Pengertian Implikasi

Diposting pada

Pengertian Implikasi – Istilah implikasi sering digunakan tanpa benar-benar memikirkan apa yang mereka maksud dan definisikan. Penggunaan kata implikasi sebenarnya jarang digunakan dalam kalimat percakapan sehari-hari. Penggunaan kata implikasi sering digunakan dalam bahasa penelitian. Oleh karena itu, masih ada beberapa penelitian yang membahas arti kata implikasi. Namun, ketika Anda mendengar istilah implikasi, hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah efek atau sesuatu yang memiliki dampak langsung.

Arti kata implikasi itu sendiri memiliki cakupan yang sangat luas dan beragam, sehingga dapat digunakan dalam berbagai kalimat dalam berbagai bahasa. Kata implikasi dapat digunakan dalam berbagai keadaan atau situasi di mana seseorang harus atau harus berdebat. Hal ini adalah kasus dalam bahasa penelitian dan matematika.

Pengertian-Implikasi
Pengertian Implikasi

Definisi Implikasi

Implikasi adalah suatu bentuk akibat atau efek yang dapat digunakan sebagai objek yang diberikan untuk perawatan secara sengaja atau tidak sengaja.

Implikasi merupakan bahwa ada sejumlah tindakan atau bidang yang begitu luas dan beragam sehingga dapat mencakup kalimat dengan bidang dari berbagai bahasa.

Menurut Kamus Besar indonesia implikasi adalah partisipasi dan suasana, karena setiap kata memiliki koneksi yang berasal dari implikasi kata dengan partisipasi yang saling terkait dalam suatu objek.

Pengertian Implikasi Menurut Para Ahli

Implikasi Menurut Islamy

Implikasi sebagai rujukan terhadap sesuatu yang dapat dihasilkan melalui proses perumusan atau politik sehingga timbul konsekuensi dari apa yang dihasilkan dari kebijakan tertentu.

Implikasi Menurut Silalahi

Implikasinya adalah konsekuensi dari penerapan suatu program atau kebijakan yang bersifat tidak baik atau baik bagi mereka yang ditargetkan oleh program atau kebijakan tersebut.

Implikasi Menurut Winarno

Implikasinya dapat mempertimbangkan kebijakan yang konsisten dengan kebijakan tentang masalah-masalah pada mereka yang terlibat.

Jenis Implikasi

Apa yang disebutkan di atas bahwa implikasi kata ada hubungannya dengan kata sains dan membandingkan hasil yang sudah tersedia, maka ada jenis implikasi tersebut

Berikut adalah beberapa jenis implikasi diantaranya

Implikasi Manajerial

Implikasi manajerial merupakan untuk membahas kesimpulan dan penelitian akhir kata sehingga pedoman ditetapkan yang sesuai dengan metode proses untuk membuat keputusan yang komprehensif atau yang dapat partisipatif.

Implikasi Metodologis

Implikasi Metodologi merupakan diskusi tentang cara membuat teori yang digunakan dalam penelitian sehingga banyak metode yang digunakan dalam penelitiannya.

Oleh karena itu, implikasi metodologis lebih mencerminkan apa yang muncul dari penelitian itu sendiri karena para peneliti memiliki metode mereka sendiri untuk setiap bentuk resolusi.

Implikasi Teoritis

Implikasi teoritis adalah penelitian yang menggunakan gambar untuk memperkuat hasil penelitian.

Implikasi teoretis ini juga didasarkan pada hasil dari apa yang telah disajikan dengan membuatnya lebih mudah untuk menjelaskan dan menggambarkan sains yang lebih baik.

Konsekuensinya juga dapat dikaitkan dengan pedoman yang berhubungan dengan manajemen dan membawa manfaat. Konsekuensinya adalah:

  1. Implikasi prosedural adalah analisis perencanaan kerja dengan politik.
  2. Implikasi substantif merupakan suatu rumusan atau rencana.

Contoh Implikasi

Contoh implikasi dalam bidang penelitian adalah:

Seorang peneliti ingin menunjukkan bagaimana kucing bereaksi ketika bertemu dengan kucing lain yang sebelumnya telah diisolasi. Berdasarkan kasus ini, Anda dapat menerapkan jenis teoretis, implikasinya adalah reaksi awal kucing yang ditakuti yang menurut kelinci lain asing. Teori ini dapat berfungsi untuk menarik kesimpulan di akhir penelitian. Agar ini berhasil, harus ada hubungan antara teori dan penelitian yang akan dilakukan.

Implikasi manajemen dapat menggunakan kasus yang sama, sehingga peneliti perlu memperhatikan etika ketika mengisolasi kucung. Kucing harus bisa makan dan minum yang cukup dan ruangnya bisa disesuaikan dengan tubuh dan masuk ke udara. Peneliti juga harus dapat mencari keterikatan atau konsekuensi yang terjadi jika pedoman diikuti dan hasil penelitian mereka tidak diperhitungkan.

Implikasi metodologis muncul dari cara peneliti melakukan penelitiannya dan dapat menyimpulkan hasil dari penentuan. Semua ini bisa dilakukan sehingga kesimpulan yang bisa ditarik dari penelitian tersebut bukan hasil yang biasa. Peneliti dapat menemukan hubungan antara hasil penelitian dengan menyelesaikannya.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian implikasi semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Posting terkait: