Pengertian Kurs Valuta Asing (Valas)

Pembahasan kali ini adalah tentang pengertian kurs valuta asing (valas), jenis-jenis kurs, kurs mata uang, kurs tukar rupiah, kurs valuta asing, kurs mata uang asing, nilai tukar mata uang, dan mata uang asing.

Valuta Asing (Valas)

Pernahkah kamu mengamati perkembangan nilai tukar mata uang asing terhadap mata uang rupiah? Apakah kamu juga tahu bahwa perkembangan nilai kurs dapat mempengaruhi perekonomian nasional?

Kamu tahu bahwa mata uang negara-negara di dunia beragam jenisnya. Mata uang negara kita dengan negara lain tentu berbeda.

Pengertian valuta asing (valas)

Kita menyebut mata uang negara kita dengan rupiah. Mata uang negara lain kita menyebutnya dengan mata uang asing. Mata uang asing yang dipakai sebagai alat pembayaran luar negeri disebut valuta asing.

Mata uang asing tidak bisa digunakan sebagai alat pembayaran yang sah di negara kita. Akan tetapi, ada beberapa negara yang menggunakan nama mata uang sama meskipun nilai tukarnya berbeda.

Pengertian Kurs

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, Kurs adalah nilai mata uang suatu negara yang dinyatakan dengan nilai mata uang negara yang lain.

Misalnya dolar untuk Australia, Hongkong, Singapura, Amerika, dan Kanada. Untuk melakukan penukaran mata uang asing, kita dapat melihat kurs di bank, money changer, dan surat kabar.

Berikut ini adalah Contoh Informasi Kurs dollar (USD) dan beberapa mata uang asing terhadap rupiah.

Pengertian Kurs Valuta Asing (Valas)
Nilai Kurs Rupiah – 21 September 2015
Sumber: www.seputerforex.com

Jenis-jenis Kurs

Ada tiga jenis kurs yang perlu kamu ketahui.

a. Kurs Beli

Kurs beli adalah kurs yang diberlakukan oleh bank apabila kita menukarkan mata uang asing ke dalam rupiah.

b. Kurs Jual

Kurs jual adalah kurs yang diberlakukan oleh bank apabila kita menukarkan mata uang rupiah ke dalam mata uang asing.

c. Kurs Tengah

Kurs tengah adalah kurs rata-rata antara kurs beli dan kurs jual. Kegunaan kurs tengah untuk menganalisis naik turunnya harga valuta asing di bursa, seperti memperjelas peningkatan nilai dan penurunan nilai valuta asing tertentu.

Nilai kurs jual akan lebih tinggi daripada nilai kurs beli sehingga pihak bank atau money changer memperoleh keuntungan.

Misalnya, kurs jual untuk 1 euro adalah Rp14.411,52. Kurs beli untuk 1 euro adalah Rp12.927,31. Selisih sebesar Rp1.484,21 untuk setiap euro merupakan keuntungan bank atau money changer. Nilai kurs mata uang asing setiap saat akan mengalami perubahan.

Apa pengaruh naik turunnya nilai kurs mata uang terhadap dunia usaha? Kita tahu bahwa valas sangat berguna untuk pembayaran internasional. Perubahan kurs valas akan bermanfaat untuk memperlancar perdagangan internasional.

Dunia usaha pastilah terganggu dengan fluktuasi rupiah, karena akan semakin menyulitkan perencanaan dan juga menambah ongkos produksi.

Misalnya, jika dolar naik, eksportir akan senang karena akan mendapatkan keuntungan yang banyak. Akan tetapi, produsen dalam negeri yang mengandalkan bahan baku impor akan menemui banyak kesulitan.

Hal ini juga akan menimbulkan dampak lain, yaitu inflasi. Kenaikan itu terjadi pada barang impor maupun harga barang buatan dalam negeri yang menggunakan komponen impor. Akan lebih baik rupiah stabil pada posisi yang dianggap layak.