Pengertian Manajemen Resiko Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Manajemen Resiko Menurut Para Ahli – Manajemen risiko adalah pendekatan atau metode terstruktur untuk menangani ketidakpastian terkait ancaman. Pemahaman lain tentang manajemen risiko yaitu manajemen risiko terdiri dari sejumlah kegiatan manusia termasuk penilaian risiko mengembangkan strategi untuk mengelolanya dan memitigasi risiko melalui penggunaan pemberdayaan atau manajemen sumber daya.

Maksud atau tujuan manajemen risiko adalah untuk mengurangi berbagai risiko yang terkait dengan area yang dipilih ke tingkat yang dapat diterima oleh publik. selain pengertian manajemen resiko diatas ada pengertian lain dari manajemen resiko menurut para ahli.

Pengertian-Manajemen-Resiko Menurut-Para-Ahli

Pengertian Manajemen Resiko Menurut Para Ahli

Menurut Tampubolon

Tampubolon menyatakan bahwa manajemen resiko adalah kegiatan atau proses yang terarah dan proaktif

yang dirancang untuk mempertimbangkan kemungkinan kegagalan dalam satu atau bagian dari transaksi atau instrumen.

Menurut Djohanputro

Menurut djohanputro adalah proses terstruktur dan sistematis untuk mengidentifikasi, memetakan, mengukur, mengembangkan sistem manajemen risiko alternatif dan untuk memantau dan mengendalikan manajemen risiko.

Menurut Siagian dan Sekarsari

Siagian dan sekarsari berpendapat bahwa manajemen risiko memiliki pemahaman yang mendalam yang tidak hanya berfokus pada pembelian asuransi, tetapi juga diperlukan untuk mengelola semua risiko organisasi.

Menurut William et.al

Menurut william et al manajemen resiko adalah aplikasi manajemen umum yang mencoba mengidentifikasi, mengukur dan mengobati penyebab dan konsekuensi dari ketidakpastian dalam suatu organisasi.

Menurut Clough dan Sears

Menurut clough dan sears manajemen resiko adalah pendekatan komprehensif untuk menangani semua peristiwa yang menyebabkan kerugian.

Menurut Wikipedia

Menurut wikipedia manajemen resiko adalah pendekatan terstruktur atau cara menghadapi ketidakpastian terkait ancaman atau serangkaian aktivitas manusia, termasuk penilaian risiko, pengembangan strategi manajemen dan manajemen risiko melalui penggunaan manajemen atau peningkatan sumber daya.

Menurut Smith

Menurut smith manajemen resiko adalah proses mengidentifikasi, mengukur, dan mengendalikan risiko keuangan yang mengancam aset dan pengembalian perusahaan atau proyek yang dapat menyebabkan kerugian atau kerugian bagi perusahaan.

Menurut Dorfman

Menurut dorfman manajemen risiko adalah proses logis untuk memahami risiko kerugian.

Menurut Bramantyo

Menurut bramantyo manajemen risiko masuk akal sebagai proses yang sistematis dan terstruktur dalam mengidentifikasi, mengukur, memetakan dan mengembangkan alternatif untuk manajemen risiko.

Menurut Noshworthy

Noshworthy mengatakan langkah-langkah harus diambil untuk mengurangi umur ancaman ini dan meminimalkan kerusakan. Analisis risiko dan pengendalian risiko merupakan dasar manajemen risiko, di mana pengendalian risiko adalah penerapan kontrol yang sesuai untuk mencapai keseimbangan antara keamanan, keramahan pengguna, dan biaya.

Menurut Fahmi

Menurut fahmi manajemen risiko adalah bidang ilmiah yang membahas bagaimana organisasi menggunakan tindakan untuk memetakan berbagai masalah yang ada dengan menempatkan berbagai pendekatan manajemen secara komprehensif dan sistematis.

Menurut Australia/New Zealand Standards

Menurut australia/new zealand standards adalah proses logis dan sistematis untuk mengidentifikasi, menganalisis, mengevaluasi, mengendalikan, memantau dan mengkomunikasikan risiko dalam kaitannya dengan semua kegiatan, fungsi atau proses dengan tujuan meminimalkan kerugian dan memaksimalkan peluang.

Menerapkan ini manajemen risiko membantu perusahaan mengidentifikasi risiko sejak awal dan membuat keputusan untuk mengatasi risiko tersebut.

Menurut NIST

Menurut NIST manajemen risiko adalah proses untuk mengidentifikasi, mengendalikan, dan memitigasi sistem informasi terkait dengan risiko dan termasuk penilaian risiko, analisis biaya manfaat, seleksi, implementasi, pengujian dan penilaian keselamatan dari tindakan perlindungan.

Menurut Siahaan

Menurut siahaan manajemen resiko adalah praktik atau tindakan manajemen risiko dengan sarana dan alat untuk mengelola risiko proyek.

Menurut Darmawi

Menurut darmawi manajemen risiko adalah upaya untuk mengidentifikasi, mengendalikan risiko, dan menganalisis dalam setiap kegiatan bisnis untuk mencapai efektivitas dan efisiensi yang lebih besar.

Menurut Enterprise Risk Management – COSO

Manajemen risiko adalah suatu peristiwa yang memiliki efek negatif dalam bentuk risiko dan dapat mencegah nilai tambah atau mengurangi nilai yang ada.

Menurut Djojosoedarso

Menurut djojosoedarso manajemen risiko berarti penerapan fungsi manajemen dalam manajemen risiko, terutama risiko untuk organisasi / perusahaan, masyarakat dan keluarga.

Hal ini termasuk kegiatan yang berkaitan dengan perencanaan, menyusun, organisasi, manajemen / koordinasi dan pemantauan (termasuk evaluasi) program manajemen risiko.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian manajemen resiko menurut para ahli semoga dapat bermanfaat untuk ada.

Baca Juga Artikel Lainnya :