Pengertian E-Money

Diposting pada

Pengertian E-Money – E-money dapat digunakan dengan nyaman dan aman serta bahkan kriptografi mengungkapkan bahwa sangat sulit untuk membajak atau meretas E-Money. Oleh karena itu Anda tidak perlu khawatir menggunakan uang ini.

E-money mudah digunakan karena dapat digunakan untuk berbagai frekuensi tinggi, transaksi bernilai rendah, misalnya untuk makanan cepat saji, membayar tiket transportasi, parkir, membayar tol, dll. Dalam pembahasan ini akan kami sepenuhnya dan jelas menjelaskan pemahaman tentang uang elektronik.

Pengertian E-Money

Pengertian-E-Money

E-money merupakan alat pembayaran yang menggunakan media jaringan internet serta komputer sebagai media elektronik. Nilai uang pelanggan disimpan di media elektronik tertentu.

Pembayaran Elektronik sering disebut sebagai Digital Money, Electronic Cash, Elecronic Currency, Digital Currency atau Digital Cash. E-money sangat aman digunakan.

Bahkan kriptografi mengklaim bahwa membajak atau juga meretas E-Money sangat sulit. Oleh karena itu anda tidak perlu khawatir menggunakannya.

Manfaat E-Money

Menggunakan e-money dapat membuat berbagai transaksi lebih mudah dan lebih praktis. Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan uang elektronik:

  1. Memberikan kemudahan, praktis dan kecepatan dalam melakukan pembayaran. Hal itu tidak menyulitkan kita untuk menyiapkan uang tunai untuk pembayaran
  2. Tidak diperlukan kembalian barang seperti permen, karena pedagang dengan E-Money hanya harus melakukan kliring langsung melalui jaringan komputer.
  3. Mudah digunakan karena dapat digunakan untuk berbagai transaksi massa yang bernilai kecil serta frekuensi tinggi misalnya seperti: membayar tiket transportasi, membayar tol, makanan cepat saji, parkir dan lain-lain.

Jenis-jenis E-Money

Ada jenis-jenis E-Money yaitu :

Prepaid Software

Prepaid software atau uang pembayaran digital merupakan e-money yang nilainya disimpan di tempat hard drive ke PC. Kemudian jaringan internet dan komputer diperlukan guna memindahkan uang.

Prepaid Card

Prepaid Card yang biasa disebut dengan pembelian elektronik merupakan kartu e-money yang nilainya disimpan ke dalam chip yang kemudian ditanamkan dalam kartu. Contoh kartu prabayar adalah Brizzi, Mandiri E-Money, BNI Prepaid, serta FlAZZ BCA.

FLAZZ BCA adalah contoh kartu prabayar yang pertama menggunakan sistem e-money. BCA merupakan bank yang pertama menggunakan kecanggihan teknologi e-money dengan menerbitkan prepaid card berteknologi tinggi.

Anda dapat menggunakan kartu ini untuk beberapa dealer yang telah bekerja sama dengan bank BCA. Sementara mandiri E-Money merupakan kartu prabayar yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri, Brizzi diterbitkan oleh bank BRI dan BNI prepaid diterbitkan oleh bank BNI. Selain beberapa bank yang disebutkan di atas, ada juga non-bank yang terlibat dalam mengeluarkan kartu prabayar seperti telkomsel.

Menggunakan E-Money tidak memerlukan proses otorisasi seperti menggunakan tanda tangan atau pin, karena E-Money tidak secara langsung terkait dengan rekening pelanggan dengan bank. Dengan menggunakan uang elektronik, tidak ada pembayaran dilakukan ke rekening bank seperti kartu kredit atau debit. Seperti halnya kartu prabayar lainnya, Anda dapat mengisi ulang kartu Anda di sini.

Kriteria E-Money

E-money merupakan alat pembayaran dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Dikeluarkan berdasarkan nilai moneter yang dibayarkan di muka kepada penerbit oleh pemegangnya.
  2. Nilai uang yang disimpan pada e-money dilakukan secara elektronik dalam media seperti server atau chip.
  3. Digunakan sebagai alat pembayaran untuk pedagang yang bukan penerbit uang elektronik.
  4. Nilai uang elektronik yang disetor oleh pemegang dan dikelola oleh penerbit bukanlah setoran sesuai dengan ketentuan perundang-undangan perbankan.

Keuntungan dan Kekurangan E-money

keuntungan menggunakan uang elektronik atau E-Money meliputi:

  1. Kita tidak perlu membawa uang tunai saat berbelanja atau membayar parkir dan dapat menggunakannya di tempat yang telah dilengkapi dengan alat khusus untuk uang elektronik.
  2. Transaksi sangat akurat karena diproses oleh komputer dan mesin
  3. Anda tidak harus menunggu perubahan karena nilai nominal berkurang sebanyak jumlah yang dihabiskan
  4. Adanya database yang dapat merekam semua transaksi yang dilakukan berarti Anda tidak perlu mengingat apa pun uang Anda digunakan
  5. Transaksi lebih cepat

Kekurangan Uang elektronik

Kekurangan dari uang elektronik atau e-money adalah:

  1. Sangat berisiko diretas atau dibajak karena menggunakan sistem internet dan komputer.
  2. Ada risiko kehilangan data karena kesalahan perangkat lunak
  3. Tidak semua lokasi memiliki alat untuk menggunakan uang digital, dan tidak semua lokasi memiliki uang elektronik di pedagangnya
  4. Uang yang disimpan dalam e-money akan hilang jika Anda kehilangan kartu atau alat yang menyimpan uang itu.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian E-Money semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya :