitas adalah kalimat yang menggambarkan peristiwa yang terjadi karena alasan lain.

Konjungsi Sebab (kausal)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika konjungsi kausal atau sebab adalah konjungsi yang menjelaskan apakah suatu peristiwa atau kejadian terjadi karena sebab tertentu, Contoh kata yang digunakan untuk menyatakan hubungan adalah sebab itu, karena itu dan sebab karena.

Berikut adalah contoh konjungsi sebab

  1. Doni terlihat sedih sebab habis dimarahi ayahnya.
  2. Wajah susi terlihat senang sebab ayah sudah pulang dari lampung.
  3. Akbar sakit tadi pagi sebab kemarin kehujanan saat pulang sekolah.

Konjungsi Akibat (konsekutif)

Konjungsi akibat merupakan konjungsi yang menggambarkan suatu peristiwa atau kejadian yang telah terjadi serta disebabkan oleh sesuatu yang lain. Kata yang sering digunakan untuk kalimat konjungsi ini adalah akibatnya, sehingga, serta sampai.

Berikut adalah contoh konjungsi Akibat :

  1. Keluarga kami akan mudik lebaran ke kampung sehingga rumah ini akan kosong.
  2. Budi malas belajar sehingga nilainya menjadi jelek
  3. Anwar terjatuh saat naik sepeda motor sehingga kakinya menjadi bengkak.

Konjungsi Pertentangan

Konjungsi pertentangan merupakan suatu bentuk konjungsi koordinasi, yang tugasnya adalah untuk menghubungkan dua kalimat yang identik, tetapi untuk membedakan dua bagian sedemikian rupa sehingga bagian kedua umumnya menempati posisi yang lebih penting dalam kalimat daripada bagian pertama. Contoh konjungsi yang saling bertentangan sering menggunakan kata namun, sedangkan, tetapi, sebaliknya dan akan tetapi.

Berikut adalah contoh konjungsi pertentangan :

  1. akbar tetap memberikan kelinci kepada bayu meskipun tahu bayu tidak menyukai kelinci.
  2. Jaket ini masih terlihat bagus dan keren meskipun sudah lama dalam pembuatannya.
  3. Andi lebih suka bermain diluar rumah meskipun didalam rumah fasilitasnya lengkap.

Demikianlah pembahasan tentang konjungsi sebab akibat semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya :