Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli – Medsos atau yang sering kita sebut sebagai singkatan untuk media sosial merupakan media online atau daring di mana pengguna dapat berpartisipasi, berbagi, dan membuat konten seperti blog, forum, jejaring sosial, dll. Media sosial ini sangat populer dan menyebar ke seluruh dunia. Karena seiring waktu dan teknologi masyarakat tradisional telah berubah atau telah menjadi masyarakat modern.

Media sosial telah menjadi sarana interaksi sosial di internet. Ketika pengguna media sosial berkomunikasi, berinteraksi atau mengirim pesan dengan pengguna media sosial lainnya. Pengguna media sosial sangat banyak, bahkan indonesia telah menjadi salah satu negara dengan jumlah pengguna media sosial terbesar di dunia. Jumlah pengguna media sosial meningkat dari tahun ke tahun karena semakin banyak perangkat yang dapat mengaksesnya.

Pengertian-Media-Sosial-Menurut-Para-Ahli

Tidak dapat disangkal bahwa media sosial saat ini memainkan peran penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Ini dibuktikan dengan seringnya aktivitas manusia di media sosial, baik itu waktu untuk hiburan atau bekerja. Terutama pada titik ini, teknologi aplikasi Android dapat mendukung penggunaan media sosial dan mudah dibawa kemana-mana. Sehingga Anda dapat dengan mudah membuka media sosial Anda kapan saja dan di mana saja.

Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

Berikut adalah informasi pengertian media sosial yang dirumuskan menurut para ahli yaitu :

Menurut McGraw Hill Dictionary

Media sosial merupakan sarana di mana orang berhubungan satu sama lain dengan menciptakan, berbagi, dan bertukar informasi serta ide dalam komunitas virtual dan jaringan virtual.

Menurut Varinder Taprial dan Priya Kanwar

Media sosial merupakan sebuah media yang digunakan oleh seseorang untuk menjadi daring atau menjadi sosial secara online dengan berbagi konten, foto, berita dan lainnya.

Menurut B. K. Lewis

Media sosial merupakan label yang memungkinkan orang untuk memproduksi, berinteraksi, terhubung dan berbagi konten berita untuk teknologi digital.

Menurut Mark Hopkins

Media sosial adalah sebutan yang tidak hanya mencakup berbagai platform untuk media baru dan juga mencakup penyertaan sistem seperti facebook , friendfeed dan lainnya, yang umumnya dianggap sebagai jejaring sosial. Makna nya merupakan bahwa platform media yang berbeda memiliki komunikasi publik dan merupakan media komponen sosial.

Menurut P.N. Howard dan M.R Parks

Media sosial merupakan media yang terdiri dari tiga bagian: infrastruktur informasi serta alat untuk membuat dan mendistribusikan konten media. Konten media bisa berupa berita, gagasan, pesan pribadi dan produk budaya dalam bentuk digital dan yang menghasilkan konten media dalam bentuk internet dikonsumsi oleh individu, organisasi, dan industri.

Menurut Russo, J. Watkins, L. Kelly dan S. Chan

Media sosial adalah alat yang memfasilitasi komunikasi online, jaringan dan / atau kolaborasi.

Menurut Chris Brogan

Media sosial adalah seperangkat alat komunikasi dan kolaborasi baru yang memungkinkan berbagai jenis interaksi yang sebelumnya tidak tersedia bagi orang awam.

Menurut Kevin Lane Keller dan Philip Kotler

Media sosial merupakan media yang digunakan konsumen untuk berbagi informasi gambar,video, teks, dan suara dengan orang lain serta bisnis, dan sebaliknya.

Menurut Michael Cross

Media sosial adalah istilah yang menggambarkan berbagai teknologi yang digunakan untuk melibatkan orang dalam kolaborasi, bertukar informasi dan berinteraksi melalui konten berita berbasis web. Ketika Internet terus berkembang, berbagai teknologi dan fungsi yang tersedia bagi pengguna terus berubah. Hal ini membuat media sosial menjadi hypernym daripada referensi khusus untuk berbagai penggunaan atau desain.

Menurut Caleb T. Carr dan Rebecca A. Hayes

Media sosial adalah media berbasis internet yang dapat digunakan pengguna untuk berinteraksi dengan dan menghadirkan diri kepada khalayak luas segera atau tertunda. hal ini mempromosikan nilai konten yang dibuat pengguna dan persepsi interaksi dengan orang lain.

Menurut Marjorie Clayman

Media sosial adalah alat pemasaran baru yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi pelanggan dan prospek dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin.

Menurut M. Terry

Sosial media adalah media komunikasi di mana pengguna dapat meringkas konten mereka dan juga menggunakan teknologi penyiaran berbasis Internet yang tidak didasarkan pada media cetak dan juga pada media penyiaran tradisional.

Menurut Andreas M. Kaplan dan Michael Haenlien

Media sosial adalah grup aplikasi berbasis digital yang dibangun di atas fondasi ideologis Web (platform yang sejalan dengan pengembangan media sosial) dan memungkinkan pembuatan dan pertukaran konten yang dibuat pengguna.

Menurut M. L. Kent

Media sosial adalah media dalam segala bentuk komunikasi interaktif yang memungkinkan interaksi umpan balik dan dua arah.

Menurut Dave Kerpen

Media sosial berarti gambar,teks, video, serta tautan online yang dipertukarkan antara perorangan dan organisasi.

Menurut Lon Safko

Media sosial menurut dia adalah media yang dengannya kita berurusan secara sosial.

Menurut Joyce Kasman Valenza

Media sosial adalah media internet yang memungkinkan seseorang untuk berbagi secara instan dan berkomunikasi secara kuntinue dengan komunitas mereka.

Menurut Michael R. Solomon dan Tracy L. Tulen

Media sosial adalah sarana komunikasi, kolaborasi dan komunikasi online antara jaringan orang, komunitas serta organisasi yang saling terikat dan bergantung satu sama lain melalui kemampuan serta mobilitas teknologi yang diperkuat.

Menurut Peter R Scott dan J. Mike Jacka

Media sosial adalah teknologi transmisi berbasis internet yang dapat digunakan untuk mengubah konten yang ada menjadi fungsi untuk menampilkan konten dari konsumen ke penerbit.

Menurut R. Shari Veil, Michael J. Palenchar dan Tara Buehner,

Pada dasarnya media sosial adalah komunikasi antara orang yang memiliki ciri komitmen, keterbukaan, percakapan, komunitas serta keterhubungan.

Menurut The ABC

Media sosial ini dapat merangkum perangkat digital yang digunakan untuk komunikasi serta berbagi jaringan. Sosial media juga dapat digunakan oleh semua bidang masyarakat, media, politik, iklan, bisnis, polisi dan layanan darurat. Sosial media telah menjadi masalah untuk penerbitan, dialog dan juga tindakan atas masalah sosial.

Menurut Antony Mayfield

Media sosial adalah media yang memudahkan pengguna untuk berpartisipasi atau berinteraksi di dunia maya.

Menurut Lisa Buyer

Media sosial adalah hubungan masyarakat yang paling terbuka, menarik dan interaktif hingga saat ini.

Menurut Chris Garrett

Media sosial adalah salah satu alat, layanan dan sarana komunikasi yang memfasilitasi hubungan antara orang-orang dan memiliki minat atau kepentingan yang sama.

Menurut Wikipedia

Media sosial adalah alat berbasis komputer yang memungkinkan orang untuk membuat, bertukar, atau berbagi informasi, ide, dan gambar atau video di komunitas virtual dan jaringan.

Demikianlah pembahasan tentang media sosial menurut para ahli semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Posting terkait: