Contoh Soal Cerita Teorema Pythagoras beserta Pembahasannya Lengkap

Berikut ini adalah pembahasan tentang contoh-contoh soal cerita yang berhubungand dengan dalil atau teorema pythagoras dilengkapi dengan pembahasannya secara lengkap.

Contoh Soal Dalil (Teorema) Pythagoras

Pada pembahasan sebelumnya kalian telah mempelajari bagaimana menggunakan dalil Pythagoras untuk menentukan jenis segitiga dan panjang diagonal ruang serta diagonal sisi sebuah kubus.

Lalu bagaimana jika ditemukan soal cerita yang berhubungan dengan dalil Pythagoras? Agar mudah dalam menyelesaikannya, buatlah sketsa gambar dari soal yang dimaksud. Setelah itu, kalian gunakan dalil Pythagoras untuk menyelesaikan permasalahannya.

Perhatikan contoh berikut ini!

Sebuah tangga bersandar pada tembok yang tingginya 8 m. Jika kaki tangga terletak 6 m dari dinding, tentukanlah panjang tangga yang bersandar pada tembok tersebut!

Coal Soal Cerita Teorema Pythagoras beserta Pembahasannya Lengkap

Penyelesaian:
Langkah pertama yang kita lakukan adalah menggambarkan situasi dari permasalahan tersebut seperti terlihat pada sketsa di bawah ini!

BC2 = AB2 + AC2
⇔ BC2 = 62 + 82
⇔ BC2 = 36 + 64
⇔ BC2 = 100
⇔ BC = √100 = 10 meter.
Jadi, panjang tangga tersebut adalah 10 meter.

Uji Nyali

Kerjakanlah soal-soal “uji nyali” berikut dengan memilih salah satu soal yang ada atau semuanya, kemudian tuliskan jawaban Anda pada kolom komentar di bawah postingan ini!

1. Seorang nakhoda kapal melihat pun cak mercusuar yang berjarak 100 meter dari kapal. Jika diketahui tinggi mercusuar 60 meter, tentukan jarak nakhoda dari puncak mercusuar tersebut!

Coal Soal Cerita Teorema Pythagoras beserta Pembahasannya Lengkap

2. Sebuah tenda berdiri menggunakan beberapa tali yang diikatkan ke dasar tanah dari ujung tenda. Jika panjang tali yang digunakan adalah 15 meter dan jarak antara tiang penyangga pada tanah dengan besi yang berdiri tepat di tengah-tengah tenda adalah 12 meter, tentukanlah tinggi tenda tersebut!

Coal Soal Cerita Teorema Pythagoras beserta Pembahasannya Lengkap

3. Sebuah tangga yang panjangnya 7 meter disandarkan pada sebuah dinding yang tingginya 4 m. Jika kaki tangga itu terletak 3 m dari dinding, tentukanlah panjang bagian tangga yang menonjol di atas dinding!

Coal Soal Cerita Teorema Pythagoras beserta Pembahasannya Lengkap

4. Seorang anak berenang di sebuah kolam yang permukaannya berbentuk persegi panjang dengan panjang 16 m. Jika ia berenang secara diagonal dan menempuh jarak 20 m, tentukanlah lebar kolam renang tersebut!