Akibat dan Dampak Pencemaran Lingkungan Bagi Kehidupan Manusia

Berikut ini merupakan pembahasan tentang dampak pencemaran lingkungan atau akibat pencemaran lingkugan baik dampak pencemaran tanah maupun dampak pencemaran air atau dampak polusi tanah, akibat pencemaran air, dampak polusi air, dampak polusi air terhadap lingkungan.

Dampak Pencemaran Lingkungan bagi Kehidupan Manusia

Berikut ini  merupakan dampak yang paling terasa bagi kehidupan manusia terhadap pencemaran lingkungan baik lingkungan darat, air maupun udara;

a. Efek Rumah Kaca

Rumah kaca berhawa hangat karena kaca membiaskan sinar matahari masuk tetapi mencegah udara hangat keluar. Lapisan karbon dioksida dan gas-gas lain di atmosfer menyelimuti permukaan bumi dan menimbulkan efek yang sama seperti rumah kaca.

Lapisan tersebut membiarkan sinar matahari masuk namun kemudian merangkap sebagian besar panas di bawah atmosfer dan mencegahnya lolos ke ruang angkasa dalam wujud radiasi.

Panas yang terkurung akibat efek rumah kaca akan menghangatkan bumi. Kadar karbon dioksida yang melebihi ambang batas dapat menghalangi pantulan sinar iltraviolet dari bumi ke atmosfer sehingga temperatur permukaan bumi menjadi naik. Peningkatan suhu permukaan bumi ini disebut pemanasan global.

Akibat dan Dampak Pencemaran Lingkungan Bagi Kehidupan Manusia
Gambar: Menipis dan Berlubangnya Lapisan Ozon

b. Penipisan Lapisan Ozon

Lapisan ozon merupakan selimut atmosfer bumi. Lapisan ini melindungi kita dari sinar ultraviolet (UV). Radiasi UV bisa membahayakan kesehatan manusia, termasuk memicu kanker kulit.

Dari hari ke hari, lapisan ozon semakin menipis, dan setiap tahun terlihat lubang di atas Antartika. Lubang ozon disebabkan oleh rumpun gas CFC. CFC masuk ke dalam atmosfer merusak lapisan ozon.