Pengertian Bilangan Berpangkat Bulat Negatif beserta Contoh Soal dan Pembahasannya

Berikut adalah pembahasan tentang salah satu bilangan berpangkat tak sebenarnya yaitu bilangan berpangkat negatif yang meliputi bilangan berpangkat negatif, bilangan berpangkat bulat negatif, pangkat bulat negatif, sifat sifat pangkat bulat negatif, pangkat negatif, pangkat nol, pangkat pecahan.

Pengertian Bilangan Berpangkat Bulat Negatif

Pada pembahasan sebelumnya telah dibahas tentang definisi bilangan berpangkat.

Bilangan berpangkat merupakan bentuk sederhana dari perkalian berulang. 

Misalnya, 23 merupakan bentuk sederhana dari 2 × 2 × 2. Sekarang, bagaimana cara menguraikan 2-3 ? Untuk menjawabnya, pelajarilah uraian berikut dengan baik.

Perhatikan Sifat Bilangan Berpangkat berikut!

Untuk a bilangan real dan m, n bilangan bulat positif yang memenuhi m > n, berlaku

Apa yang terjadi jika m < n? Jika m < n maka m – n merupakan bilangan bulat negatif. Pelajari pembagian bilangan berpangkat berikut.

Dari (i) dan (ii) diperoleh bahwa

Sekarang, coba kamu selesaikan pembagian bilangan berpangkat berikut dengan kedua cara di atas.

Jika kamu dapat menyelesaikan kedua soal tersebut dengan benar, akan memperjelas definisi bilangan berpangkat bulat negatif, yaitu sebagai berikut.

Dengan menggunakan Definisi tersebut, kamu dapat mengubah bilangan berpangkat bulat negatif ke dalam bilangan bulat positif dan sebaliknya.

Contoh Soal Pangkat Bulat Negatif

Sifat-sifat operasi bilangan berpangkat positif berlaku juga untuk bilangan berpangkat negatif dengan a, b bilangan real dan m, n bilangan bulat negatif.

Baca juga: Sifat Operasi Bilangan Berpangkat

Komentar ditutup.