Dampak Negatif Bioteknologi terhadap Lingkungan dan Kehidupan Sosial Ekonomi Serta Mengatasinya

Pembahasan kali ini adalah tentang dampak negatif bioteknologi, dampak bioteknologi terhadap lingkungan, dampak negatif dari bioteknologi, dampak negatif bioteknologi modern, dampak bioteknologi bagi kehidupan manusia, dampak penerapan bioteknologi, dampak negatif rekayasa genetika, dampak bioteknologi terhadap kesehatan.

1. Dampak terhadap Lingkungan

Selain membawa keuntungan bagi manusia, aplikasi bioteknologi ternyata menimbulkan akibat buruk oleh penerapan teknologi tersebut. Contohnya, pembuatan tempe atau kecap dalam skala besar dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan.

Air limbah dan kulit kedelai dari proses pembuatan tempe, apabila dibiarkan tergenang dalam waktu cukup lama, limbah tersebut mengubah lingkungan menjadi tidak sehat.

Jika air limbah itu dibiarkan mengalir ke dalam kolam-kolam ikan atau ke lahan-lahan persawahan, kehidupan ikan atau tanaman akan terganggu, bahkan bisa mati.

Selain meracuni organisme yang hidup di dalam air, limbah ini juga menimbulkan bau yang tidak enak. Untuk itu maka perlu ditangani secara baik agar tidak mencemari lingkungan.

2. Dampak Sosial

Produk minuman beralk0hol seperti bir, anggur, wiski, dan air tape pasti menimbulkan banyak sekali dampak yang buruk bagi lingkungan. Dampak tersebut berupa kebiasaan meminum minuman beralk0hol tersebut sehingga mabuk.

Dampak Negatif Bioteknologi terhadap Lingkungan dan Kehidupan Sosial Ekonomi
Miras

Selain hukumnya haram (larangan bagi agama Islam), Minuman beralk0hol bila diminum bersifat memabukkan dan menyebabkan kantuk karena menekan aktivitas otak.

Alk0hol juga bersifat candu. Orang yang sering minum alk0hol dapat menjadi ketagihan dan sulit untuk meninggalkan kebiasaan minum minuman beralk0hol.

Walaupun tidak beracun, alk0hol dapat menimbulkan angka kematian yang tinggi, misalnya pengemudi kendaraan yang dalam keadaan mabuk menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Alk0hol yang terdapat dalam minuman beralk0hol kadarnya bermacam-macam. Secara alami alk0hol hasil fermentasi kadarnya 12-15 % karena pada larutan yang berkadar sebesar ini ragi akan mati. Tetapi melalui proses penyulingan dapat diperoleh alk0hol sampai 95,5%.

Usaha Mengatasi Dampak Penerapan Bioteknologi

Beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk mengurangi/mengatasi akibat buruk penggunaan bioteknologi antara lain:

1. Penanganan limbah tempe, yang secara sederhana dapat dilakukan dengan cara:

a. Menampung dan menyaring limbah/air limbah tempe ke dalam sebuah bak. Kemudian bak ditutup agar tidak menimbulkan bau.

b. Kemudian, mengalirkan air limbah yang sudah disaring ke bak pengumpul. Pada bak ini, air limbah yang berasal dari beberapa kali proses pembuatan tempe akan bercampur secara merata dan seragam.

c. Terakhir, mengalirkan air limbah yang berasal dari bak penampung, ke bak kedap udara dan selanjutnya diendapkan selama 20 hari. Di dalam bak kedap udara, benda-benda (polutan) berat yang dapat membahayakan lingkungan diuraikan oleh mikroorganisme secara alami sehingga menjadi tidak berbahaya.

2. Untuk minuman beralk0hol dikenai cukai atau pajak yang tinggi sehingga harganya mahal.

Akibatnya tidak sembarang orang dapat mengonsumsi. Selain itu juga secara rutin diadakan penyitaan dan pemusnahan minum-minuman keras terutama yang berkadar alk0hol tinggi.

3. Di beberapa negara untuk mengurangi kecelakaan, pengemudi mobil di tes kadar alk0hol dalam darahnya.

Coba kalian sebutkan usaha-usaha yang lain untuk mengatasi dampak penerapan bioteknologi, carilah dari berbagai referensi baik media cetak maupun elektronik.