Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Akuntansi – Hampir setiap orang di dunia bisnis perlu tahu apa itu akuntansi. Namun tidak sedikit pengetahuan di antara mereka yang memandang akuntansi hanya sebagai ilmu penghitungan uang.

Apakah benar hal itu merupakan masalahnya? Benar bahwa akuntansi digunakan di bidang yang berkaitan dengan uang. Namun, tidak sepenuhnya benar bahwa akuntansi ditafsirkan sebagai ilmu hanya menghitung uang. Apa sebenarnya akuntansi itu? Apa pemahaman akuntansi menurut pendapat para ahli? Selanjutnya, kami akan membahasnya secara umum dan dari para ahli.

Pengertian Akuntansi Secara Umum

Pengertian-Akuntansi

Akuntansi adalah proses pengklasifikasian, pencatatan, pemrosesan, peringkasan dan penyajian data, transaksi, dan peristiwa yang berkaitan pada keuangan sehingga bisa digunakan oleh masyarakat yang mengaksesnya dengan mudah untuk pengambilan keputusan dan keperluan lain.

Pengertian akuntansi adalah asal kata dari accounting yang berarti bahwa terjemahan bahasa indonesia mempertanggungjawabkan atau menghitung. Akuntansi dipakai di hampir seluruh kegiatan bisnis di seluruh dunia dalam membuat keputusan. Oleh karena itu, ini disebut bahasa bisnis.

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Arnold

Ialah sistem yang memberikan informasi kepada siapa saja yang harus membuat keputusan dan mengendalikan penerapan keputusan itu. Niat Arnold, akuntansi merupakan sistem penyampaian informasi keuangan yang berguna bagi siapa saja yang tertarik dalam mengambil keputusan. Setelah itu, Pihak juga bertanggung jawab untuk mengendalikan pengambilan keputusan dan mengimplementasikan keputusan.

Smith Skousen

Adalah kegiatan layanan yang dimaksudkan untuk memberikan informasi kuantitatif terhadap yang memiliki sifat untuk membuat keputusan ekonomi dengan membuat keputusan yang merupakan pilihan logis di antara berbagai langkah alternatif.

Zaki Baridwan

Akuntansi adalah kegiatan layanan yang digunakan untuk menyediakan berbagai data kuantitatif, terutama data keuangan yang berasal dari upaya ekonomi yang dapat digunakan dalam keputusan ekonomi untuk menemukan alternatif dalam suatu situasi.

Menurut AICPA

Merupakan seni penggolongan, pencatatan dan meringkas uang, transaksi, dan peristiwa yang biasanya bersifat keuangan dan bagaimana hasilnya ditafsirkan. dan sampai batas tertentu merangkum langkah-langkah pertukaran, fiskal dan peluang yang umumnya bersifat moneter serta menggambarkan hasil.

Charles T. Horngren

Adalah sistem informasi yang mengukur bisnis, memproses data dalam laporan dan mengkomunikasikan hasilnya kepada pengambil keputusan.

Menurut AAA

Adalah proses mengidentifikasi, melaporkan dan mengukut dari berbagai informasi tentang ekonomi untuk mendapatkan hasil dari berbagai evaluasi serta keputusan yang tegas serta jelas bagi semua orang yang mengakses informasi tersebut.

Sophar Lumbantoruan

Adalah alat yang digunakan sebagai bahasa bisnis dan di mana informasi yang dikirimkan hanya dapat dipahami jika mekanisme akuntansi dipahami.

Menurut APBS

Adalah kegiatan pelayanan. Hal ini bertindak sebagai penyedia informasi kuantitatif, sering dalam hal ruang, tentang entitas ekonomi yang akan digunakan dalam memilih keputusan ekonomi dasar di antara beberapa alternatif.

Gerhard G. Mueller, Frederich D.S. Choi

Adalah proses pengukuran, mengomunikasikan dan mengidentifikasikan, informasi bisnis sehingga pengguna dapat membuat penilaian dan keputusan.

Financial Accounting Standards Board (FASB)

Pengertian akuntansi merupakan aktivitas layanan yang digunakan untuk memberikan informasi kuantitatif yang kemudian digunakan untuk keputusan ekonomi. Badan ini menerbitkan pernyataan dan kebijakan akuntansi yang diterapkan di seluruh dunia.

Suparwoto L

Pengertian akuntansi adalah sistem atau teknik yang digunakan dalam mengukur serta mengelola keuangan dan untuk mempresentasikan hasil berupa hasil informasi kepada pihak internal dan eksternal kepada perusahaan. Pihak eksternal termasuk kreditor, investor, serikat kerja, pemerintah dan lainnya.

Warren dkk

Catatan bahwa akuntansi umumnya dapat didefinisikan sebagai sistem informasi yang melaporkan kepada pihak yang berkepentingan tentang kegiatan ekonomi dan kondisi bisnis.

Littleton

Menurut Littleton istilah akuntansi adalah kegiatan yang bertujuan untuk melakukan perhitungan rutin antara biaya (usaha) dan hasil (kesuksesan). Definisi ini adalah inti dari teori akuntansi dan ukuran yang digunakan sebagai referensi untuk mempelajari akuntansi.

Rudianto

Pengertian akuntansi merupakan informasi sistem yang dapat menghasilkan laporan dari berbagai pihak yang memiliki kepentingan terkait dengan kegiatan ekonomi dan kondisi unit bisnis.

M. Gede

Pengertian akuntansi merupakan seni pencatatan dan ilmu terapan yang dilakukan terus menerus sesuai dengan sistem dan aturan, pengolahan dan analisis catatan-catatan ini sehingga laporan keuangan dibuat sebagai pertanggungjawaban manajemen perusahaan dan lembaga untuk kinerjanya.

Soemarsono

Pelaporan keuangan mengidentifikasi, melaporkan dan mengukur informasi ekonomi untuk dapat mereka yang menggunakannya untuk membuat keputusan dan penilaian yang jelas serta eksplisit.

S. Munawir

Pengertian akuntansi adalah seni daripada penggolongan, mencatat, dan meringkas kejadian dan peristiwa dan setidaknya sifat keuangan menggunakan cara tercepat dan sebagai instruksi atau dinyatakan dalam uang dan interpretasi hal yang dihasilkan dari itu.

Keputusan Menteri Keuangan

Pengertian akuntansi merupakan proses menganalisa, mengumpulkan, mengklasifikasikan, merangkum, mencatat dan melaporkan transaksi keuangan suatu entitas ekonomi untuk memberikan informasi keuangan kepada mereka. siapa yang butuh informasi ini yang berguna untuk pengambilan keputusan.

Henry Simamora

Pengertian akuntansi merupakan proses mengukur aktivitas ekonomi perusahaan dalam satuan moneter dan mengkomunikasikan hasil untuk kepentingan berbagai pihak.

C. West Churman

Pengertian akuntansi adalah sebagai pengalaman tertulis yang berguna untuk pengambilan keputusan dan pengalaman yang berharga untuk pengambilan keputusan.

Menurut Accounting Principle Board

Menurut Dewan Prinsip Akuntansi (APB), konsep akuntansi adalah kegiatan layanan yang dimaksudkan untuk memberikan informasi kuantitatif, terutama yang memiliki sifat membuat keputusan ekonomi untuk membuat keputusan yang merupakan pilihan logis di antara berbagai langkah alternatif.

Abu Bakar A & Wibowo

Pengertian akuntansi adalah proses untuk mengidentifikasi, korespondensi dan mencatat pasar keuangan berdasarkan elemen atau organisasi.

Mulyadi

Pengertian akuntansi adalah bertindak sebagai alat untuk menyajikan dan mencatat laporan keuangan dalam memudahkan mengelola perusahaan dalam manajemen.

Sofyan Harahap

Pengertian akuntansi adalah proses penyampaikan, mengukur dan mengidentifikasi informasi bisnis sebagai informasi dengan maksud untuk mempertimbangkan alternatif lain untuk menarik kesimpulan dari pengguna.

Zaki Baridwan

Pengertian akuntansi adalah kegiatan layanan yang tugasnya adalah menyediakan data kuantitatif khususnya data keuangan dari perusahaan komersial yang dapat digunakan dalam keputusan ekonomi untuk menemukan alternatif untuk suatu situasi.

Kohler’s Dictionary

Kamus Kohler untuk akuntan adalah kamus khusus untuk akuntan. Kamus ini disusun oleh Eric Louis Kohler pada tahun 1892-1976 dan pertama kali diterbitkan pada tahun 1952. Dalam kamus ini, akuntansi memiliki pemahaman tentang seni merekam proses transaksi keuangan.

Paul Grady

Pengertian akuntansi adalah bagian dari fungsi ilmiah dan organisasi dalam cara yang sistematis, original dan autentik untuk merekam, mengklasifikasikan, mengolah, menyiapkan, menganalisis, menciptakan ikhtiar semua transaksi dan peristiwa serta ciri keuangan yang terdapat dalam pengoperasian perusahaan akuntansi yang ditafsirkan untuk menyediakan informasi bermakna yang dibutuhkan manajemen untuk pertanggungjawaban dan laporan atas kepercayaan pada nya.

Sophar Lumbantoruan

Pengertian Akuntansi merupakan bahasa bisnis yang digunakan sebagai alat dan di mana informasi yang dikirimkan hanya dapat dimengerti jika kinerja akuntansi dipahami.

Kieso

Menurut kieso pengertian akuntansi adalah identifikasi, pengkomunikasian dan mengukur informasi keuangan tentang entitas ekonomi kepada pengguna yang tertarik.

Menurut KBBI

Pengertian akuntansi adalah praktik perakunan dan teori, termasuk prinsip, tanggung jawab, standar, kebiasaan (kelaziman) dan semua kegiatan mereka Masalah akuntan seni mencatat serta menyingkat transaksi keuangan serta menafsirkan efek transaksi pada entitas ekonomi.

Charles Thomas Horngren dan Walter T. Harrison

Pengertian akuntansi merupakan sistem informasi yang mengukur kegiatan bisnis, memproses data menjadi laporan dan mengkomunikasikan hasilnya kepada pengambil keputusan.

Encylopedia Britannica

Pengertian akuntansi adalah istilah luas yang digunakan untuk menggambarkan teori tertentu, asumsi perilaku, berbagai aturan pengukuran dan proses untuk mengumpulkan dan melaporkan informasi yang berguna tentang tujuan dan kegiatan organisasi.

Hans Kartikahadi

Pengertian akuntansi merupakan sistem informasi dalam keuangan dan memiliki tujuan untuk membuat serta memberikan informasi yang akurat untuk kepentingan berbagai pihak.

Wibowo

Pengertian akuntansi adalah proses untuk mengidentifikasi, korespondensi dan pencatatan pertukaran keuangan suatu elemen atau organisasi. Hal ini berarti bahwa akuntansi adalah sistem informasi yang mengakui dan mencatat transaksi keuangan dan kemudian menampilkannya dalam laporan keuangan tahunan.

Riyono dan Sugiri

Pengertian akuntansi adalah kegiatan pada layanan yang berfungsi untuk memberikan sebuah informasi kuantitatif, umumnya yang bersangkutan dengan keuangan. Diharapkan informasi tersebut mengalir ke dalam pengambilan keputusan rasional dan ekonomi.

Firdaus

Firdaus A. Dunia mengatakan bahwa akuntansi merupakan sistem informasi menyediakan berbagai pengguna atau membuat keputusan dengan laporan tentang kegiatan bisnis suatu entitas ekonomi.

Thomas Sumarsan

Pengertian akuntansi adalah seni mencatat, mengindentifikasi, mengumpulkan dan mengklasifikasikan transaksi keuangan dan peristiwa untuk membuat informasi yaitu laporan keuangan yang dapat digunakan oleh pihak yang berkepentingan.

Winwin Yadianti, Ilham Wahyudin

Pengertian akuntansi adalah sistem pemberi informasi yang mengkomunikasikan, mengidentifikasi dan mencatat peristiwa ekonomi dalam suatu organisasi dan mengkomunikasikannya untuk pihak yang mempunyai kepentingan.

Menurut Sudibyo

Pengertian akuntansi adalah teknologi, jadi itu juga harus diperlakukan sebagai teknologi. Teknologi digunakan untuk mengendalikan berbagai variabel alam dan sosial untuk mencapai kehidupan yang lebih baik.

Jika akuntansi ingin menjadi teori, akuntansi harus bebas dari nilai-nilai sosial dan tidak normatif. Teori seharusnya tidak secara langsung mempengaruhi aplikasi atau praktik akuntansi. Karena teori tidak mengontrol variabel berteori.

Horngern

Pengertian akuntansi merupakan proses mengumpulkan, mengukur dan memberikan informasi ekonomi sehingga dapat berfungsi sebagai dasar untuk pengambilan keputusan atau kebijakan.

Sunyanto

Pengertian akuntansi adalah proses mengidentifikasi, pengumpulan, mengklasifikasikan, mencatat, meringkas dan menyajikan / melaporkan transaksi keuangan dan menafsirkan hasil untuk pengambilan keputusan.

Widjaya Tunggal

Pengertian akuntansi sering diklaim untuk bahasa bisnis yang bertujuan untuk menyajikan informasi yang bisa digunakan untuk sebuah keputusan. Informasinya merupakan data yang diterima / disajikan oleh perusahaan dinyatakan dalam uang dan bersifat finansial.

Suwardjono

Pengertian akuntansi adalah seni merekam, mengklasifikasikan, merangkum, dan menginterpretasikan hasil dari proses, peristiwa dan transaksi yang efisien dengan moneter dan finansial.

Wilopo

Pengertian akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan mereka yang menggunakan informasi tersebut untuk membuat penilaian dan keputusan yang jelas dan eksplisit.

Menurut Martani

Akuntansi keuangan diarahkan untuk pelaporan oleh pihak eksternal. Berbagai macam pihak luar untuk tujuan spesifik dengan setiap pihak membuat pembuat gelar menggunakan prinsip serta asumsi dalam menciptakan gelar.

Wikipedia

Merupakan terjemahan atau kepastian, pengukuran informasi yang membantu investor, otoritas pajak, manajer serta pembuat keputusan yang lainnya mengalokasikan sumber daya pengambilan keputusan di lembaga, perusahaan dan organisasi pemerintah.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian akuntansi berdasarkan para ahli semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga:

Posting terkait: