Metamorfosis Katak

Diposting pada

Metamorfosis Katak – Katak merupakan salah satu hewan yang mengalami proses metamorfosis, metamorfosis katak merupakan proses pengembangan pada siklus hidup katak, yang berubah seiring waktu. Pertumbuhan dan perkembangannya adalah pembentukan organ katak.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang perkembangbiakan katak yang juga disebut sebagai metamorfosis sempurna karena mengalami tahap pupa atau kecebong. Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Penjelasan Metamorfosis Katak

Metamorfosis katak adalah perkembangan daur ulang katak yang berubah dari waktu ke waktu seiring perkembangannya. Perkembangan dan pertumbuhannya adalah pembentukan organ katak.

Katak dapat hidup di air maupun didarat. Katak bertelur di air dan hampir 80% dari proses pertumbuhan dari katak telur menjadi katak dewasa di dalam air. Hewan ini disebut amfibi karena dapat hidup di dua daerah. Di musim hujan, katak bisa tumbuh lebih cepat dari biasanya. Jika ada kolam, katak akan tinggal di sana dan membuat suara katak yang menjerit.

Menurut sebuah penelitian, sekitar 4.750 spesies atau jenis katak ditemukan di bumi ini. Diferensiasi katak adalah warna kulit, tempat katak hidup, bentuk tubuh dan ada tidaknya racun dalam membran kulit. Beberapa jenis racun katak dapat membunuh manusia dan bahkan pada hewan besar seperti gajah.

Tahap Metamorfosis Katak

Metamorfosis-Katak

Dalam metamorfosis pada katak, terdapat 4 tahapan yang dilalui dari awal hingga menjadi katak dewasa, yaitu telur menjadi kecebong menjadi katak muda dan akhirnya menjadi katak dewasa, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya :

Tahap Telur Katak

Seperti halnya semua makhluk hidup yang melakukan metamorfosis tahap pertama metamorfosis yaitu telur. Selama musim pembuahan, katak betina melepaskan banyak telur di dalam air. Kemudian katak jantan membuahi telur. Hal ini disebut fertilisasi eksternal (pembuahan eksternal).

Fertilisasi eksternal sangat rentan terhadap kegagalan. Banyak faktor yang mempengaruhi seperti keberadaan arus air yang kuat, keberadaan predator dalam bentuk ikan serta gangguan lainnya. Telur katak sering terjadi dalam kelompok, mereka dihubungkan oleh semacam jeli yang melindungi telur.

Pada jenis katak pohon, mereka biasanya bertelur di cabang. Bentuk luar telurnya menyerupai busa untuk melindungi telur dari panasnya sinar matahari. Telur katak menetas menjadi larva setelah 25 hari.

Tahap Kecebong Katak

Berudu atau kecebong katak berada di sekitar telur untuk memakan sisa-sisa dari cangkang sampai fungsi tubuh mereka tumbuh dan sudah dapat untuk menemukan makanan mereka sendiri. Berudu atau kecebong katak membentuk mulut, ekor dan organ insang sampai tubuh mereka sepenuhnya berkembang.

Pada usia satu minggu, organ berudu atau kecebong sepenuhnya terbentuk dan siap untuk menemukan makanan diri mereka sendiri. Insang kecebong awalnya berada di permukaan kulitnya. Ketika berudu atau kecebong mencapai usia 4 minggu, insang tertutup oleh kulit sehingga insang masuk ke dalam tubuh dan perlahan-lahan menghilang.

Selama proses metamorfosis katak, berudu atau kecebong akan terus mengalami perubahan fungsi fisiologis hewan dan bentuk morfologisnya selama enam minggu. Kaki belakang mulai tumbuh, diikuti oleh pertumbuhan kaki depan. Demikian juga, organ-organ internal paru-paru mulai berkembang sebelum akhirnya memasuki tahap berikutnya. Katak muda

Selama periode dari enam minggu hingga sembilan minggu, bentuk kepala dan tubuh kecebong mulai memanjang. Makanan berudu atau kecebong ditemukan dalam bentuk serangga mati di dalam air saat itu.

Tahap Katak Muda

Pada tahap ini dimulai setelah dua belas minggu. Setelah proses pertumbuhan, kecebong memulai tahap pertumbuhan. Perubahan bentuk termasuk insang yang hilang, ekor katak yang pendek, perluasan mulut dan fungsi paru-paru yang baru terbentuk.

Katak muda telah memulai aktivitasnya di darat dan meninggalkan air. Selain itu, sistem pencernaan katak disesuaikan sebagai pemakan serangga (karnivora). Pada tahap ini, hanya perlu sekitar 3 minggu untuk katak muda menjadi katak dewasa (imago) sepenuhnya.

Tahap Katak Dewasa

Pada minggu ke 16. Katak sepenuhnya telah terbentuk smpurna, katak dewasa tidak lagi memiliki insang dan berubah menjadi paru-paru. Bentuknya sangat berbeda dengan kecebong atau berudu. katak dewasa sudah tidak memiliki ekor lagi.

Katak dewasa memiliki kaki yang kuat dan jaringan di antara setiap jari. Katak dewasa tidak lagi hidup di air. Katak dewasa hanya akan masuk ke air selama pembuahan. Dan kemudian proses daur ulang katak akan terjadi lagi.

Ciri-ciri Katak

  1. Katak berkembang biak dengan bertelur.
  2. Termasuk hewan amphibi (hidup di air dan didarat)
  3. Katak muda hidup di air dan bernafas dengan insang.
  4. Katak bergerak dengan keempat kakinya.
  5. Katak dewasa hidup di darat dan bernafas dengan paru-parunya.
  6. Katak melewati metamorfosis telur berudu-katak kecil-katak dewasa.
  7. Katak memiliki kulit berdasarkan karena mereka membantu bernafas.
  8. Katak juga memiliki selaput di jari kakinya yang digunakan untuk berenang.

Demikianlah pembahasan tentang metamorfosis katak semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Posting terkait: