Bagian-bagian Telinga dan Fungsinya

Pembahasan kali ini adalah tentang salah satu panca indra yaitu indra pendengaran yaitu telinga; bagian-bagian telinga beserta fungsinya, pengertian indra pendengaran, fungsi gendang telinga, fungsi daun telinga, fungsi bagian-bagian telinga, fungsi rumah siput pada telinga, fungsi saluran eustachius, anatomi telinga dan bagaimana proses mendengar?

Bagian-bagian telinga

Telinga merupakan tempat beradanya indra pendengaran dan keseimbangan. Telinga manusia terdiri atas tiga bagian yaitu telinga luar, telinga tengah dan telinga dalam.

a. Telinga luar

Telinga luar terdiri atas:

1) Daun telinga, berfungsi untuk menampung atau mengumpulkan gelombang bunyi.

2) Liang telinga (saluran auditori), berfungsi untuk menyalurkan gelombang bunyi ke selaput
gendang telinga. Liang telinga panjangnya kurang lebih 2,5 sentimeter.

Di sepanjang dinding liang telinga terdapat rambut halus, kelenjar minyak dan kelenjar keringat, yang berfungsi menghalangi debu dan air yang masuk.

3) Selaput gendang telinga (membran tymphani), yang membatasi telinga luar dan telinga tengah. Berfungsi untuk menangkap getaran.

Bagian-bagian Telinga dan Fungsinya
Anatomi Bagian-bagian telinga

b. Telinga tengah

Telinga bagian tengah terdiri atas:

1) Tulang-tulang pendengaran (osikel), yaitu berupa tiga tulang kecil yang bersambung dari selaput gendang telinga menuju telinga dalam.

Ketiga tulang tersebut adalah tulang martil (malleus), yang letaknya paling luar berhubungan dengan selaput gendang telinga.

Berikutnya adalah tulang landasan (inkus) yang menghubungkan martil dan sanggurdi. Tulang paling dalam adalah tulang sanggurdi (stapes), yang melekat dengan saluran rumah siput pada tingkap jorong.

2) Saluran Eustachius, yaitu saluran sempit yang menghubungkan telinga tengah dengan bagian belakang tenggorokan.

Saluran ini terbuka saat kita mengunyah, menguap, bersin atau membuka mulut. Fungsi saluran ini adalah untuk memasukkan udara ke rongga telinga tengah sehingga tekanan udara di kedua gendang telinga sama dengan udara di luar tubuh.

c. Telinga dalam

Telinga bagian dalam terdiri atas:

1) Tingkap jorong dan tingkap bulat, merupakan membran yang terdapat pada pangkal saluran rumah siput (kokhlea).

Tingkap jorong merupakan membran berbentuk oval yang berhubungan dengan tulang sanggurdi. Sedangkan tingkap bundar merupakan membran berbentuk bundar/ bulat.

Tingkap berfungsi untuk menyalurkan getaran ke telinga dalam dan tingkap bulat sebagai penyeimbang getaran.

2) Saluran rumah siput (kokhlea), yaitu salura berbentuk spiral menyerupai rumah siput.

Di dalam kokhlea ( di bagian tengah) terdapat organ corti, yang berisi ribuan “sel rambut” yang peka terhadap getaran. Impuls yang timbul di dalam sel rambut tersebut diteruskan oleh saraf auditori ke otak

3) Tiga saluran setengah lingkaran (kanalis semi sirkularis), yaitu tiga buah saluran setengah lingkaran yang satu dengan yang lain membentuk sudut 90°.

Pada ujung setiap saluran terdapat penebalan (menggelembung) yang disebut ampulla dan bergabung dengan utrikulus dan sakulus.