Pengertian Laporan Keuangan Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Laporan Keuangan Menurut Para Ahli – Laporan keuangan adalah informasi yang diharapkan dapat membantu pengguna membuat keputusan keuangan. Untuk lebih jelasnya, lihat pembahasan dibawah ini tentang laporan keuangan menurut para ahli.

Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan perusahaan pada suatu titik waktu yang menunjukkan kinerja dan kondisi suatu perusahaan. Pemahaman lain adalah bahwa laporan keuangan ditafsirkan sebagai catatan informasi keuangan yang dikumpulkan oleh perusahaan secara hati-hati untuk menilai kinerja perusahaan. Hal ini penting untuk mengenal berbagai pihak yang menggunakannya.

Pengertian-Laporan-Keuangan-Menurut-Para-Ahli

Laporan Keuangan Menurut Para Ahli

Menurut Wikipedia

Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan perusahaan selama periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan. Laporan keuangan adalah bagian dari pelaporan keuangan.

Menurut Munawir Sjadzali

Laporan keuangan adalah proses akuntansi yang dapat digunakan sebagai alat untuk mengirimkan data keuangan.

Menurut Sundjaja dan Barlian

Laporan keuangan adalah tindakan yang merupakan hasil dari proses yang digunakan untuk pihak yang tertarik pada informasi aktivitas atau keuangan perusahaan.

Menurut Farid dan Siswanto

Menurut farid dan siswanto laporan keuangan adalah informasi yang diharapkan dapat membantu pengguna membuat keputusan keuangan yang bersifat finansial.

Menurut Bambang Riyanto

Laporan keuangan memberikan gambaran tentang posisi keuangan perusahaan, di mana neraca tentu mencerminkan kewajiban, nilai aset dan ekuitas pada titik waktu tertentu dan laporan laba rugi pasti mencerminkan hasil yang dicapai dalam periode pelaporan biasanya sekitar satu tahun.

Menurut Sofyan S. Harahap

Laporan keuangan adalah laporan yang menggambarkan situasi keuangan dan hasil bisnis perusahaan dalam periode tertentu.

Menurut Harnanto

Laporan keuangan adalah hasil akhir dari proses tersebut. Laporan tersebut terdiri dari laporan dan akun laba rugi serta dalam bentuk laporan tambahan.

Menurut M. Sadeli

Laporan keuangan adalah hasil dari proses akuntansi dan merupakan informasi historis. Pentingnya akuntansi adalah proses mengukur, mengidentifikasi dan melaporkan informasi ekonomi untuk merenungkan dan melakukan upaya untuk membuat keputusan yang tepat tentang pengguna informasi itu.

Menurut Kasmir

Menurut kasmir laporan keuangan adalah laporan yang menunjukkan kondisi keuangan perusahaan pada saat itu atau selama periode waktu tertentu.

Menurut Standar Akuntansi Keuangan (SAK)

Laporan keuangan adalah bagian berbeda dari keseluruhan proses akuntansi, termasuk Neraca, akun laba rugi, laporan perubahan keuangan (arus dana atau arus kas, catatan dan laporan lainnya) dan bagian integral dari laporan.

Menurut Gitman

Laporan keuangan tahunan terdiri dari beberapa laporan tahunan perusahaan dan harus diberikan kepada semua pemegang saham. Ini mendokumentasikan dan merangkum kegiatan keuangan tahun lalu.

Menurut Asosiasi Akuntansi Indonesia (IAI)

Laporan keuangan adalah struktur yang mewakili posisi kinerja dan keuangan perusahaan. Tujuan umum dari laporan keuangan kepentingan publik ini adalah untuk memberikan informasi tentang kinerja keuangan (financial performance) kondisi keuangan perusahaan (financial position) dan arus kas (cash flow) yang sangat bermanfaat bagi keputusan ekonomi para penggunanya.

Menurut Bridwan

Menrurut bridwan laporan keuangan adalah hasil dari proses akuisisi, perkembangan transaksi keuangan yang terjadi pada tahun fiskal yang sama.

Menurut Sofyan S. Harahap

Menurut Sofyan S. Harahap laporan keuangan adalah laporan yang menunjukkan hasil perusahaan dan keuangan pada waktu-waktu tertentu.

Menurut Wahyudiono

Menurut wahyudiono laporan keuangan adalah laporan tentang tanggung jawab kepala perusahaan dan manager atau untuk pengelolaan perusahaan yang dipercayakan kepadanya kepada pihak ketiga di luar perusahaan.

Menurut Mahmud M. Hanafi dan Abdul Halim

Menurut mahmud M. hanafi dan abdul halim laporan keuangan sebagai laporan yang diharapkan dapat memberikan informasi perusahaan.

Menurut Machfoedz dan Mahmudi

Laporan keuangan adalah hasil akhir dari proses akuntansi. Artikel ini dimulai dengan catatan transaksi, kemudian dicatat dalam surat kabar harian yang disebut jurnal dan secara teratur dari jurnal dikelompokkan ke dalam buku besar sesuai dengan transaksi dan yang terakhir adalah akuntansi keuangan.

Menurut Harnanto

Menurut harnanto laporan keuangan tahunan adalah hasil akhir dari proses akuntansi yang terdiri dari dua laporan utama yaitu laporan perhitungan laba rugi dan neraca dalam bentuk laporan tambahan seperti laporan cadangan laba dan laporan sumber atau laporan tentang perubahan dalam aset bersih, posisi keuangan dan hasil operasi.

Menurut Sutrisno

Menurut sutrisno laporan keuangan adalah hasil akhir dari proses akuntansi, yang mencakup dua laporan utama yaitu laporan keuangan laba rugi dan neraca. Laporan keuangan disusun dengan maksud memberikan informasi keuangan kepada perusahaan sebagai pertimbangan utama saat mengambil keputusan.

Menurut Birgham dan Houston

Laporan keuangan terdiri dari beberapa lembar kertas dengan angka-angka di atasnya. Dan angka itu penting untuk memikirkan aset riil di belakang angka itu.

Menurut Gumanti

Menurut gumanti laporan keuangan tahunan adalah ringkasan dari kewajiban, harta dan kinerja operasi selama periode akuntansi tertentu.

Demikianlah pembahasan tentang laporan keuangan menurut para ahli semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya :