Pengertian Konsep dan Contohnya

Diposting pada

Berpdidikan.Com – Sekarang kita akan menemukan makna sebenarnya dari konsep tersebut sehingga kita dapat memahami makna yang sebenarnya agar tidak salah dalam penafsiran suatu konsep.

Dalam sebuah rencana kita juga membutuhkan sebuah konsep. Jika rancangannya salah rencana yang dibuat akan rusak. Jadi mari kita mulai dengan membahas arti sebenarnya dari konsep tersebut.

Pengertian Konsep

Pengertian Konsep

Konsep adalah istilah yang dapat pakai untuk menggambarkan suatu objek secara abstrak untuk mengkategorikan atau mengklasifikasikan sekelompok objek dan ide atau peristiwa.

Konsep tersebut juga dapat menyatukan sejumlah objek seperti ide atau gagasan, peristiwa dan fenomena. Suatu konsep membuatnya lebih mudah untuk menyebutkan beberapa objek, ide, peristiwa atau fenomena.

Pengertian Konsep Menurut Para Ahli

Agar lebih mudah memahami pengertian konsep. Berikut adalah pengertian konsep menurut para ahli :

Menurut Soedjadi

Pengertian konsep suatu ide abstrak yang bisa digunakan untuk penggolongan atau klasifikasi yang umumnya dinyatakan dengan serangkaian kata atau istilah.

Menurut Wikipedia Indonesia

Pengertian konsep menurut wikipedia adalah entitas mental yang abstrak dan universal yang merujuk pada kategori atau kelas entitas, hubungan, atau peristiwa.

Menurut Aristoteles

Dalam bukunya “Teori konsep klasik” Aristoteles menjelaskan bahwa makna konsep adalah komponen utama dalam pembentukan pengetahuan ilmiah dan filsafat pemikiran manusia.

Menurut Bahri

Pengertian konsep tersebut merupakan satu kesatuan makna yang mewakili serangkaian objek yang memiliki kesamaan properti. rancangan itu sendiri dapat dilambangkan dalam bentuk kata (simbol bahasa).

Menurut Umar

Menurut definisi umar konsep merupakan ada beberapa teori yang berkaitan dengan suatu objek. rancangan dapat dibuat dengan mengklasifikasikan dan mengelompokkan objek tertentu dengan karakteristik yang sama atau mirip.

Ciri-ciri Konsep

Dalam suatu konsep memiliki beberapa karakteristik, apa karakteristik dari konsep tersebut, Berikut adalah ciri-ciri dari konsep :

  1. Konsep ini sifatnya abstrak dan gambaran mental dari objek, peristiwa atau kegiatan.
  2. Secara umum konsep adalah kumpulan benda yang memiliki sifat atau kualitas. Jadi apa yang termasuk dalam konsep ada beberapa hal yang bisa satukan.
  3. Konsep bersifat personal. Misalnya, pemahaman orang tentang konsep “kelompok” mungkin berbeda dari orang lain.
  4. Konsep dapat pahami dengan belajar dari pengalaman.
  5. Arti konsep bukan pertanyaan tentang makna kata seperti dalam kamus, kamus itu sendiri memiliki makna yang berbeda dan lebih luas.

Contoh Konsep

Konsep Jarak

Konsep jarak menguji jarak antara satu tempat dan tempat lainnya. rancangan jarak dapat bedakan menjadi dua bagian yaitu jarak relatif dan jarak absolut. Semakin sempit jarak antar daerah, semakin mudah komunikasi dan hubungan timbal balik. Jarak absolut diukur memakai satuan panjang dan jarak relatif dgn memperhitungkan waktu, biaya dan rute.

Lokasi

rancangan lokasi menggambarkan suatu objek atau fenomena geosfer yang terkait dengan posisinya di permukaan bumi. Konsep lokasi telah menjadi dasar geografi sejak awal pengembangan. rancangan posisi bisa dibagi menjadi dua bidang yaitu lokasi relatif dan lokasi relatif. Lokasi absolut adalah posisi pemandangan berdasarkan lintang dan bujur, sedangkan posisi relatif menunjukkan posisi sesuai dengan kondisi sekitarnya.

Konsep Pola

Penataan objek spasial di permukaan bumi diperiksa menggunakan konsep pola. Aktivitas manusia dalam penggunaan alam membentuk pola spasial tertentu. Contoh: rumah dengan motif memanjang di sepanjang garis sungai.

Konsep Keterjangkauan

Konsep aksesibilitas ekonomi menguji aksesibilitas suatu tempat. Ketersediaan infrastruktur untuk mencapai suatu daerah menentukan tingkat aksesibilitas. Daerah-daerah terpencil bisa diakses jika ada sarana dan fasilitas yang memadai.

Konsep Aglomerasi

Konsep aglomerasi terkait dengan konsentrasi atau pengelompokan suatu fenomena di permukaan bumi. Misalnya, konsentrasi area komersial di pusat kota

Konsep Morfologis

Konsep morfologi terkait dengan bentuk permukaan bumi. Misalnya, bentuk sungai yang berliku-liku akibat proses erosi dan sedimentasi yang telah terjadi pada permukaan rendah.

Konsep Keterkaitan Keruangan

Konsep koneksi spasial menunjukkan sejauh mana kebutuhan bersama antar daerah. Sebagai contoh, perbedaan potensial antar daerah mempromosikan hubungan dalam memenuhi kebutuhan material dan sosial penduduk. Contoh: di Daerah di pantai, harga ikan murah karena dekat pantai tempat banyak ikan diproduksi.

Konsep Nilai Guna

Setiap daerah mempunyai potensi yang berbeda. Keragaman potensi memiliki nilai guna yang beragam pula. Ciri-ciri populasi suatu daerah dapat menentukan nilai penggunaan suatu wilayah. Jika banyak potensi dikembangkan, maka semakin besar nilai untuk digunakan di rumah. Contoh: pantai dimanfaatkan para petani untuk mencari nafkah, tetapi pantai manfaatkan oleh wisatawan sebagai objek wisata.

Konsep Interaksi dan Interdependensi

Interaksi menunjukkan hubungan antara dua wilayah atau lebih. Saling ketergantungan adalah hubungan antar daerah yang telah mencapai tahap kecanduan. Misalnya, petani desa menghasilkan gandum, sementara kota memilih gandum dalam bahan makanan olahan.

Fungsi Konsep

Secara umum, konsep mempunyai fungsi memberikan kerangka umum atau penjelasan untuk sesuatu. Fungsi konsep adalah sebagai berikut :

Fungsi Kognitif

Kognitif merupakan kemampuan manusia untuk berpikir secara optimal sepanjang hidup mereka. Menciptakan konsep dapat meningkatkan fungsi kognitif.

Fungsi Evaluatif

Saat membuat konsep terdapat suatu proses evaluasi di mana orang menentukan nilai sesuatu.

Fungsi Operasional

Hal ini membutuhkan dasar yang kuat dalam proses implementasi. Konsep ini membuat proses operasional lebih efektif dan efisien.

Fungsi Komunikasi

Seperti dijelaskan di atas, ada proses komunikasi dalam konsep di mana akan ada penjelasan, ide, gagasan tentang suatu objek atau peristiwa.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian konsep dan contohnya semoga dapat berguna dan menambah pengetahuan anda.

Baca Juga :