Gangguan, Penyakit dan Kelainan pada Sistem Pernapasan Manusia

Pembahasan pada artikel kali ini akan menjelaskan tentang gangguan pada sistem pernapasan, penyakit pada sistem pernapasan dan kelainan pada sistem pernapasan manusia.

Gangguan Sistem Pernapasan Manusia

Pernapasan manusia dapat terganggu karena penyakit atau kelainan organ pernapasan, seperti hipoksia. Hipoksia, yaitu suatu keadaan jaringan tubuh kekurangan oksigen. Hipoksia dapat terjadi karena hal-hal berikut ini.

1. Influenza (flu)

Flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. Gejala yang ditimbulkan antara lain pilek, yaitu hidung tersumbat, bersinbersin, dan terasa gatal.

2. Asma (sesak napas)

Asma merupakan penyakit penyumbatan saluran pernapasan yang disebabkan alergi terhadap rambut, bulu, debu atau tekanan psikologis. Asma bersifat menurun.

Gangguan, Penyakit dan Kelainan pada Sistem Pernapasan Manusia
Gambar: TBC

3. Tuberculosis (TBC)

TBC disebabkan bakteri Bacillus tuberculosis. Selain radang paru-paru, penyakit ini menyebabkan alveolus mengandung banyak cairan sehingga mengganggu proses difusi antara oksigen dan karbon dioksida.

4. Pneumonia

Penyakit infeksi yang disebabkan virus atau bakteri pada alveolus sehingga mengakibatkan radang paru-paru dan menghambat proses pernapasan.

5. Emfisima

Emfisima terjadi karena pembengkakan pada paru-paru akibat masuknya udara ke dalam pembuluh darah.

6. Kanker paru-paru

Penyakit ini menyebabkan sel-sel tumbuh tidak terkendali dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Jaringan kanker akan mendesak alveolus sehingga tidak berfungsi.

Penyebab kanker paru-paru adalah akibat menghirup debu asbes, kromium, produk petroleum, dan radiasi ionisasi. Per0kok memiliki kemungkinan lebih besar terkena penyakit ini.

7. Tenggelam

Tenggelam dapat menyebabkan kram pada otot saluran pernapasan sehingga menutup udara pernapasan. Selain itu, tenggelam dapat menyebabkan air, masuk ke dalam paru-paru dan mengisi alveolus sehingga orang tidak dapat bernapas.

Baca juga: Bahaya Mer0kok bagi Pernapasan