Pengertian Tujuh Benua Dan Pembagiannya

Pengertian Tujuh Benua – Benua adalah salah satu dari beberapa wilayah geografis yang luas . Pada Benua umumnya diidentifikasi berdasarkan konvensi , bukan kriteria ketat apa pun.

Pengertian Tujuh Benua

Benua bisa berupa satu daratan atau bagian dari daratan yang sangat luas, seperti di Asia atau Eropa. 

Oleh karena itu, jumlah benua bervariasi; hingga tujuh atau sedikitnya empat wilayah geografis biasanya dianggap sebagai benua. Sebagian besar negara berbahasa Inggris mengakui tujuh wilayah sebagai benua. 

Diurutkan dari luas wilayah terluas hingga terkecil, ketujuh wilayah tersebut adalah Asia , Afrika , Amerika Utara , Amerika Selatan , Antartika , Eropa , dan Australia .

Variasi yang berbeda dengan benua yang lebih sedikit menggabungkan beberapa wilayah ini; contohnya adalah penggabungan Amerika Utara dan Amerika Selatan menjadi Amerika , Asia dan Eropa menjadi Eurasia , dan Afrika, Asia, dan Eropa menjadi Afro-Eurasia .

Pengertian Tujuh Benua Dan Pembagiannya

Berapa banyak benua yang ada di dunia? 

Ini pertanyaan yang cukup sederhana. Namun jawabannya jauh lebih kompleks dari yang Anda kira.

Pada dasarnya, ini tergantung pada cara Anda menghitung sebuah benua.

Beberapa orang berpendapat bahwa hanya ada empat benua, misalnya, dan masing-masing benua diklasifikasikan sebagai daratan yang secara alami dipisahkan oleh air.

Menggunakan model empat benua memberi tahu kita bahwa yang ada hanya AfroEurasia, Amerika, Antartika , dan Australia.

Ada pula yang berpendapat bahwa ada enam benua Afrika, Amerika, Antartika, Asia, Oseania, dan Eropa dan Amerika tergabung dalam satu benua.

Jika Anda menggabungkan benua Amerika dan hanya menghitung daratan yang berpenduduk banyak tidak termasuk Antartika – Anda akan mendapatkan lima benua.

Jadi Berapa banyak benua yang ada di dunia?

Ada tujuh benua di dunia, menurut sebagian besar standar. Diurutkan dari yang terkecil hingga terbesar adalah:

Oseania , Eropa, Antartika, Amerika Selatan, Amerika Utara, Afrika, dan Asia . Namun, berdasarkan beberapa pengukuran, hanya ada empat atau lima benua di Bumi.

Berikut tujuh benua standar di dunia

Oseania – 8.511.000 km²

Oceania adalah benua terkecil di dunia, dengan total luas daratan 8.511.000 km².

Padahal di benua tersebut terdapat Australia negara terbesar keenam di dunia, dengan luas daratan 7,688 juta km².

Populasinya yang hanya berjumlah 44.491.724 jiwa (menurut PBB ) menjadikannya benua terpadat terkecil kedua, setelah Antartika.

Oseania terdiri dari Australasia, Polinesia, Melanesia, dan Mikronesia.

Anda akan menemukan sejumlah negara terkecil di dunia di benua ini yang tersebar di 14 negara yang diakui secara independen dan kumpulan wilayah yang bergantung pada negara lain.

Eropa – 10.180.000 km²

Dengan total luas daratan 10.180.000 km², Eropa merupakan benua terkecil kedua di dunia.

Namun, ini adalah benua terpadat ketiga, dengan populasi 745.173.774 orang, menurut PBB .

Jumlah total negara di Eropa masih diperdebatkan tetapi jumlah tersebut dimiliki oleh 50 negara berbeda jika Anda memasukkan negara-negara seperti Turki, Kepulauan Faroe, Kosovo, Siprus.

Sebagian kecil negara seperti Kazakhstan dan Rusia juga banyak dianggap berada di Eropa.

Antartika – 14.200.000 km²

Antartika adalah benua yang paling sedikit penduduknya di Bumi dan sebagian besar merupakan gurun kutub. Pengertian Tujuh Benua

Hanya 1.000-5.000 orang yang tinggal di sana dan menghuni berbagai stasiun penelitian yang tersebar di wilayah seluas 14.200.000 km².

Amerika Selatan – 17.814.000 km²

Berkat total luas daratannya sebesar 17.814.000 km², Amerika Selatan merupakan benua terbesar keempat di dunia.

Perkiraan populasinya sebesar 434.254.119 ( PBB ) menempati peringkat kelima.

Selain Antartika, Amerika Selatan adalah rumah bagi negara-negara paling sedikit, dengan hanya 12 negara merdeka.

Yang terbesar adalah Brasil, yang merupakan negara terbesar kelima di dunia. Argentina juga masuk sepuluh besar di peringkat kedelapan.

Amerika Utara – 24.239.000 km²

Amerika Utara adalah benua terbesar ketiga di Bumi, dengan luas daratan 24.239.000 km².

Negara ini memiliki perkiraan populasi 595.000.000 orang, menurut PBB .

Amerika Utara terdiri dari Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia.

Kanada adalah rumah bagi 47 negara independen dan dependen,

termasuk Kanada dan Amerika Serikat, yang masing-masing merupakan negara terbesar kedua dan ketiga di dunia.

Afrika – 30.244.000 km²

Afrika adalah benua terbesar kedua di dunia, setelah Asia. Benua Afrika adalah rumah bagi sekitar 1.393.676.444 orang dan memiliki total luas daratan 30.244.000 km².

Itu berarti sekitar 20 persen dari total luas daratan bumi.

Benua ini menampung 54 negara Afrika yang berdaulat, dengan Aljazair yang merupakan negara terbesar berada di peringkat kesepuluh negara terbesar di dunia .

Asia – 44.579.000 km²

Asia adalah benua terbesar di dunia, dengan total luas daratan 44.579.000 km², setara dengan hampir 30 persen total luas daratan bumi.

Benua ini diperkirakan memiliki populasi 4.694.576.167 jiwa, menjadikannya benua terpadat di dunia. (Angka menurut PBB ).

Dengan total 51 negara, berkat Tiongkok, India, Kazakhstan, dan Rusia, Asia adalah rumah bagi empat dari sepuluh negara terbesar di dunia.

Rusia adalah yang terbesar dari semuanya.

Asia agak sulit untuk didefinisikan karena menyatu dengan Eropa di barat dengan beberapa negara yang secara teknis melintasi kedua benua.

Biasanya, pembagian tersebut dianggap menggunakan Pegunungan Ural dan Laut Kaspia sebagai perbatasan.

Apa yang membentuk sebuah benua?

Benua biasanya didefinisikan sebagai daratan besar yang terus menerus, berkorelasi longgar dengan posisi lempeng tektonik dan ‘mengambang’ di kerak benua bumi.

Namun, pertanyaan mengenai di mana Eropa berakhir dan Asia dimulai adalah contoh dari kurangnya jawaban pasti mengenai masalah ini.

Ada pertanyaan mengenai apa sebenarnya definisi setiap benua, yang telah menyebabkan kebingungan di kalangan guru dan siswa geografi di seluruh dunia.

Kurangnya jawaban yang pasti mengenai apa sebenarnya yang membentuk sebuah benua telah menyebabkan terjadinya respon empat, lima, enam, dan tujuh benua di seluruh dunia.

Lebih rumit lagi, para ahli geologi berteori bahwa benua bergerak. Lempeng tektonik dan superbenua Pangea

Menunjukkan bahwa benua bergerak dan terpecah dalam jangka waktu (yang sangat lama) akibat konveksi dari peluruhan unsur radioaktif di dalam mantel.

Baca Juga : Pengertian Gerhana Matahari Dan Jenisnya

Apakah Rusia bagian dari Eropa atau bagian dari Asia?

Secara teknis, Rusia adalah bagian dari kedua benua tersebut, namun dianggap sebagai negara Eropa karena ikatan budaya dan karena populasi yang lebih padat di negara-negara Eropa.

Rusia adalah negara yang rumit dengan ikatan sejarah, politik, dan geografis dengan Eropa dan Asia.

Sebagian besar wilayahnya terletak di Asia utara, dengan lengan baratnya terbentang hingga Eropa Timur. Pengertian Tujuh Benua

Menggunakan Pegunungan Ural sebagai perbatasan benua, sebagian besar wilayah Rusia berada di Asia dan sebagian lagi di Eropa.

Namun kota-kota terbesarnya, termasuk ibu kota Moskow, sebagian besar terdapat di Eropa.

Hal ini, ditambah dengan luasnya lahan yang dipenuhi lapisan es di timur dan utara, membuat mayoritas orang Rusia tinggal di wilayah Eropa.