Pengertian Integrasi

Diposting pada

Pengertian Integrasi – Indonesia merupakan negara multikultural di mana berbagai agama, suku, ras, kelompok dan budaya hidup bersama dalam satu atap yaitu republik indonesia. Keragaman ini adalah kekayaan besar yang luar biasa yang diberikan oleh tuhan, tetapi keragaman ini bisa menjadi potensi konflik yang sangat besar jika prinsip persatuan dalam keragaman tidak diterapkan oleh kita semua.

Ketika konflik muncul, ada sedikit risiko resolusi nasional. Meskipun orang indonesia menyatakan kemerdekaannya, negara Indonesia masih mengalami banyak kolonialisme di dalam dan di luar negeri. Dengan kesadaran semua warga negara bangsa indonesia telah menjadi kekuatan yang sangat besar dan telah membuktikan diri dengan segala hal yang mengganggu ketenangan bangsa indonesia.

Pengertian Integrasi

Pengertian umum Integrasi merupakan suatu sistem yang bercampur menjadi satu kesatuan yang utuh. Dan integrasi berasal dari bahasa inggris yaitu integrasi yang berarti keseluruhan atau kesempurnaan. Sementara disintegrasi merupakan keadaan terpadu, kesatuan atau keutuhan menghilang dan menyebabkan perpecahan.

Pengertian-Integrasi

Pengertian Integrasi Menurut Para Ahli

Integrasi juga dirumuskan oleh beberapa ahli diantaranya yaitu :

Safroedin Bahar

Menurut safroedin bahar pengertian integrasi didefinisikan sebagai menyempurnakan atau membuat dengan menyatukan elemen bangsa yang awalnya terpisah-pisah.

Nazaruddin Sjamsuddin

Menurut nazaruddin sjamsuddin pengertian integrasi merupakan proses menyatukan suatu bangsa yang mencakup semua akses ke kehidupan, seperti aspek ekonomi, sosial, budaya, politik dan sosial.

Yron Weiner

Menurut yron weiner pengertian integrasi merupakan proses menyatukan berbagai kelompok sosial dan budaya menjadi satu unit regional dalam konteks pembentukan identitas nasional.

Jenis-jenis Integrasi

Integrasi Bangsa

Merupakan kelompok yang beragam dan tidak dapat dirumuskan dengan tepat. Dan sebagian besar negara memiliki faktor objektif tertentu yang membedakan mereka dari negara lain.

Integrasi Nasional

Sebagai proses adaptasi antara berbagai unsur dalam kehidupan sosial dan dalam bentuk nasional sehingga muncul pola kehidupan baru yang memiliki fungsi harmonis dalam kehidupan komunitas ini.

Integrasi Budaya

Merupakan hal yang mempertanyakan keselarasan fungsi dalam kehidupan sosial.

Integrasi Sosial

Merupakan pengaturan antara berbagai unsur dalam kehidupan sosial untuk menciptakan pola hidup yang harmonis bagi masyarakat.

Integrasi Masyarakat

Merupakan proses integrasi dan penyatuan antara elemen-elemen dalam masyarakat yang meliputi kedudukan sosial, pranata dan peranan sosial.

Faktor Pendorong Integrasi

Faktor-faktor yang mendorong pembentukan integrasi adalah sebagai berikut:

  1. Ada tenggang rasa, rasa saling memiliki serta toleransi.
  2. Munculnya pernikahan silang dengan suku lain.
  3. Transportasi serta komunikasi yang cepat antar wilayah.
  4. Meningkatnya rasa solidaritas sosial untuk menghadapi berbagai peristiwa bersama.
  5. Pemerintah berfungsi menjadi lebih bijaksana serta berjalan baik.

Syarat Berhasilnya Integrasi

  1. Jika kita memperkuat integrasi sosial kita berada di dalam diri kita masing-masing yang seharusnya mengendalikan perbedaan dan konflik yang ada dalam kekuatan suatu bangsa bukan sebaliknya.
  2. Di setiap komunitas pasti ada seseorang yang bisa saling merasakan atau memenuhi kebutuhan satu atau antara kebutuhan lain untuk pengertian integrasi.

Contoh Integrasi

Berikut ini adalah contoh integrasi nasional dan integrasi sosial, yaitu:

Integrasi Nasional

Contoh integrasi nasional adalah bahwa Polisi nasional indonesia dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) menentang gerakan separatis yang berkomitmen untuk perdamaian republik indonesia. Mulai dari RMS hingga organisasi papua merdeka (OPM) di Papua.

Integrasi Sosial

Contoh integrasi sosial adalah konflik antara suku dayak asli dan imigran madura di kalimantan. Di mana dua orang madura diserang oleh beberapa orang dayak dan lebih dari 500 orang tewas dalam konflik dan lebih dari 100.000 orang madura menjadi tunawisma.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian integrasi semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya >>>