Pengertian Mitos

Diposting pada

Berpendidikan.Com – Pada kesempatan kali ini, pemahaman mitos dibahas dalam artikel dibawah ini. Jadi kita tahu apa arti mitos itu? serta apakah mitos sama dengan dongeng atau cerita lama? Seperti dongeng yang mengisahkan tentang anak durhaka malin kundang. Memahami mitos dari berbagai sumber memiliki arti yang sama dengan dongeng atau cerita dari masa lalu.

Yang pertama kali memperkenalkan istilah mitos adalah seorang filsuf dan ahli matematika yunani bernama pluto. Istilah mitos berasal dari mitos yunani dan mite belanda yang bermakna cerita atau kata-kata.

Pengertian Mitos Secara Umum

Mitos merupakan cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah yang memiliki latar belakang di masa lalu, penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya dan oleh mereka yang memilikinya atau pemiliknya dianggap benar.

Secara umum, mitos menceritakan tentang peristiwa alam semesta, dunia dan makhluk-makhluk yang menghuninya, bentuk topografi, kisah makhluk gaib dan sebagainya. Mitos muncul sebagai peristiwa sejarah yang berlebihan, sebagai alegori atau personifikasi untuk peristiwa alam atau sebagai penjelasan tentang ritual.

Pengertian-Mitos
Pengertian Mitos

Pengertian Mitos Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian mitos menurut para ahli :

Pengertian Mitos Menurut Cremers

Menurut Cremers, mitos adalah kisah sakral simbolis yang mengisahkan serangkaian peristiwa nyata serta imajinasi yang berkaitan dengan asal dan perubahan alam semesta dan dunia, para dewa, kekuatan tentang sifat alami manusia, masyarakat dan pahlawan.

Pengertian Mitos Menurut Levi-Strauss

Mitos adalah bentuk turunan dari cerita tertentu yang menceritakan para dewa, manusia pertama, hewan, dll dari tradisi lisan. Sesuai dengan skema logis yang terkandung dalam mitos dan memungkinkan kita untuk mengintegrasikan semua masalah untuk dipecahkan ke dalam konstruksi sistematis.

Pengertian Mitos Menurut Bascom

Yang dimaksud dengan mitos menurut Bascom mitos adalah cerita prosa orang-orang yang pernah ditokohi di masa lalu dari para dewa atau dewa di dunia lain (surga) dan dari penguasa sejarah atau pengikutnya yang dianggap benar-benar terjadi dan terkait dengan penampilan tempat, alam semesta, dewa, adat istiadat dan kisah sakral.

Pengertian Mitos Menurut Harsojo

Mitos adalah sistem kepercayaan sekelompok orang yang berdiri di atas fondasi yang menjelaskan kisah-kisah sakral tentang masa lalu.

Pengertian Mitos Menurut William A. Haviland

Menurut William A. Haviland mitos adalah cerita tentang peristiwa semi sejarah yang menjelaskan masalah akhir kehidupan manusia.

Karakteristik Mitos

Secara umum, karakteristik mitos meliputi:

Distorsif

Distortif yaitu hubungan antara bentuk dan konsep adalah distorsi dan deformasi. Memahami bentuk-bentuk yang menyimpang sehingga makna sistem peringkat pertama tidak lagi berarti yang terkait dengan fakta-fakta Sebenarnya.

Intensional

Tidak ada mitos dengan sengaja. Mitos dibuat dengan sengaja, dibangun oleh budaya masyarakat dengan tujuan tertentu.

Statement of fact

Penemuan fakta berarti bahwa mitos dengan tujuan menyampaikan pesan, jadi kita dapat menerimanya sebagai kebenaran yang tidak perlu lagi dibahas. Sesuatu yang terbentuk secara alami dalam logika awam.

Motivasional

Mitos menurut barthes bentuk mitos ini mengandung motivasi. mitos itu diciptakan melalui pemilihan berbagai konsep yang mungkin didasarkan pada tingkat pertama dari sistem semioting.

Jenis-jenis Mitos

Terdapat 2 jenis mitos yaitu :

Mitos Penciptaan

Mitos penciptaan adalah mitos yang berisi peristiwa penciptaan sesuatu.

Mitos Sejarah

Mitos sejarah adalah mitos yang mengandung peristiwa yang menciptakan sistem tentang terjadinya sesuatu.

Fungsi Mitos

Berikut ini beberapa fungsi mitos dalam kehidupan sehari-hari, terdiri dari:

  1. Mengembangkan simbol-simbol yang bermakna dan Menjelaskan fenomena lingkungan yang menjadi sasarannya
  2. Sebagai panduan untuk mendukung komunitas untuk mempromosikan solidaritas sosial di antara anggota sehingga mereka dapat membedakan antara satu komunitas dengan komunitas lainnya
  3. Sebagai alat pendidikan yang paling efektif, khususnya untuk menetapkan dan menyampaikan nilai-nilai budaya, norma sosial dan kepercayaan tertentu.

Unsur intrinsik mitos

Sebuah mitos memiliki unsur intrinsik yaitu

  1. Tema
  2. Latar
  3. Alur
  4. Gaya Bahasa
  5. Sudut Pandang
  6. Penokohan
  7. Mandat

Contoh Mitos

Berikut adalah beberapa contoh mitos yang berkembang dan dipercaya disekitar kita. yaitu :

  1. Mitos tentang menabrak kucing
  2. Mitos Bersiul di malam hari
  3. Mitos legenda nawang wulan
  4. mitos takuban perahu
  5. mitos malin kundang

Demikianlah pembahasan tentang pengertian mitos semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya >>>