Metamorfosis Capung

Metamorfosis Capung – Capung adalah contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna atau hemamitabolisme dalam siklus hidupnya. Mengapa metamorfosis capung diklasifikasikan sebagai metamorfosis tidak sempurna? karena capung tidak mengalami tahap pupa.

Sebagai contoh metamorfosis kupu-kupu, metamorfosis capung hanya melewati tiga tahap, yaitu tahap telur, tahap nimfa serta tahap imago. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang metamorfosis pada capung secara lengkap dan jelas.

Metamorfosis Capung

Capung tidak jauh berbeda dengan serangga pada umumnya dan memiliki tubuh yang disebut libellula depressa. Hal ini berarti bahwa capung juga memiliki 3 bagian di tubuhnya yaitu bagian kepala, bagian tubuh dan bagian kaki. Kepala capung umumnya diisi dengan dua mata capung besar dan fitur wajah lainnya.

Dada capung atau thorax tidak bisa dilipat karena ada 4 sayap panjang di samping. Sedangkan untuk perut cenderung perut atau memiliki 10 segmen. Seperti serangga lainnya, capung memiliki 3 pasang kaki di bawah sayapnya. Ketika Anda berbicara tentang capung, apakah Anda tahu proses metamorfosis capung? Jika Anda ingin mengetahuinya, berikut adalah penjelasannya

Metamorfosis Tidak Sempurna pada Capung

Metamorfosis-Capung

Tahap Telur

Sebelum memasuki tahap ini, capung biasanya terbang di udara untuk melakukan perkawinan. Prosesnya memakan waktu cukup lama bagi capung betina untuk akhirnya bertelur. Ketika indukan capung mengeluarkan telur, dia mencari tempat khusus di mana dia bisa meletakkan telur.

Secara umum, mereka menempelkan telurnya pada batas permukaan tanaman di dekat air. Dan tanaman yang dipilih tidak sembarangan. Karena biasanya sang indukan cabung sedang mencari tempat yang bebas dari polusi. Dan dia akan memastikan terlebih dahulu bahwa ada banyak mikroorganisme di dalam air yang dapat dimakan oleh larva capung.

Kemudian yang diproduksi dalam satu telur, induknya dapat menghasilkan sekitar 110.000 telur.

Untuk mereka yang tidak tahu bagaimana kondisi dan bentuk telur capung berikut adalah penjelasannya. Umumnya, telur capung ditutupi dengan lendir yang terasa licin saat dipegang.

Kemudian menetas dalam dua hingga tujuh hari, tetapi tergantung pada kondisi iklim di mana telur berada. Ketika cuaca atau iklim sedang dingin, telur capung perlu waktu lebih lama untuk menetas.

Tahap Larva Capung

Ketika telur menetas, larva capung hidup dan berkembang di dasar air. Di mana larva capung menghirup air dengan bantuan insang internal.

Dalam hal ini, meskipun merupakan hewan air, larva capung masih dapat hidup dalam tahap ini jika mereka dibawa ke darat selama berjam-jam.

Selama tahap ini, larva capung mengubah kulit (molting ) mereka beberapa sampai mereka mengalami metamorfosis dalam nimfa.

Tahap Nimfa

Setelah telur menetas, masukkan tahap nimfa di mana larva berubah dan kemudian berkembang di dalam air.

Ingatlah bahwa dalam keadaan ini larva menggunakan insang internal sehingga mereka dapat bernapas di dalam air. Meskipun larva capung ini dapat hidup di darat, meskipun mereka dapat dipindahkan dalam beberapa jam.

Pada titik ini, nimfa memiliki tubuh yang dapat dikatakan lebih besar dari larva dan hidup sebagai karnivora.

Pada tahap ini, nimfa capung menjadi hewan ganas dan memakan anak ikan, berudu atau berburu satu sama lain.

Adapun proses pernafasan nimfa yang sedang berlangsung, menggunakan insang di dubur di ujung perut. Kemudian terjadi perubahan kulit dengan nimfa capung ini yang disebut exidis.

Secara umum, setiap tahap penggantian kulit dalam nimfa disebut molting tergantung pada jenisnya. Pada saat penggantian kulit, nimfa capung bertahan hingga 8-12 kali.

Sedangkan untuk waktu usia nimfa ini biasanya berumur 4 minggu atau bahkan hingga beberapa tahun. Ada hal-hal yang perlu dipahami tentang siklus hidup capung ini yang paling sering dihabiskan pada tahap nimfa 4 tahun ini.

Tahap Capung Dewasa (imago)

Setelah proses tahap nimfa selesai, tahap berikutnya atau terakhir dari metamorfosis capung adalah tahap di mana capung tumbuh menjadi dewasa. Jika telah berkembang sempurna baik di cuaca dan lingkungannya, nimfa akan menyelesaikan tahap metamorfosis.

Ketika capung telah menyelesaikan metamorfosisnya, nimfa capung berubah menjadi capung dewasa. Secara umum, capung dewasa merangkak keluar dari air dengan bantuan daun atau cabang.

Dalam hal ini, capung dianggap dewasa jika benar-benar lolos dari kulit nimfa. Secara umum, kulit nimfa ini disebut exuvia.

Kondisi tubuhnya masih cukup lembut dan warnanya belum merata atau sempurna. Jika capung ini dapat bertahan hidup dari seleksi alam, capung muda ini akan menjadi capung dewasa yang lebih sempurna.

Demikianlah pembahasan tentang metamorfosis capung semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya :