Pengertian Hedonisme

Diposting pada

Pengertian Hedonisme – Saat ini orang tidak membeli barang karena mereka memenuhi kebutuhan sehari-hari atau karena mereka memiliki nilai. Namun untuk nilai sosial itu diperlukan sebagai simbol suatu objek agar bisa mendapatkan reputasi di antara komunitas lain. Kebutuhan untuk mengenali status ini disebut gaya hidup hedonisme. Selanjutnya, artikel ini membahas pengertian, contoh, dampak dan ciri hedonisme.

Istilah hedonisme berasal dari bahasa yunani, yang berarti hedone yang berarti kesenangan. Hedonisme merupakan pandangan hidup yang menyatakan bahwa kebahagiaan hanya dapat dicapai jika Anda mencari sebanyak mungkin kesenangan pribadi dan menghindari perasaan menyakitkan.

Pengertian Hedonisme

Pengertian-Hedonism

Hedonisme merupakan ideologi atau pandangan hidup yang mengasumsikan bahwa sukacita dan kebahagiaan merupakan tujuan hidup manusia untuk menjalani kehidupan mereka. Hedonisme sendiri berasal dari hedone bahasa yunani kuno yang berarti kesenangan.

Orang yang berkomitmen untuk hedonisme cenderung tidak ingin merasakan pahitnya kehidupan. Mereka selalu berusaha menemukan kebahagiaan dan kegembiraan dalam beberapa cara dengan mengesampingkan orang lain di sekitar mereka.

Kebanyakan orang percaya bahwa hedonisme ini didasarkan pada kesenangan belaka. Pemahaman ini terkait erat dengan kekayaan, kepuasan dengan s3ksualitas, posisi, kebebasan dan hal-hal yang dapat membuat orang melupakan orang lain di sekitarnya.

Pengertian Hedonisme Menurut Para Ahli

Collins Gem

Menurut collins gem definisi hedonisme merupakan doktrin bahwa kesenangan adalah hal terpenting dalam hidup. Dengan kata lain, hedonisme merupakan pemahaman yang dimiliki bersama oleh mereka yang hanya mencari kesenangan hidup.

Burhanuddin

Menurut Burhanuddin definisi hedonisme dianggap baik sesuai dengan sukacita yang dibawanya. Dengan kata lain, sesuatu yang hanya membawa kesusahan, ketidaknyamanan serta penderitaaan tidak dianggap baik.

Sarwono

Menurut Sarwono definisi hedonisme merupakan konsep diri di mana gaya hidup sendiri dijalani sesuai dengan citra di kepalanya. Sebagai contoh, seorang atlet biasanya gaya hidup sehat merupakan cara hidup dan menjadi kesenangannya sendiri.

Faktor Penyebab Masyarakat Menjadi Hedone

Apa yang sebenarnya membuat orang berpikir tentang hedonisme? Selain pertanyaan tentang makna hidup, ada dua faktor yang membuat orang menjadi hedone.

Faktor Internal

Sifat manusia merupakan faktor dalam untuk munculnya hedonisme di dalamnya. Karena pada dasarnya orang memiliki perasaan yang tidak pernah puas dengan apa pun.

Faktor Eksternal

Faktor-faktor internal ini kemudian semakin dipicu oleh kehidupan di luar lingkungan. Apalagi dengan globalisasi yang semakin cepat yang menyebabkan orang menyesuaikan beberapa kebiasaan dari luar lingkungan mereka yang dianggap menyenangkan.

Ciri-ciri Hedonisme

Sebagai pemahaman tentang fenomena sosial, hedonisme memiliki beberapa karakteristik. Karakteristik praktik hedonisme adalah sebagai berikut:

Konsumtif

Seseorang yang menggunakan ideologi hedonisme tentu cenderung menjadi gaya hidup yang memakan kesenangan atau memenuhi keinginan virtual saja bukanlah kebutuhan nyata. Dengan kata lain: memprioritaskan penampilan luar.

Materialis

Karena hedonis melihat uang sebagai sesuatu yang membuat hidup lebih mudah untuk memenuhi semua keinginan dan tidak pernah puas dengan apa yang mereka miliki, itu bahkan dapat mengarah pada contoh-contoh penyimpangan sosial yaitu kejahatan.

Individualistis dan Diskriminatif

Karena pengaruh hedonis, seseorang berperilaku secara individu dan merasa mampu melakukan semuanya sendiri. Dalam hal ini, mendiskriminasi, melihat atau membedakan individu berdasarkan kekayaan mereka dan menganggap diri mereka lebih kaya daripada yang lain.

Pemalas

Hedonis mengungkapkan sikap malas di antara pengikut karena mereka selalu membuang waktu melakukan apa yang mereka inginkan, tetapi sesuatu yang tidak berguna, dan karena itu selalu menghindari hal-hal lain karena seribu alasan.

Dampak Hedonisme Pada Masyarakat

Perilaku hedonisme tidak hanya memiliki dampak negatif, tetapi juga mempunyai dampak positif. Namun, efek hedonisme umumnya banyak mengarah ke negatif.

Berikut adalah beberapa efek hedonisme terhadap masyarakat:

Individualisme

Mereka yang memiliki hedonisme cenderung individualistis atau menganggap diri mereka lebih penting daripada yang lain.

Konsumtif

Kebiasaan membeli barang yang tidak diperlukan adalah efek buruk dari hedonisme. hal ini hanya untuk kesenangan karena mereka suka berbelanja.

Egois

Masih terkait dengan individualis, mereka yang berperilaku hedonisme biasanya lebih egois tanpa peduli dengan orang lain.

Cenderung Pemalas

Beberapa orang yang menjadi korban hedonisme cenderung malas dan tidak menghargai waktu.

Kurang Bertanggung Jawab

Selain pemalas, pengikut hedonisme biasanya kurang bertanggung jawab terhadap diri mereka sendiri.

Boros

Untuk kesenangan, mereka yang memiliki gaya hidup hedonis biasanya sangat mewah. Anda akan menghabiskan banyak uang untuk hal-hal yang membuat Anda bahagia tanpa khawatir tentang manfaat dan manfaat dari barang yang Anda beli.

Korupsi

Salah satu dampak hedonisme yang sering terjadi pada seseorang merupakan kebiasaan korupsi. Bukan hanya korupsi uang tetapi juga hal-hal lain seperti korupsi pekerjaan, korupsi waktu dan sebagainya.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian hedonisme semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya :