Pengertian serta Contoh Kohesi dan Adhesi

Berikut ini merupakan pembahasan tentang pengertian kohesi, pengertian adhesi, contoh kohesi, contoh adhesi, meniskus cembung dan cekung, pengertian koherensi, gaya adhesi, pengertian adhesive, definisi kohesi, kohesi leksikal, arti adhesi, kohesi gramatikal, pengertian kohesi dalam kehidupan sehari-hari, pengertian gaya kohesi, lawan kata kohesi dan contoh paragraf kohesi.

Pengertian dan Contoh Kohesi

Setiap zat memiliki partikel-partikel yang senantiasa tarik-menarik. Akibat tarik-menarik itu terjadilah kohesi. Kohesi adalah gaya tarik-menarik antara partikel-partikel yang sejenis.

Contohnya pada sebuah gelas terjadi tarik-menarik antara partikel-partikel gelas, pada air terjadi tarik-menarik antara partikel-partikel air, dan pada raksa terjadi tarik-menarik antara partikel-partikel raksa.

Pengertian dan Contoh Adhesi

Ketika air dimasukkan ke dalam gelas, terjadilah tarikmenarik antara partikel-partikel air dengan partikel-partikel gelas, sehingga terjadi adhesi. Adhesi adalah gaya tarik-menarik di antara partikel-partikel yang tidak sejenis.

Contohnya pada gelas yang diisi air, terjadi gaya tarik-menarik antara partikel-partikel gelas dengan partikel-partikel raksa, pada gelas yang diisi raksa terjadi gaya tarik-menarik antara partikel-partikel gelas dengan partikel-partikel air, pada papan tulis dengan kapur terjadi gaya tarik-menarik antara partikel-partikel papan tulis dengan partikel kapur, dan pada kertas dengan pensil terjadi gaya tarik-menarik antara partikel-partikel kertas dengan partikel-partikel pensil.

Pengertian serta Contoh Kohesi dan Adhesi
Gambar: Perbedaan Kohesi dan Adhesi

Terdapat dua gejala apabila zat cair di masukan ke dalam gelas atau tabung kaca. yang pertama adalah maniskus cekung, yaitu permukaan zat cair yang mencekung akibat adhesi partikel gelas dengan partikel air lebih kuat daripada kohesi partikel air.

Kedua adalah meniskus cembung, yaitu permukaan zat cair yang mencembung akibat kohesi partikel raksa lebih kuat daripada adhesi partikel raksa dengan partikel gelas.