Pengertian Keseimbangan Lingkungan Ekosistem

Berikut ini adalah pembahasan tentang keseimbangan ekosistem, pengertian keseimbangan ekosistem, maksud keseimbangan ekosistem, contoh keseimbangan ekosistem, pengertian keseimbangan lingkungan, contoh keseimbangan lingkungan.

Pengertian Keseimbangan Ekosistem

Tiap-tiap ekosistem terbentuk dari banyak organisme (komponen biotik) dan bagian yang tidak hidup (komponen abiotik).

Ekosistem tidak pernah seimbang, tetapi selalu berubah. Perubahan ekosistem terjadi akibat salah satu komponen ekosistem berubah.

Perubahan komponen abiotik pada ekosistem dapat terjadi secara alami, seperti gempa, gunung meletus, dan perubahan iklim atau karena tindakan manusia.

Misalnya, terjadi perubahan iklim yang menyebabkan hujan tidak turun selama beberapa lama pada sebuah ekosistem hutan, sehingga banyak pepohonan yang mati kekeringan. Selain itu, hewan-hewan banyak yang mati kehausan dan kelaparan.

Akibatnya, ekosistem hutan akan berubah. Adapun contoh perubahan ekosistem karena tindakan manusia adalah penebangan hutan secara besar-besaran.

Apabila keadaan komponen atau faktor-faktor yang ada di dalam ekosistem seimbang, maka ekosistem pun akan seimbang. Selain itu, keseimbangan ekosistem dapat terjadi apabila jumlah produsen lebih banyak dari herbivora, dan herbivora lebih banyak dari karnivora.

Pengertian Keseimbangan Lingkungan Ekosistem
Gambar: Contoh keseimbangan Ekosistem

Tetapi tidak semudah itu, untuk menentukan syarat terjadinya keseimbangan ekosistem, banyak faktor yang harus diperhatikan dalam menentukan keseimbangan ekosistem tersebut.

Keseimbangan ekosistem adalah suatu kondisi dimana interaksi antara komponen-komponen di dalamnya berlangsung secara harmonis dan seimbang.

Pengertian Keseimbangan Lingkungan

Keseimbangan lingkungan merupakan kemampuan lingkungan untuk mengatasi tekanan dari alam maupun dari aktivitas manusia, serta kemampuan lingkungan dalam menjaga kestabilan kehidupan di dalamnya. 

Keseimbangan lingkungan akan tercapai bila ada interaksi organisme dangan faktor lingkungan dan interaksi antar komponen dalam suatu lingkungan dapat berjalan dengan proporsional.

Baca juga: Aliran energi dalam ekosistem