Pengertian Kain Perca

Diposting pada

Pengertian Kain Perca – Kain perca tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia. Kain perca ini dapat dibuat dari bahan apa pun karena kain perca ini terdiri dari sisa penggunaan kain pakaian yang tidak digunakan.

Untuk pabrik pakaian atau konveksi, kain perca adalah jenis limbah yang perlu dibuang. Jumlah yang besar membuat pabrik sulit memprosesnya. Namun, bagi sebagian orang, kain perca adalah barang ekonomi yang dapat memberi Anda keuntungan besar.

Kain perca dapat digunakan lagi untuk berbagai kerajinan tangan seperti sarung bantal, telapak meja, penutup kulkas, benda sehari-hari, dll. Kain perca bahkan memiliki motif dan keunikan tersendiri yang dipadukan dengan bahan lain. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya :

Pengertian Kain Perca

Pengertian-Kain-Perca

Kain perca adalah kain yang terbuat dari potongan kain besar. Kain perca dibuat dari hasil sisa potongan kain besar. Bahan kain perca dapat dibuat dari apa saja, tergantung pada kain besar dari mana ia dibuat.

Untuk digunakan kembali, Anda perlu memahami teknik menjahit tambal sulam yang benar. Anda bisa menggunakan mesin jahit atau menjahit dengan tangan.

Jika Anda dapat mempelajari teknik menjahit kain perca yang tepat, Anda dapat membuat berbagai kerajinan yang menarik dan unik. Beberapa kerajinan ini bisa menarik perhatian pembeli.

Dengan cara ini, tidak ada lagi limbah kain yang dapat mencemari lingkungan karena ia telah diolah menjadi produk lain yang dapat berguna untuk kebutuhan sehari-hari.

Alat Jahit Kain Perca

Berikut alat untuk membuat rajutan dari kain perca :

Mesin

  1. Mesin jahit : untuk membuat bahan kain perca yang sudah di pola.
  2. Mesin jahit hightspith : Membuat jahitan lurus dengan kecepan tinggi.
  3. Mesin jahit manual : Untuk membuat jahitan lurus biasa.
  4. Mesin Obras : digunakan untuk menjahit pinggiran kain.
  5. Mesin zigzag : mesin multifungsi dan digunakan untuk membuat hiasan dan lubang kancing serta lainnya.

Jarum

  1. Jarum pentul : digunakan untuk membantu merapikan bahan kain yang akan dijahit.
  2. Jarum tangan : untuk menjahit dengan cara manual.
  3. Jarum mesin : digunakan untuk menjahit menggunakan mesin.

Karbon : alat bantu dipola untuk kertas.

Radal : Pemberi tanda untuk jahitan.

Tuduk Jari : digunakan untuk melindungi tangan ketika menjahit.

Meteran

Gunting

Ciri-ciri Kain Perca

Kain perca memiliki karakteristik sendiri dan ciri khusus yang membedakannya dari bahan kain lainnya. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat beberapa ciri-ciri kain perca.

Ukuran Kecil

Dibuat dari potongan-potongan kain yang tersisa, kain perca berukuran kecil. Kondisi ini membuat kain ini lebih mudah untuk diproses. Anda bisa kreatif dan menggabungkan jenis kain ini untuk mendapatkan motif yang lebih menarik.

Berbentuk Potongan

Kain perca akan berupa potongan-potongan kain. Jadi, Anda harus menggabungkan bagian-bagian ini untuk menjadi kerajinan yang unik.

Memiliki motif yang tidak beraturan

Di pabrik konveksi Anda biasanya akan menemukan jenis kain ini dengan motif yang berbeda. Untuk melakukan ini, Anda perlu memahami teknik dan cara yang tepat untuk menjadikannya kerajinan yang memiliki manfaat lain.

Ukurannya tidak sama

Ukuran kain ini biasanya tidak merata dan dapat bervariasi. hal ini karena kain perca terbuat dari sisa kain yang tidak digunakan. Sisa garis potongan tidak selalu sesuai dan dapat menyebabkan pola kain tidak rata.

Manfaat Kain Perca

Bahan jenis kain ini yang bisa Anda gunakan untuk peluang bisnis bermodal rendah, tetapi peluang bisnisnya menjanjikan. Menjalankan bisnis tidaklah sulit dan Anda bisa menyelesaikannya dengan cepat. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda persiapkan untuk menjalankan bisnis kerajinan jenis kain ini.

Asah pengetahuan tentang teknik jahit kain perca

Langkah pertama adalah meningkatkan teknik pembuatan dengan benar dan tepat. Dengan cara ini Anda dapat mengembangkan kreasi sesuai dengan teknik yang sesuai. Dengan cara ini, Anda dapat memproduksi produk yang unik dan mempunyai nilai jual tinggi.

Temukan Ide Kerajinan

Untuk membuat kerajinan dengan harga jual tinggi, Anda harus terlebih dahulu menemukan ide. Berbagai kerajinan tangan seperti sprei, kalung, tas, karpe dan lain-lain yang bisa dibuat dari kain ini. Untuk lebih fokus pada suatu produk, Anda perlu menentukan jenis kerajinan yang akan dibuat.

Siapkan Peralatan yang Diperlukan

Tentu saja, untuk mewujudkan ide tersebut Anda memerlukan beberapa perangkat pendukung seperti mesin jahit dan sebagainya. Anda perlu menyiapkan alat ini agar anda dapat segera menghasilkan barang. Gunakan jumlah perangkat sesuai dengan jumlah produksi target Anda.

Membangun Kerja Sama dengan produsen Kain Perca

Untuk mendapatkan pabrikan kain ini yang stabil dan juga mendapatkan harga murah, Anda harus bekerja dengan pabrikan kain ini seperti pusat konversi, dll. Dengan cara ini Anda mendapatkan bahan baku terpenting untuk menjalankan perusahaan anda secara teratur dan kualitatif.

Kelebihan Kain Perca

Jenis kain ini tidak lagi menjadi bahan yang tidak berguna akhir-akhir ini, tetapi dapat mempunyai berbagai kelebihan. Berikut adalah beberapa kelebihannya.

Mengurangi limbah pabrik kain

Pabrik konveksi kain pasti akan menggunakan bahan untuk membuat pakaian. Untuk mendapatkan potongan yang tepat, beberapa bagian kain dibuang.

Hal ini bisa menyebabkan pemborosan. Namun ketika diproses dengan benar kerajinan jenis kain ini dapat mengurangi limbah dan lebih efektif dapat mendaur ulang produk jadi.

Mudah Didapat

Anda dapat dengan mudah mendapatkan kain ini dari berbagai penjahit atau pusat konveksi. Anda akan melihat kain ini yang dikumpulkan dalam sebuah wadah.

Anda bisa membelinya untuk digunakan sebagai bahan kerajinan. Biasanya jenis kain ini dijual dengan harga murah karena kain perca sebenarnya terbuat dari sisa-sisa kain yang digunakan.

Dapat digunakan sebagai peluang bisnis

Mungkin jenis kain ini awalnya tidak berguna dan tidak bisa lagi digunakan. Tetapi jika Anda berpikir kembali, kain tampaknya dapat digunakan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Anda tidak perlu menggunakan banyak modal untuk menjalankan bisnis ini karena bahan utamanya memiliki harga yang sangat ekonomis.

Kekurangan Kain Perca

Meskipun sering dimanfaatkan, jenis kain ini ternyata mempunyai beberapa kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh kain ini.

TamDibutuhkan waktu yang lama untuk pengolahannya

Untuk mengubah jenis kain ini menjadi kerajinan, Anda membutuhkan pengetahuan yang cukup untuk mengelolanya dengan baik.Untuk alasan ini, tentu saja, Anda perlu lebih banyak waktu untuk belajar dan kemudian berlatih lagi.

Jika Anda menguasainya dengan benar, Anda dapat membuat produk yang bermanfaat.

Produktivitas Rendah

Bisnis kain ini rendah dalam produktivitas karena butuh lebih banyak waktu untuk melakukan kerajinan dari kain ini.

Sehingga Anda hanya bisa menjual beberapa jenis kerajinan dalam periode tertentu. Meskipun memiliki produktivitas rendah, Anda bisa menggunakan sistem PO untuk membuat kerajinannya.

Harga Kain Perca

Harga jenis kain ini yang dijual di pasaran tentu tergantung bahannya. Kain ini dapat dibuat dari bahan yang tersisa.

Namun, biasanya bahan kain ini dijual dalam kisaran harga 13.000 per kilo. Hal ini adalah harga umum dari kain perca yang dijual di pasar. Harga dapat bervariasi tergantung pada produsen yang memasok kain.

Contoh Kerajinan Kain Perca

Berikut adalah beberapa contoh kerajinan yang dihasilkan dari kain ini :

  1. Selimut
  2. Sarung Bantal
  3. Karpet
  4. Bed Cover
  5. Gorden
  6. Hiasan dinding
  7. Boneka
  8. Bandana
  9. Gantungan Kunci
  10. Tas

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian kain perca semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya :