Pengertian Pasar dan Syarat-syarat Terjadinya Pasar

Pembahasan kali ini lebih kurang akan menjelaskan tentang pengertian pasar, pasar persaingan sempurna, pasar persaingan tidak sempurna, syarat-syarat pasar, syarat-syarat terbentuknya pasar, ciri-ciri pasar persaingan sempurna dan contoh pasar persaingan sempurna.

Pada pembahasan sebelumnya, kita telah membahas mengenai bagaimana sebuah barang dapat sampai ke konsumen, yaitu dengan cara distribusi.

Dalam proses distribusi, barang disalurkan melalui saluran-saluran distribusi yang ada. Pada saluran-saluran distribusi tersebut terdapat lembaga-lembaga distribusi.

Salah satu lembaga distribusi yang biasa digunakan untuk menyalurkan hasil produksi dan sebagai tempat untuk transaksi jual beli dinamakan pasar.

Pasar awalnya timbul di persilangan jalur lalu lintas yang penting, seperti di pelabuhan. Pasar kemudian meluas, baik bentuk, jenis komoditas yang dijual, maupun proses transaksinya.

Supaya lebih memahami mengenai bentuk-bentuk pasar dan peranan pasar dalam kegiatan ekonomi, kalian dapat menyimak pembahasanpembahasan berikut ini.

Pengertian Pasar

Secara umum di pasar terdapat banyak penjual dan pembeli, serta barang atau jasa yang diperjualbelikan. Penjual banyak menyediakan barang seperti sayur-sayuran, buah-buahan, beras,
daging, alat-alat rumah tangga, dan pakaian.

Semula, pasar merupakan suatu tempat di mana para penjual dan pembeli dapat bertemu untuk melakukan jual beli barang.

Penjual menawarkan barang dagangannya dengan harapan dapat laku terjual dan memperoleh uang sebagai gantinya.

Adapun para konsumen (pembeli) akan datang ke pasar untuk berbelanja dengan membawa uang untuk membayar sejumlah barang yang dibelinya.

Penjual dan pembeli akan melakukan tawar-menawar harga hingga terjadi kesepakatan harga. Setelah kesepakatan harga dapat dilakukan, barang akan berpindah dari tangan penjual ke tangan pembeli.

Pembeli akan menerima barang dan penjual akan menerima uang. Hal ini merupakan pengertian pasar secara konkrit, artinya pengertian pasar dalam kehidupan sehari-hari, yaitu tempat orang-orang bertemu untuk melakukan suatu transaksi jual beli barang.

Pengertian Pasar dan Syarat-syarat Terjadinya Pasar
Gambar: Pasar

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, pasar tidak hanya terbatas pada pertemuan antara penjual dan pembeli, tetapi memiliki arti yang lebih luas.

Transaksi jual beli tidak lagi hanya dilakukan di pasar tetapi bisa di toko, kios, pusat perbelanjaan, supermarket, mall, dan lain sebagainya.

Barang yang dibutuhkannya pun dapat juga dipesan melalui telepon, surat atau e-mail, sehingga pertemuan antara penjual dan pembeli untuk jual beli barang tidak lagi terbatas pada suatu tempat tertentu saja.

Oleh karena itu pasar merupakan suatu pertemuan antara orang yang mau menjual dan orang yang mau membeli suatu barang atau jasa tertentu dengan harga tertentu pula.

Syarat-syarat terjadinya pasar

Pengertian tersebut merupakan pengertian pasar menurut ilmu ekonomi (abstrak). Berdasarkan pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa sebuah pasar dapat terjadi jika terdapat syarat-syarat berikut ini.

1. Adanya penjual dan pembeli.

2. Adanya barang dan jasa yang diperjualbelikan.

3. Adanya interaksi antara penjual dan pembeli (transaksi jual beli).

4. Adanya media atau tempat untuk interaksi penjual dan pembeli.

Komentar ditutup.