Metamorfosis Semut

Diposting pada

Metamorfosis Semut – Sebelum membahas metamorfosis pada semut, tidak ada salahnya untuk mengetahui definisi metamorfosis. Seperti diketahui, metamorfosis adalah tahap perkembangan hewan di mana baik bentuk fisik maupun bentuk tubuhnya berubah.

Metamorfosis umumnya terdiri dari beberapa tahap, dari tahap telur hingga menetas menjadi makhluk dewasa. Perubahan tubuh yang sering terjadi meliputi perubahan anatomi, morfologi dan fisiologis.

Harap dicatat bahwa jenis hewan yang mengalami metamorfosis berasal dari kelompok amfibi serangga, krustasea, moluskadan banyak lagi. Secara umum, metamorfosis itu sendiri dibagi menjadi dua bagian, metamorfosis sempurna dan metamorfologi tidak sempurna.

Kali ini kita akan membahas tahapan metamorfosis semut, yang mungkin tidak anda ketahui. Berikut ini adalah beberapa tahapan yang terjadi dalam metamorfosis semut.

Pengertian Metamorfologi Semut

Semut merupakan serangga yang mempunyai bentuk kecil, walaupun begitu warnanya cukup rumit. Makhluk kecil ini telah mengalami banyak perkembangan dan perubahan selama masa hidupnya, dari telur hingga menjadi semut dewasa.

Semut mengalami metamorfosis sempurna, karena mereka memiliki 4 tahap yaitu mulai dengan telur, larva, kepompong/pupa dan dewasa/imago. Dari keempat tahapan ini membutuhkan waktu antara 5 – 10 minggu.

Tahap Metamorfosis Semut

Metamorfosis-Semut

Tahap Telur

Pada tahap awal semut dimulai dengan telur. Jika sel telur telah dibuahi, keturunannya merupakan diploid betina, jika tidak mereka akan menjadi haploid jantan.

Tahap Larva

Setelah melewati tahap telur kemudian menetas menjadi larva, telur kecil menetas tanpa mata dan kaki menjadi larva seperti cacing.

Larva semut kebanyakan jarang bergerak dan dirawat serta diberi makan oleh semut pekerja.

Makanan diberikan kepada larva yang disebut trophallaxis yaitu suatu proses unik di mana seekor semut memuntahkan makanan cair dalam mulutnya. Semut dewasa juga melakukan hal ini.

Larva terutama pada tahap selanjutnya juga dapat menerima makanan padat seperti potongan mangsa, telur trofik, dan biji yang diberikan oleh semut pekerja.

Larva tumbuh melalui serangkaian 4 sampai 5 tahap pergantian kulit dan memasuki tahap kepompong.

Pupa

Jika larva sudah besar, metamorfosis akan menjadi pupa. pupa itu terlihat seperti semut imago yang membedakan adalah sayap dan antenanya yang terlipat ke tubuhnya.

Pada beberapa jenis, pupa ditutupi oleh kepompong yang melindunginya.

pupa belum ditemukan di spesies lain. Selama waktu ini, pupa berubah menjadi semut dewasa.

Semut Imago (dewasa)

Setelah semua tahapan diatas dilalui, pupa akhirnya muncul sebagai semut dewasa. Semut dewasa dapat menjadi salah satu dari tiga kasta: ratu, pekerja, atau pekerja wanita.

Demikianlah pembahasan tentang metamorfosis semut semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Posting terkait: