Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli – Hubungan internasional merupakan hubungan antar negara atau interaksi manusia antar negara, secara kelompok atau individu baik secara langsung maupun tidak langsung dan yang dapat berbentuk persahabatan, permusuhan, perselisihan dan perang.

Pada kesempatan ini, kami akan mengulas hubungan internasional menurut para ahli secara lengkap dan didapatkan dari berbagai sumber berikut penjelasannya.

Pengertian-Hubungan-Internasional Menurut-Para-Ahli

Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

Drs. R. Soeprapto

Hubungan internasional sebagai spesialisasi yang mengintegrasikan cabang ilmu pengetahuan lain yang meneliti aspek internasional kehidupan sosial manusia.

Mochtar Mas’oed

Hubungan internasional merupakan hubungan yang sangat kompleks karena didalamnya terlibat atau terdapat negara berdaulat sehingga diperlukan mekanisme yang lebih rumit daripada hubungan kelompok.

Hilman Adil Cleland

Menurut Hilman hubungan internasional merupakan subjek dari akademi yang berfokus terutama pada hubungan politik antar negara.

Private

Definisi hubungan internasional menurut private merupakan studi tentang interaksi antara beberapa jenis unit kebijakan sosial tertentu termasuk studi tentang keadaan yang relevan dari interaksi.

Umar Suryadi Bakri

Menurut umar suryadi bakri hubungan internasional merupakan kumpulan cabang ilmu pengetahuan yang menangani masalah internasional.

Ishaq Rahman

Menurut ishaq rahman pengertian hubungan internasional merupakan ilmu yang identik dengan hubungan antar beberapa negara.

Anonymous

Hubungan internasional adalah studi tentang hubungan unit sebagai bentuk keterkaitan bagian-bagian yang biasanya berkaitan dengan sistem internal negara. Dalam hal ini, diakui bahwa ada aktor-aktor non-negara seperti MNC, PBB dan kelompok-kelompok teroris, tetapi mereka tidak sepenting negara atau state.

Freddy L. Tobing

Menurut freddy ia menjelaskan bahwa hubungan internasional adalah investigasi dari hubungan yang ada antara entitas politik yang berdaulat yang bersifat anarkis.

Schawarzeneger

Menurut schawarzeneger pengertian hubungan internasional merupakan bagian dari ilmu sosial khusus untuk mempelajari komunitas internasional.

Edward Hallet Card

Menurut edward haller card hubungan internasional merupakan serangkaian hubungan dialektis dan dinamis yang bertujuan membangun perdamaian dunia.

Spengler

Menurut Spengler pengertian hubungan internasional merupakan mengejar kebijakan untuk menaklukkan dunia dengan senj*ta dalam bentuk budaya baru dan vital.

Trygive Mathisen

Menurut trygive mathisen pengertian hubungan internasional merupakan spesialisasi yang mencakup aspek internasional dari berbagai bidang ilmiah dan mewakili sejarah baru politik internasional.

Robert Gilpin

Hubungan internasional merupakan semua ilmu yang mempelajari ilmu ekonomi politik internasional dan lebih berorientasi pada kebijakan keamanan militer yang seimbang.

Tradisionalis

Hubungan internasional mirip dengan strategi dan diplomasi serta kerja sama dan konflik atau sederhananya hubungan internasional merupakan studi tentang perdamaian dan perang.

Hilman Adil Cleland

Menurut hilman adil cleland pengertian hubungan internasional merupakan subjek dari akademi yang berfokus terutama pada hubungan politik antar negara.

Suwardi Wiraatmaja

Menurut suwardi wiraatmaja pengertian hubungan internasional merupakan ilmu sintesis yang menyatukan, memadukan dan menggabungkan berbagai disiplin ilmu yang berhubungan dengan masalah internasional.

George Kennan

Menurut george kennan hubungan internasional merupakan prinsip serta perilaku yang banyak dibahas dalam masyarakat sosial.

J.C. Johari

Hubungan internasional merupakan studi tentang interaksi yang sedang berlangsung antara negara berdaulat dan aktor non-negara yang perilakunya mempengaruhi kewajiban negara.

John Herz

Menurut John hubungan internasional harus mengidentifikasi hubungan internasional sebagai konsep yang membahas kebijakan luar negeri yang lebih mengutamakan keamanan dan merupakan pusat dari semua orang.

Raymond Aron

Menurut raymon aron pengertian hubungan internasional merupakan hubungan antara entitas politik, yang masing-masing mengklaim memiliki hak untuk menentukan keadilan dan untuk menyampaikan keputusan apakah akan berperang atau tidak.

Stephen Krasner

Hubungan internasional merupakan segala studi tentang hubungan internasional yang membahas ruang lingkup dan sifat bidang studi hubungan internasional dalam suatu masyarakat internal.

Couloumbis dan Wolfe

Hubungan internasional merupakan studi sistematis tentang fenomena yang dapat diamati dan mencari untuk menemukan variabel dasar untuk menjelaskan perilaku dan untuk mengungkapkan karakteristik atau jenis hubungan antara unit sosial.

Henry Kissinger

Menurut henry kissinger pengertian hubungan internasional merupakan membahas kepentingan nasional di negara internasional.

John Lewis Gaddis

Menurut john lewis gaddis pengertian hubungan internasional merupakan bidang penelitian yang berguna bagi negarawan dalam upaya membangun dunia yang lebih baik.

Mochtar Mas’oed

Hubungan internasional yaitu semua hubungan yang sangat kompleks karena ada atau ada negara berdaulat sehingga diperlukan mekanisme hubungan kelompok yang lebih rumit.

Tulus Warsito

Menurut tulus warsito hubungan internasional merupakan studi tentang interaksi kebijakan luar negeri dari beberapa negara.

Kenneth W. Thompson

Menurut kenneth w. thompson hubungan internasional merupakan studi tentang persaingan antar negara, bersama dengan syarat dan lembaga yang memecahkan atau mengintensifkan persaingan tersebut.

Jeremy Bentham

Menurut jeremy bentham pengertian hubungan internasional merupakan ilmu yang merupakan disiplin terpadu dan memiliki ruang lingkup dan konsep dasar.

J.H. Wolfe

Hubungan internasional yaitu berbagai studi tentang pola tindakan (aksi) dan reaksi milik negara berdaulat yang diwakili oleh elit yang mengaturnya.

Teuku May Rudi

Menurut teuku may rudi hubungan internasional mencakup berbagai jenis hubungan atau interaksi yang melintasi batas negara dan melibatkan aktor dari berbagai negara.

Robert Gilpin

Menurut robert gilpin pengertian hubungan internasional merupakan studi tentang ilmu ekonomi politik internasional yang mengarah pada kebijakan keamanan militer yang seimbang.

UU No. 37 tahun 1999

Merupakan semua kegiatan yang mencakup aspek internasional dan regional dan dilakukan oleh pemerintah di tingkat pusat dan internasional dan dilakukan oleh pemerintah daerah dan pusat, perusahaan, lembaga negara, organisasi non-pemerintah, LSM, organisasi masyarakat, lembaga politik atau warga negara.

Nicholas J. Spykman

Menurut nicholas j. spykman hubungan internasional merupakan hubungan antar individu yang berasal dari negara yang berbeda dan dapat menyebabkan perilaku internasional.

Hilman Adil Cleland

Menurut hilman adil cleland pengertian hubungan internasional merupakan tema akademi yang berfokus terutama pada hubungan politik antar negara.

Charles A. Mc Clelland

Menurut charles a. mc clelland hubungan internasional yaitu semua studi tentang keadaan yang relevan sehubungan dengan interaksi.

Steve Chan

Menurut steve chan hubungan internasional sebagai interaksi aktor-aktor yang tindakan atau kondisinya memiliki konsekuensi penting bagi di luar yurisdiksi efektif unit politik mereka.

Nudya Lissofa

Menurut nudya lissofa hubungan internasional merupakan hubungan yang melintasi batas negara dengan adanya hubungan internasional dan dapat menghilangkan hambatan yang ada yang menghalangi aktor hubungan internasional dalam membangun hubungan.

Warsito Sunaryo

Hubungan internasional yaitu semua studi tentang interaksi antara beberapa tipe unit sosial tertentu, termasuk studi tentang kondisi yang relevan yang mengelilingi interaksi.

Loosely

Hubungan internasional dapat mencakup berbagai kegiatan, komunikasi internasional, kompetisi olahraga, pariwisata, konferensi ilmiah, program pertukaran pendidikan serta misionaris agama.

Tini Rustini, S.Pd.

Menurut tini rustini, s.pd hubungan internasional merupakan hubungan antara negara-negara di berbagai bidang kehidupan untuk memenuhi kepentingan masing-masing.

G. Kausolas

Menurut G. Kausolas hubungan internasional merupakan semacam cabang hubungan sosial dan budaya yang saling mempengaruhi antara kebutuhan politik, pengembangan dan interaksi.

Quicy Wright

Hubungan internasional merupakan sebagai badan pengetahuan yang komprehensif, dapat dipahami, koheren dan mengoreksi diri yang membantu untuk memahami, memprediksi, mengevaluasi, dan mengendalikan hubungan antara negara dan kondisi dunia.

The Dictionary of World Politics

Menurut The Dictionary of World Politics hubungan internasional merupakan istilah yang digunakan untuk menangkap semua interaksi antara aktor pemerintah dengan melintasi batas negara.

Stanley Hofman

Menurut stanley hofman hubungan internasional merupakan berbagai mata pelajaran akademik yang berhubungan khususnya dengan hubungan politik antar negara.

Couloumbis

Menurut couloumbis hubungan internasional merupakan studi tentang pola tindakan dan reaksi antara negara berdaulat yang mana perilaku elit pemerintah merupakan indikator.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian hubungan internasional menurut para ahli semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya :