Macam-macam dan Contoh Adaptasi Tingkah Laku pada Hewan dan Tumbuhan

Untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, hewan dan tumbuhan juga melakukan perilaku-perilaku tertentu sebagai tindakan menyesuaikan dirinya terhadap lingkungannya, hal inilah yang dinamakan dengan adaptasi tingkah laku.

Jadi, adaptasi tingkah laku adalah cara penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya dalam bentuk tingkah laku.

Macam-macam dan contoh adaptasi tingkah laku

Macam-macam adaptasi tingkah laku pada hewan:

a. Cicak melakukan ototomi yaitu memutuskan ekornya untuk mengelabuhi musuhnya.

b. Mamalia yang hidup di air laut, misalnya lumba-lumba dan paus sering muncul ke permukaan air untuk mengambil oksigen di udara, karena alat pernapasannya berupa paru-paru yang tidak dapat mengikat oksigen yang terlarut dalam air.

Macam-macam dan Contoh Adaptasi Tingkah Laku pada Hewan dan Tumbuhan
Lumba-lumba di Teluk Kiluan Lampung

c. Pada musim dingin banyak hewan berdarah panas membutuhkan energi tambahan untuk menjaga suhu tubuhnya, tetapi makanan sangat langka untuk dapat bertahan hidup maka beberapa hewan misalnya tikus, landak, beruang hitam dan lain-lain melakukan hibernasi , yaitu tidur panjang pada musim dingin.

Demikian pula untuk hewan yang hidup di daerah gurun yang sangat panas pada musim kemarau mempunyai perilaku tertentu yaitu melakukan estivasi yaitu tidur panjang pada musim kemarau supaya dapat bertahan hidup di daerah gurun. Misalnya: kadal, katak, keong, dan lain-lain.

d. Rayap merupakan hewan yang menghancurkan kayu. Bagaimana caranya rayap menghancurkan kayu?

Di dalam usus rayap terdapat hewan Protozoa, yaitu Flagellata yang menghasilkan enzim selulase yang dapat membantu rayap mencerna kayu.

Secara periodik kulit rayap akan mengelupas, pada saat mengelupas, usus bagian belakang yang ada Flagellatanya ikut terkelupas. Untuk mendapatkan Flagellatanya kembali maka rayap memakan kembali kulitnya yang mengelupas.