Pengertian Kota Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Kota Menurut Para Ahli – Apa yang terbayang untuk Anda ketika Anda mendengar kata kota? Mungkin sebagian dari Anda membayangkan bahwa kota adalah tempat tinggal, tempat lahir, tanah perantau dan sebagainya. Tidak, Kota bukan sesederhana iyu, kota memiliki definisi yang lebih spesifik.

Secara umum, kota adalah daerah dengan berbagai kegiatan dan berbagai aktivitas. Kota adalah kreasi, selera, inisiatif, dan karya manusia paling kompleks dan absurd dari semua peradaban.

Pengertian Kota Menurut Para Ahli

Pemahaman tentang kota dapat didengar secara berbeda tergantung pada perspektif individu, tetapi biasanya merujuk pada poin kunci dari definisi. Ada beberapa pakar yang mendefinisikan kota berdasarkan penelitian yang mereka lakukan. Kami merujuk ulasan di bawah ini.

Pengertian-Kota-Menurut-Para-Ahli
Pengertian Kota Menurut Para Ahli

Pengertian Kota Menurut Permendagri 2 Tahun 1987

Kota merupakan pusat permukiman dan kegiatan penghuni dengan batas peraturan perundangan, serta permukiman yang memiliki karakter dan karakteristik kehidupan perkotaan.

Pengertian Kota Menurut Bintarto

Kota sebagai sistem jaringan kehidupan ditandai oleh kepadatan populasi yang tinggi dan lapisan ekonomi yang heterogen dan materialistis. Masyarakat perkotaan terdiri dari penduduk asli dan pendatang.

Pengertin Kota Menurut Louis Wirth

Kota ini adalah salah satu pemukiman dengan kepadatan penduduk yang relatif besar, memiliki wilayah yang terbatas dan umumnya bersifat non-agraris.

Pengertian Kota Menurut Max Weber

Kota adalah tempat yang berbeda di mana penduduk dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan ekonomi mereka di pasar lokal.

Pengertian Kota Menurut Amos Rappoport

Kota itu

  1. Kota klasik adalah salah satu pemukiman yang relatif besar, padat dan permanen, yang dari perspektif sosial terdiri dari kelompok individu yang heterogen.
  2. Kota modern adalah pemukiman yang tidak terdiri dari karakteristik morfologis kota, tetapi fungsi yang menciptakan ruang yang efektif melalui organisasi ruang dan hierarki tertentu.

Pengertian Kota Menurut National Urban Development Strategy

Kota adalah pusat layanan, produksi, penjualan, dan layanan yang mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

Pengertian Kota Menurut Ir Sutami

Kota adalah salah satu tempat Koldip (pengumpulan, distribusi, dan produksi).

Pengertian Kota Menurut Alan S. Burger

Kota adalah pemukiman permanen dengan kelompok populasi yang heterogen. Kota ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas terintegrasi untuk membentuk sistem sosial.

Pengertian Kota Menurut UU 22 tahun 1999 Tentang Otonomi Daerah

Kota yaitu semua daerah yang memiliki kegiatan utama non-agraris dengan penataan fungsi kawasan sebagai tempat pelayanan negara, layanan sosial dan kegiatan ekonomi.

Pengertian Kota Menurut Jorge E. Hardoy

Kota itu

  1. Ukuran dan populasi besar dalam hal waktu dan tempat
  2. Permanen
  3. Memiliki fungsi perkotaan minimum, yaitu pasar, pusat administrasi, pusat militer, pusat agama dan pusat intelektual.
  4. Heterogenitas masyarakat
  5. Pusat layanan untuk lingkungan lokal (pedalaman)
  6. Tempat di mana orang tinggal dan / atau bekerja
  7. Pusat kegiatan dan interaksi ekonomi

Pengertian Kota Menurut Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB)

Kota adalah tempat di mana kepadatan penduduk lebih tinggi daripada di daerah sekitarnya, karena kegiatan fungsional fokus pada kegiatan atau aktivitas penduduknya.

Pengertian Kota Menurut Permendagri No. 4 Tahun 1980

Kota sebagai wadah dengan batas administratif seperti kotamadya dan kota administratif. Kota juga berarti lingkungan hidup perkotaan dengan karakteristik non-agraris.

Pengertian Kota Menurut Northam

Kota ini adalah tempat dengan kepadatan penduduk lebih tinggi daripada penduduk disekitarnya.

Penduduk di lokasi ini tidak tergantung pada pertanian atau kegiatan ekonomi utama. Lokasi ini juga digunakan sebagai pusat budaya, ekonomi dan administrasi untuk daerah tersebut.

Pengertian Kota Menurut Grunfeld

Kota yaitu permukiman yang berbeda dengan kepadatan penduduk yang lebih besar dari wilayah nasional. Di mana mata pencaharian masyarakat adalah non-agraris dan sistem penggunaan lahan berbeda. Daerah ini ditutupi oleh gedung-gedung tinggi dan berdekatan.

Pengertian Kota Menurut Burkhad Hofmeister

Kota adalah konsentrasi ruang hidup dan kerja dengan kegiatan umum di sektor sekunder (perdagangan dan industri) dan di sektor tersier (layanan kota).

Pengertian Kota Menurut SMSAI (Standard Metropolitan Statistics Area) USA – Kanada

Kota itu

Penduduknya adalah 50.000 orang atau kombinasi 2 kota dengan total populasi 50.000 orang.
Merupakan kombinasi kota-kota kecil dengan sekitar 15.000 jiwa masing-masing.
Menunjukkan hubungan antara aspek ekonomi dan sosial.
75% penduduk bekerja di sektor non-agraris.
Mayoritas penduduk bekerja di kota.
Kepadatan populasinya adalah 375 jiwa / hektar.

Pengertian Kota Menurut UU No. 22 tahun. 1999 Tentang Otonomi Daerah

Kota ini adalah daerah di mana kegiatan utama non-agraris dilakukan dan di mana fungsi regional disediakan sebagai tempat untuk layanan pemerintah, layanan sosial dan kegiatan ekonomi.

Pengertian Kota Menurut Kamus Tata Ruang

Kota adalah beberapa permukiman dengan populasi yang relatif besar, wilayah yang terbatas, yang umumnya bukan pertanian dan memiliki kepadatan penduduk yang relatif tinggi.

Pengertian Kota Menurut John Brickerhoff Jackson

Kota adalah hunian manusia yang merupakan manifestasi dari perencanaan dan desain, diisi dengan berbagai elemen seperti bangunan, jalan dan ruang hijau.

Pengertian Kota Menurut Djoko Sujarto

Kota itu

Demografi
Konsentrasi populasi dengan kepadatan tinggi dibandingkan dengan lingkungan.
Sosiologi
Keberadaan urbanisasi yang heterogen, berbentuk budaya yang mendominasi budaya desa.
Ekonomi
Ada bagian dominan dari pekerjaan non-pertanian seperti industri, jasa, transportasi dan perdagangan.
Fisik
Penguasaan area terbangun dan struktur binaan.
Administrasi
Yurisdiksi dibatasi oleh yurisdiksi yang ditentukan berdasarkan hukum yang berlaku.

Pengertian Kota Menurut Kostof

Kota adalah tujuan dan pengingat terakhir dari perjuangan dan kemuliaan kita. Kebanggaan masa lalu bisa dilihat di sini.

Pengertian Kota Menurut Branch

Sebuah kota sebagai tempat tinggal dengan ribuan penduduk atau lebih, sedangkan perkotaan didefinisikan sebagai area dengan struktur dan jalan, sebagai pemukiman yang berkonsentrasi pada area dengan kepadatan tertentu.

Peraturan Menteri Dalam Negeri

Kota yaitu berbagai permukiman dan kegiatan penghuni dengan batas administratif dan permukiman yang telah menunjukkan karakter dan karakteristik kehidupan perkotaan.

Harris dan Ullman

Kota ini adalah serangkaian pusat untuk pemukiman manusia dan penggunaan bumi oleh manusia. Di sinilah orang-orang yang lebih tinggi dari dataran mengeksploitasi bumi.

Pengertian Kota Menurut Ditjen Cipta Karya

Kota adalah permukiman dengan populasi yang relatif besar, area terbatas, umumnya nonagraris dan kepadatan populasi yang relatif tinggi, di mana sekelompok orang dalam jumlah tertentu dan dalam area geografis tertentu biasanya memelihara hubungan rasional, ekonomi dan individualistis.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian kota menurut para ahli semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya :