Pengertian Media Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Media Menurut Para Ahli – Media adalah bentuk jamak dari medium yang muncul dan bahasa latin medius yang berarti tengah. Dan sementara dalam bahasa indonesia kata medium dapat diartikan sebagai antara atau medium memahami media dapat mengarah pada sesuatu yang mengirim atau mentransmisikan informasi pesan antara narasumber pemberi pesan dan penerima pesan. Media dapat diartikan sebagai bentuk dan saluran yang dapat digunakan untuk menyajikan informasi.

Dalam hal ini, media pertama kali dikenal sebagai alat bantu pengajaran kemudian sebagai alat bantu audiovisual alat bantu dengar yang selanjutnya disebut sebagai bahan ajar bahan belajar dan saat ini istilah media yang digunakan dalam dunia pendidikan nasional adalah media pembelajaran atau media pendidikan.

Pengertian Media Menurut Para Ahli

Pengertian Media Menurut Para Ahli

Wilbur Schramm

Menurut wilbur schramm pengertian media merupakan teknologi messenger. Teknologi ini digunakan untuk tujuan pendidikan.

Menurut Cangara

Menurut Cangara Pengertian media merupakan sarana atau alat untuk mengkomunikasikan pesan dari komunikator kepada publik.

Ahmad Rohani MH.M.Pd

Pengertian media merupakan segala sesuatu yang dapat dipahami oleh indera manusia dan berfungsi sebagai alat, sarana atau alat untuk proses komunikasi (proses belajar mengajar).

Ali

Menurut ali pengertian media adalah mengandung berbagai jenis komponen di lingkungan siswa yang dapat mendorong siswa untuk belajar.

Menurut Bovee

Menurut bovee pengertian media merupakan alat yang memiliki fungsi menyampaikan pesan.

Syaiful Bahri Djamarah

Menurut syaiful bahri djamarah pengertian media merupakan alat yang dapat digunakan untuk menyalurkan berita untuk mencapai tujuan tertentu.

Menurut Sadiman

Media merup0akan semua yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan kepada penerima pesan sehingga perasaan, pemikiran, keprihatinan dan minat siswa dapat terstimulasi sehingga proses pembelajaran menjadi efisien dan sesuai dengan harapan.

Association of Education and Communication Technology (AECT)

Pengertian media merupakan semua bentuk dan saluran yang digunakan untuk mengirimkan informasi dan pesan.

Arsyad

Media dapat diartikan sebagai perantara atau kurir dari pengirim pesan kepada penerima. Media bisa dalam bentuk bahan (perangkat keras) dan / atau alat (perangkat lunak).

Briggs

Menurut briggs pengertian media merupakan semua alat fisik yang dapat menyajikan pesan dan mendorong siswa untuk belajar.

Menurut Criticos

Menurut criticos pengertian media merupakan komponen komunikasi yaitu sebagai duta besar dari komunikator ke komunikator.

Blake dan Horalsen

Pengertian blake dan horalsen pengertian media merupakan saluran komunikasi. Digunakan untuk mengirimkan pesan antara penyedia pesan (sumber) dan penerima pesan.

Gagne

Menurut gagne pengertian media merupakan alat yang mendorong siswa untuk mengambil bagian dalam proses pembelajaran.

Menurut Degeng

Pengertian media merupakan komponen strategi penyampaian yang dapat dimuat dengan pesan yang disampaikan kepada peserta didik dalam bentuk bahan, alat dan orang.

Santoso S. Hamijaya

Santoso S. Hamijaya menjelaskan bahwa media merupakan semua bentuk perantara yang digunakan oleh seseorang untuk menyebarkan ide sehingga ide mencapai penerima.

Purnamawati dan Eldarni

Pengertian media merupakan semua yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dari pengirim ke penerima sehingga perasaan, pikiran, minat dan keprihatinan siswa terstimulasi sehingga proses pembelajaran berlangsung.

Gerlach dan Ely

Pengertian media adalah peristiwa/ orang / bahan yang dapat menciptakan kondisi di mana siswa dapat memperoleh pengetahuan / keterampilan / sikap baru. Media termasuk buku pelajaran, guru, teman sebaya dan lingkungan di dalam dan di luar sekolah.

Miarso

Pengertian media berisi segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan untuk merangsang pikiran, perhatian, perasaan dan kemauan siswa untuk belajar.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

KBBI menjelaskan bahwa media pendidikan merupakan bahan dan alat yang digunakan dalam proses belajar mengajar.

Robert Heinich Dkk

Nyatakan definisi medium sebagai sesuatu yang berisi informasi antara informasi penerima (receiver) dan sumber (source).

Demikianlah pembahasan tentang pengertian media menurut para ahli semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya >>>