Pengertian Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli – Perusahaan yang baik dimulai dengan hal-hal yang mengelilinginya. Seperti orang yang berada di lingkungan yang tidak baik maka orang itu juga tidak baik. Setiap perusahaan dengan karyawan yang loyal harus dipengaruhi oleh lingkungan kerja. Lingkungan di mana karyawan dapat bekerja dengan nyaman dan kreatif.

Seorang bos perusahaan perlu tahu seperti apa lingkungan kerja yang baik sehingga roda perusahaan bekerja dengan lancar. Untuk alasan ini, kami dalam artikel berikut merangkum lingkungan kerja menurut para ahli secara lengkap.

Definisi Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja adalah lingkungan di mana seseorang bekerja atau melakukan kegiatan kerja. Lingkungan kerja sangat membutuhkan perhatian khusus karena dapat menentukan produksi yang akan dilestarikan. Lingkungan yang nyaman dan aman membuat pekerjaan lebih mudah dan memastikan hasil yang baik dan memuaskan.

Jika lingkungan tidak nyaman dan tidak teratur maka karyawan akan mengalami ketidaknyamanan dan kebosanan yang memengaruhi bisnis yang mereka jalankan. Maka lingkungan kerja harus dapat memaksimalkan kinerja dan menyediakan pekerja dengan lingkungan kerja yang nyaman.

Pengertian-Lingkungan-Kerja-Menurut-Para-Ahli

Pengertian Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli

Menurut Nitisemito

Lingkungan kerja yang didasarkan pada pendapat nitisemito berada di lingkungan karyawan dan memengaruhi dirinya sendiri dalam pelaksanaan tugas.

Menurut Lewa & Subowo

Lingkungan kerja harus dirancang sedemikian rupa sehingga karyawan dapat menciptakan hubungan kerja yang mengikat karyawan dengan lingkungannya.

Menurut Sedarmayati

Menurut Sedarmayati lingkungan kerja adalah semua peralatan dan metode kerjanya, lingkungan tempat seseorang bekerja, material kerja dan pengaturan kerjanya, baik sebagai individu maupun sebagai kelompok.

Menurut Schultz & Schultz

Lingkungan kerja adalah suatu kondisi yang berkaitan dengan karakteristik tempat di mana pekerjaan itu dilakukan dan dengan perilaku dan sikap pekerja ketika mereka berhubungan dengan proses terjadinya berbagai perubahan psikologis yang disebabkan oleh hal-hal yang disebabkan pada bekerja atau di tempat kerja. Dalam situasi tertentu di mana organisasi yang bosan bekerja perlu lebih banyak perhatian, pekerjaan selalu monoton dan melelahkan.

Menurut Bambang

Lingkungan kerja adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan. Seorang karyawan yang bekerja di lingkungan kerja yang mendukungnya dalam pekerjaan yang optimal juga berkinerja baik. Dan sebaliknya: Jika seorang karyawan yang telah bekerja di lingkungan kerja yang tidak memadai atau bahkan tidak memadai dan tidak secara optimal mendukung pekerjaan menjadi malas maka akan cepat lelah sehingga kinerja karyawan ini rendah.

Jenis Lingkungan Kerja

Secara umum, jenis lingkungan kerja dibagi menjadi dua area yaitu sebagai berikut:

Lingkungan Kerja Fisik

Lingkungan kerja fisik adalah semua kondisi fisik di sekitar tempat kerja yang dapat memiliki dampak langsung atau tidak langsung pada karyawan. Lingkungan kerja fisik dibagi menjadi dua kategori:

  1. Lingkungan kerja yang terkait langsung dengan karyawan misalnya kursi meja, tempat kerja dan lainnya.
  2. Lingkungan umum atau menengah juga dapat disebut sebagai lingkungan kerja yang memengaruhi kondisi karyawan misalnya pencahayaan, suhu, warna, kebisingan, getaran mekanis, dan banyak lainnya.

Untuk membatasi pengaruh lingkungan fisik seminimal mungkin yang dirasakan oleh karyawan manusia harus terlebih dahulu diperiksa baik yang berkaitan dengan lingkungan fisik dan perilaku.

Lingkungan Kerja non Fisik

Lingkungan kerja non fisik yaitu situasi yang berkaitan dengan hubungan industri, baik hubungan dengan manajer maupun hubungan dengan kolega dan hubungan dengan bawahan.

Bisnis harus dapat mencerminkan kondisi yang mendukung kolaborasi antara tingkat atasan, bawahan dan mereka yang berstatus sama. Kondisi yang harus dibuat oleh setiap perusahaan adalah suasana keluarga, pengendalian dari dan komunikasi yang baik. Oleh karena itu, lingkungan kerja non-fisik ini juga merupakan sekelompok lingkungan kerja yang tidak dapat diabaikan.

Manfaat Lingkungan Kerja

Manfaat dari lingkungan kerja menciptakan gairah untuk bekerja, kinerja dan meningkatkan produktivitas.

  1. Keuntungan bekerja dengan orang-orang yang termotivasi adalah bahwa pekerjaan itu dapat diselesaikan dengan benar yang berarti pekerjaan itu selesai sesuai dengan standar yang tepat dan dalam kerangka waktu yang ditentukan.
  2. Kinerja karyawannya akan dipantau oleh orang yang bersangkutan dan tidak terlalu banyak pengawasan dan semangat juang akan tinggi.

Faktor Yang Mempengaruhi Lingkungan Kerja

  1. Bangunan tempat kerja
  2. Area kerja yang luas
  3. Ventilasi pertukaran udara
  4. Ada tempat ibadah agama
  5. Ada sarana transportasi umum atau khusus yang dapat digunakan karyawan untuk bekerja dengan mudah dan nyaman.

Indikator Lingkungan Kerja

  1. Cahaya dan penerangan di tempat kerja
  2. Suhu di tempat kerja
  3. Sirkulasi udara di tempat kerja
  4. Getaran mekanis sedang bekerja
  5. Bau yangtidak sedap di kantor
  6. Manajemen warna di tempat kerja
  7. Dekorasi di tempat kerja
  8. Musik sedang bekerja
  9. Keamanan di tempat kerja

Demikianlah pembahasan tentang lingkungan kerja menurut para ahli semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya >>>