Bentuk-bentuk Kerjasama Internasional

Kerja sama internasional yang diselenggarakan oleh negara-negara di dunia dapat berbentuk seperti berikut.

a. Kerja Sama Bilateral

Ketika suatu negara melakukan kerja sama ekonomi dengan satu negara tertentu, kerja sama yang terbentuk disebut kerja sama bilateral.

Misalnya, kerja sama antara Indonesia dan Jepang dalam proyek pengadaan air bersih di perdesaan dan kerja sama antara Indonesia dan Cina dalam proyek dan pertambangan.

Kerja sama ekonomi bilateral dapat terjalin apabila kedua negara memiliki hubungan diplomatik dan saling menempatkan wakilnya di tiap-tiap negara.

Bentuk-bentuk Kerjasama Internasional
Contoh Kerjasama Bilateral

b. Kerja Sama Ekonomi Regional

Kerja sama ekonomi regional terbentuk apabila negara-negara yang berada di suatu kawasan tertentu membentuk organisasi bersama.

Selain berdasarkan kedekatan wilayah dan kesamaan kepentingan, kerja sama ekonomi regional juga terbentuk berdasarkan persamaan latar belakang sejarah (historis), teknis, sumber daya alam dan orientasi pemasaran produk ekspor.

Contoh kerja sama regional antara lain ASEAN untuk wilayah Asia Tenggara, APEC untuk wilayah Asia Pasifik, dan Uni Eropa untuk wilayah Benua Eropa.

c. Kerja Sama Ekonomi Sub-Regional

Kerja sama subregional dilakukan oleh negara-negara dalam subkawasan. Misalnya kerja sama antara Indonesia, Malaysia, dan Thailand sebagai anggota ASEAN yang membentuk segitiga pertumbuhan atau Growth Triangle (IMT-GT) guna mempercepat kemajuan ekonomi ketiga negara.

Faktor-faktor yang mendorong pengembangan kerja sama subregional antara lain adanya saling ketergantungan ekonomi, adanya ikatan sejarah dan budaya, serta keinginan untuk memacu pembangunan.

d. Kerja Sama Antarregional

Kerja sama ekonomi antarregional merupakan kerja sama yang dilakukan oleh negara-negara yang tergabung dalam satu kawasan dengan kelompok negara yang berada di kawasan lain.

Misalnya kerjasama antarnegara yang tergabung dalam ASEAN dengan negara yang tergabung dalam APEC.

e. Kerja Sama Multilateral atau Internasional

Kerja sama multilateral merupakan kerja sama yang diselenggarakan oleh bangsa-bangsa di dunia tanpa memandang wilayah atau perkembangan perekonomian suatu negara. Contoh kerja sama multinasional antara lain WTO, Bank Dunia, dan PBB.