Pengertian Alur

Diposting pada

Pengertian Alur – Selama ini, definisi plot sering disalah pahami sebagai jalan cerita atau alur. Mungkin karena keduanya terdiri dari unsur peristiwa. Sepertinya tidak benar untuk mendefinisikan plot sebagai alur. Dalam suatu alur tidak harus ada suatu plot, sebaliknya, suatu plot pasti akan membentuk suatu alur.

Pada kesempatan ini kita akan memulai diskusi tentang alur. Tentu saja kita kenal dengan mendengar kata alur. Karena alur merupakan salah satu hal yang kita pelajari dalam mata pelajaran bahasa indonesia. Tetapi masih ada beberapa yang tidak mengerti apa itu alur. Oleh karena itu, kami akan membahasnya secara rinci sehingga pembaca akan mendapatkan informasi dan pengetahuan setelah membaca artikel ini.

Pengertian Alur

Pengertian-Alur

Alur merupakan struktur dari serangkaian peristiwa dalam urutan kronologis. Atau definisi alur adalah serangkaian cerita dari awal hingga akhir. Alur mengatur bagaimana tindakan yang terkandung dalam cerita harus berhubungan satu sama lain misalnya bagaimana suatu peristiwa berhubungan dengan peristiwa lain, bagaimana karakter digambarkan serta memainkan peran dalam cerita yang semuanya terkait dengan satuan waktu.

Pengertian Alur Menurut Para Ahli

Menurut Rusyana

Dikatakan bahwa alur bukan hanya serangkaian cerita dari A sampai Z, tetapi hubungan kausal antara satu peristiwa dengan peristiwa lain dalam cerita itu.”

Menurut Aminudin

alur merupakan serangkaian cerita yang dibentuk oleh fase-fase peristiwa sehingga satu cerita dapat dibentuk menjadi berbagai peristiwa. Alur merupakan struktur dari serangkaian peristiwa dalam sebuah cerita yang disusun sebagai keterkaitan fungsional dan pada saat yang sama menandai urutan bagian-bagian dari seluruh fiksi semi.

Menurut Foster

Mengungkan alur merupakan serangkaian peristiwa dalam cerita pendek dan novel fiksi, yang diatur dalam waktu dan berdasarkan hukum sebab akibat. Tindakan tersebut sesuai dengan kerangka cerita yang mewakili struktur susunan cerita.

Jenis-jenis Alur

Secara umum, alur dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis. Pembagian ini didasarkan pada urutan kronologis.

Alur Maju

Alur maji atau bisa juga disebut progresif adalah tindakan yang memuncak pada akhir cerita. Serangkaian peristiwa dalam alur maju dimulai secara teratur dari awal hingga akhir cerita.

Contoh:

Misalnya cerpen yang menceritakan masa kecil seorang anak yang berkembang dan berakhir ketika tua.

Alur Mundur

Alur mundur atau regresi adalah tindakan yang menceritakan masa lalu, yang akan menjadi puncak dari awal cerita. Serangkaian peristiwa, bahkan dalam refluks dimulai dari masa lalu ke masa kini dengan waktu yang tidak tepat.

contohnya :

Cerita tentang mantan seorang tentara yang menceritakan kisahnya dimasa muda.

Alur Campuran

Alur campuran atau alur bolak-balik adalah sungai yang dimulai dengan titik tinggi, kemudian menceritakan masa lalu dan berlanjut sampai selesai. Pada saat menceritakan masa lalu, karakter diperkenalkan dalam cerita, jadi jika cerita belum berakhir, Anda kembali ke awal cerita untuk memperkenalkan karakter lain.

Contohnya :

Sebuah cerita yang diawali di tengah-tengah cerita, kemudian maju dan mundur.

Unsur-unsur Alur

unsur-unsur alur secara umum dijelaskan dibawah ini

Pengenalan Cerita

Pengantar cerita Pada bagian ini, penulis memperkenalkan karakter utama, urutan cerita dan hubungan antara karakter yang terkandung dalam sebuah cerita.

Awal Konflik


Awal konflik, pembuat cerita atau penulis di bagian ini akan membahas bagian-bagian cerita yang dapat menyebabkan masalah.

Menuju Konflik


Menuju konflik, Penulis cerita akan mengangkat masalah yang dialami karakter tersebut.

Konflik memuncak atau klimaks

Konflik klimak atau memuncak. Bagian ini adalah tentang klimaks dari masalah yang dihadapi karakter. Pada bagian ini, karakter dalam cerita juga dihadapkan dengan takdir akhir yang dialami. Kegagalan atau keberhasilanbiasanya merupakan penentuan nasib karakter dalam cerita.

Ending atau Penyelesaian

Ending atau Penyelesaian. Akhir cerita pada bagian ini menjelaskan bagaimana nasib para tokoh dalam cerita, apakah akhirnya bahagia, buruk atau menggantung.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian alur semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya :