Pengertian dan Contoh Paragraf Induktif Terlengkap

Setelah membahas macam-macam paragraf pada artikel-artikel terdahulu, seperti paragraf persuasi, peragraf argumentasi, paragraf eksposisi, paragraf deskripsi, paragraf narasi, paragraf deduktif, maka pada kesempatan ini kami akan membahas tentang paragraf induktif.

Apa pengertian paragraf induktif? Sebutkan contoh – contoh paragraf induktif? Sebutkan ciri – ciri paragraf induktif?

Pertanyaan – pertanyaan tersebut akan kita jawab dan kita bahas pada artikel ini. Jadi, pembahasan pada artikel kali ini berkisar antara pengertian paragraf induktif, contoh paragraf induktif, ciri – ciri pragraf induktif dan contoh paragraf induktif tentang pendidikan.

Pengertian paragraf induktif

Paragraf induktif adalah pola penulisan paragraf yang mana kalimat utamanya berasa di akhir paragraf. Atau dengan istilah lain bahwa paragraf induktif adalah pola penulisan paragraf yang menyatakan dari hal yang khusus ke hal yang umum (luas).

Kalau menurut kamus besar bahasa Indonesia, induktif berarti bersifat induksi. Dan induksi sendiri pada kamus tersebut berarti metode pemikiran yg bertolak dr kaidah (hal-hal atau peristiwa) khusus untuk menentukan hukum (kaidah) yg umum; penarikan kesimpulan berdasarkan keadaan yg khusus untuk diperlakukan secara umum; penentuan kaidah umum berdasarkan kaidah khusus.

Kesimpulan yang mudah difahami untuk pengertian paragraf induktif adalah paragraf yang dimulai dengan mengemukakan penjelasan yang bersifat khusus kemudian diakhiri dengan kalimat utama dan memuat pernyataan yang bersifat umum.

Atau bisa juga dimaknai bahwa paragraf induktif adalah paragraf yang kesimpulannya berada di akhir paragraf.

Macam - macam paragraf induktif
Gambar: Contoh Paragraf Induktif

Contoh paragraf induktif

Contoh paragraf induktif tentang kesehatan

Banyak sekali orang yang terkena penyakit sebagai akibat dari kurangya kesadaran menjaga kebersihan baik itu dari makanan, pakaian yang kita gunakan maupun lingkungan tempat kita tinggal padahal hampir semua dari kita sudah tau bahwa kebersihan itu sangat penting untuk kesehatan.

Contoh paragraf induktif tentang sosial kemasyarakatan

Suku jawa, suku madura, batak dan ambon adalah salah satu dari sekian banyak suku  yang terdapat di Indonesia. Selain suku dan budaya yang beragam, terdapat pula berbagai agama dan kepercayaan maka dari itu Indonesia dikenal dengan negara  yang majemuk.

Contoh paragraf induktif problematika remaja

Nark0ba memiliki efek candu yang sangat kuat dan dari jenis jenis nark0ba tersebut ada yang dapat menyebabkan gairah meningkat, detak jantung meningkat, dan pada kondisi tertentu dapat menyebabkan overdosis dan kematian. Menghindari nark0ba adalah harga mati karena sangat berbahaya bagi kesehatan.

Contoh paragraf induktif dunia kerja

Semua orang tua tentu berharap kelak anaknya menjadi orang sukses. Indikator kesuksesan biasanya dilihat dari pekerjaan. Oleh sebab itu, banyak orang tua memilih pendidikan yang tepat agar anaknya dapat bersaing di dunia kerja. Pendidikan yang tepat memang akan membuat peluang kerja di masa depan semakin terbuka jelas.

Contoh paragraf induktif pendidikan

Pada era persaingan dunia kerja yang semakin kompetitif seperti saat ini. Seseorang yang menguasai Bahasa Inggris otomatis akan memiliki peluang yang lebih besar di dunia kerja. Sebaliknya, orang yang tidak memiliki kemampuan Bahasa Inggris peluangnya akan semakin kecil untuk memasuki dunia kerja khususnya untuk dapat diterima sebagai karyawan. Itulah kenapa penguasaan Bahasa Inggris sangat diperlukan untuk menambah kompetensi di dunia kerja.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang paragraf induktif yang dilengkapi dengan definisi dari paragraf induktif, contoh paragraf induktif baik dalam bidang pendidikan, kesehatan lingkukan, problematika remaja, kehidupan bernegara dan ketertiban lalulintas.