Upaya Pencegahan Nark0ba dan Cara Pengobatannya

Pada pembahasan kali ini akan dibahas sekilas tentang upaya pencegahan nark0ba, cara pengobatan narkota, obat pecandu nark0ba, solusi penyalahgunaan nark0ba, pusat rehabilitasi nark0ba, terapi dan pengobatan pecandu nark0ba, serta peran BNN (Badan Nark0tika Nasional) dalam Upaya Penanggulangan Nark0ba.

Pencegahan terhadap nark0ba

Demikian hebatnya akibat yang ditimbulkan penggunaan nark0ba yang tidak diawasi dokter sehingga harus dapat mencegah dan menghindarinya. Pencegahan yang dapat dilakukan, yaitu pencegahan secara pribadi, keluarga, lingkungan, dan pencegahan umum.

a. Pencegahan pribadi

Dalam hal ini, diri kita sendiri yang harus dapat mencegah agar terhindar dari pengaruh bahkan menjadi korban nark0ba. Caranya, hindari kebiasaan mer0kok karena pada umumnya korban nark0tika dimulai dengan menghisap r0kok. Berhati-hati dalam pergaulan, baik dalam memilih teman maupun lingkungan, serta kuat iman kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.

b. Pencegahan keluarga

Terjadinya komunikasi yang baik di antara anggota keluarga, membuat rumah menjadi tempat berlindung yang aman untuk semua anggota keluarga sehingga dapat mencegah pengaruh buruk dari luar rumah.

c. Pencegahan lingkungan

Lingkungan yang baik sangat tepat untuk mencegah datangnya pengaruh nark0ba. Pemimpin lingkungan harus peka dan waspada serta mampu menangkap gejala-gejala yang terjadi agar wilayahnya bebas dari bahaya nark0ba. Jika terdapat warga yang dicurigai berhubungan dengan nark0ba, segera diantisipasi.

d. Pencegahan umum

Pencegahan secara nasional dan internasional. Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan undang-undang yang berhubungan dengan nark0tika.

Pengobatan pecandu nark0ba

Pengobatan korban nark0tika akan berlangsung sangat lama. Jika tidak serius dalam menjalani pengobatan, sangat kecil kemungkinan berhasil. Mula-mula, lakukan dengan memutus pemberian nark0ba secara bertingkat sampai kecanduannya berkurang sedikit demi sedikit hingga akhirnya hilang sama sekali.

Pada periode ini, pengobatan paling sulit dilakukan karena di samping harus tegas terhadap pecandu, pecandu itu sendiri juga harus mempunyai tekad yang kuat untuk sembuh. Jika syarat itu tidak dipenuhi maka sangat sulit kemungkinan untuk sembuh.

Langkah kedua adalah penyembuhan mental dan fisik. Fisik yang rusak akibat nark0tika harus diobati agar kembali sehat walaupun bagi pecandu yang sudah berat, kesehatan ini sangat sulit kembali seperti sediakala.

Upaya yang dilakukan untuk memperbaiki kesehatan mental, misalnya dengan mengajaknya lebih dekat kepada Sang Pencipta. Kemudian, jauhkan dari lingkungan yang membuatnya menjadi seorang pecandu nark0tika.

Menghindarkan diri dari nark0ba

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar terhindar dari godaan nark0ba.

a. Dapatkan informasi tentang bahaya nark0ba dari koran, majalah, seminar, dan lain-lain.

b. Persiapkan diri/mental untuk menolak jika ditawarkan. Intinya, kamu harus bertekad untuk menolak dulu.

c. Belajar berkata “tidak” jika mendapat tawaran nark0ba.

1) Siapkan alasan yang bisa dipakai dari yang lucu sampai yang seram.

2) Alihkan topik pembicaraan jika kamu mulai disudutkan dengan tawaran.

3) Jika teman kamu terus memaksa juga, segera tinggalkan tempat itu. Kamu perlu mencari teman baru yang ‘bersih’. Teman yang baik jelas tidak akan memaksa kamu memakai nark0ba.

Upaya Pencegahan Narkoba dan Cara Pengobatannya
Gambar: Contoh Upaya Menghindarkan diri dari Nark0ba

d. Memiliki cita – cita dalam hidup ini sehingga hidupmu mempunyai arah dan tujuan.

e. Lakukan kegiatan positif yang dapat membantu kamu agar lebih percaya diri; lebih mandiri; lebih berprestasi.

Baca juga: Macam-macam Jenis Psikotr0pika