Pengertian SPSS

Diposting pada

Pengertian SPSS – Saat ini orang terbiasa dengan perangkat elektronik yang canggih dan tidak pernah dapat dipisahkan dari kecanggihan alat-alat ini, termasuk komputer. Komputer merupakan perangkat elektronik yang diperlukan untuk karyawan, dosen, mahasiswa lainnya. Fungsi komputer bagi mahasiswa sangat berguna untuk melakukan kegiatan, misalnya tesis, dokumen akademik, tesis, dan lainnya.

Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju, aplikasi pada komputer menjadi semakin bervariasi untuk memudahkan pengguna dengan pemrosesan data yang mereka butuhkan. Salah satunya adalah aplikasi SPSS. Aplikasi SPSS adalah aplikasi pemrosesan data statistik yang menawarkan banyak keuntungan.

Pengertian SPSS

SPSS merupakan program aplikasi yang mempunyai kemampuan analisis statistik dan sistem manajemen data dalam lingkungan grafis yang menggunakan menu deskriptif dan kotak dialog sederhana untuk membuatnya mudah dipahami. Beberapa kegiatan dapat dilakukan hanya dengan menunjuk dan mengklik mouse.

SPSS banyak digunakan dalam berbagai riset pasar, kontrol kualitas dan peningkatan dan penelitian ilmiah. SPSS pertama kali muncul dengan versi PC (dapat digunakan untuk komputer desktop) dengan nama SPSS / PC + (versi DOS). Dengan popularitas sistem operasi Windows. SPSS mulai merilis versi Windows (dari versi 6.0 ke versi terbaru).

Kepanjangan SPSS

Kepanjangan SPSS pada awalnya adalah Statistikal Package for the Social Sciens di mana titik SPSS dibuat untuk tujuan pemrosesan data statistik untuk ilmu sosial. SPSS sekarang memperluas kemampuannya untuk melayani berbagai jenis pengguna, termasuk proses produksi pabrik, penelitian ilmiah, dan lainnya. Oleh karena itu, kepanjangan SPSS sekarang menjadi Statistical Product and Service Solutions.

Fungsi SPSS

SPSS sangat diminati karena mempunyai banyak sekali fitur yang memudahkan pengguna untuk menggunakannya. Beberapa struktur lain adalah sebagai berikut:

Viewer

Dengan viewer pengguna dapat dengan mudah melihat hasil pemrosesan, melihat atau menghapus bagian dari output, dan memfasilitasi distribusi hasil pemrosesan dari SPSS ke aplikasi lain.

Data Editor

Adalah jendela untuk pemrosesan data. Data editor dirancang seperti dalam aplikasi spreadsheet untuk menetapkan, menyisipkan, mengedit, dan melihat data.

High-Resolution Graphics

Dengan fungsi grafis resolusi tinggi, baik untuk melihat diagram lingkaran, grafik batang, histogram, grafik sebar, grafik 3D dan banyak lagi, SPSS tidak hanya mudah digunakan, tetapi juga memastikan bahwa pengguna merasa nyaman di tempat kerja.

Multidimensional Pivot Tables

Hasil pemrosesan data ditampilkan oleh tabel pivot multidimensi. Pengguna dapat mencari tabel dengan menentukan layer, baris dan kolom. Pengguna juga dapat dengan mudah mengatur grup data dengan membagi tabel sehingga hanya satu grup tertentu yang ditampilkan pada satu waktu.

Data Transformations

Transformasi data memberi pengguna data yang siap untuk dianalisis. Pengguna dapat dengan mudah membagi data, menggabungkan kategori, menambah, mengagregasi, menggabungkan, membagi, dan memindahkan beberapa file dan perintah lainnya.

Database Access

Pengguna program ini bisa mengambil informasi dari database menggunakan panduan basis data yang disediakan.

Online Help

SPSS menyediakan dukungan online yang tersedia untuk membantu pengguna melakukan pekerjaan mereka kapan saja. Dukungan dapat berupa instruksi operasi terperinci, yang membuatnya lebih mudah untuk menemukan prosedur yang diinginkan untuk studi kasus saat menggunakan program ini.

Electronic Distribution

Pengguna bisa mengirim laporan secara elektronik menggunakan tombol pengiriman data (email) atau mengekspor tabel dan grafik dalam mode HTML untuk mendukung distribusi via Internet dan Intranet.

Analisis Distribusi

Fitur ini disediakan saat menggunakan SPSS untuk server atau untuk aplikasi multiuser. Tujuan dari analisis ini adalah bahwa peneliti menganalisis file data yang sangat besar yang dapat dihapus langsung dari server dan memprosesnya segera tanpa harus pergi ke komputer pengguna.

Akses Data Tanpa Tempat Penyimpanan Sementara

Analisis file data yang sangat besar disimpan tanpa perlu penyimpanan sementara. Ini berbeda dari SPSS sebelum versi 11.5, di mana file data yang sangat besar dibuat sebagai file sementara.

Interface dengan Database Relasional

Fitur ini meningkatkan efisiensi dan menyederhanakan ekstraksi dan analisis data dari database relasional.

Kelebihan dan Kekurangan SPSS

Setiap perangkat lunak atau aplikasi harus memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan SPSS.

Kelebihan SPSS:

  1. Akses data dari berbagai format yang tersedia seperti lotus, data base, file teks, dll. Hal ini memungkinkan Anda untuk secara langsung menggunakan data yang ada dari berbagai format data untuk analisis.
  2. SPSS memberikan tampilan data yang lebih informatif
  3. Memberikan informasi yang lebih spesifik dengan memberikan kode alasan untuk data yang hilang
  4. Mudah digunakan, pengguna tidak harus belajar bahasa pemrograman

Kekurangan SPSS:

  1. Meskipun diklasifikasikan sebagai program intuitif, pengguna harus terlebih dahulu memahami dasar-dasar statistik untuk menjalankan program ini
  2. Pesatnya perkembangan versi terbaru dan penampilan fisik yang kadang-kadang berbeda dari versi sebelumnya, memerlukan penyesuaian untuk menjalankan program ini. Jangan lupa untuk memilih seri SPSS yang memenuhi spesifikasi komputer yang Anda gunakan.
  3. SPSS kurang relevan dengan adanya data deret waktu.
  4. Aplikasi ini adalah aplikasi berbayar, jadi kita harus mengeluarkan uang untuk membeli lisensi untuk aplikasi ini.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian SPSS semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Posting terkait: