Pengertian dan Macam-macam Pelapukan dan Contohnya

Salah satu faktor pembentuk permukaan bumi adalah dengan adanya pengaruh tenaga eksogen, diantara bentuk tenaga eksogen adalah pelapukan, erosi, sedimentasi dan longsoran.

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas secara detail tentang pengertian pelapukan, macam-macam pelapukan; pelapukan kimia, pelapukan fisika dan pelapukan bilologi dilengkapi dengan contohnya masing-masing.

Pengertian pelapukan

Pelapukan adalah proses hancurnya batuan pada lapisan tanah dalam jangka waktu lama.
Pelapukan merupakan proses alami hancurnya batuan tertentu menjadi berbagai jenis tanah.

Proses pelapukan tergantung kepada beberapa sebab, misalnya susunan dan bahan pembentuk batuan, temperatur dan cuaca di sekitar batuan, serta kelebatan tumbuhan yang ada di sekitar batuan.

Macam-macam pelapukan

Berdasarkan penyebabnya, proses pelapukan dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu pelapukan kimia, fisika, dan biologi.

a. Pelapukan Kimia

Pelapukan kimia atau khemis terjadi karena reaksi kimia yang mengakibatkan hancurnya batuan. Pelapukan jenis ini dapat terjadi dengan cepat di daerah yang sangat panas atau sangat dingin.

Contoh pelapukan kimia

Peristiwa pelapukan kimia dapat terjadi karena batuan bereaksi dengan bahan kimia tertentu, misalnya batuan gamping yang melapuk karena terkena air.

Pengertian dan Macam-macam Pelapukan
Gambar: Contoh Pelapukan Kimia

b. Pelapukan Fisika

Pelapukan fisika atau mekanik adalah proses hancurnya batuan karena proses fisika pada batuan tersebut. Pelapukan jenis ini biasanya tidak akan mengubah sifat dasar dan komposisi batuan yang mengalaminya.

Pelapukan fisika biasanya terjadi karena temperatur di sekitar batuan selalu berubah-ubah secara cepat.  Peristiwa pelapukan fisika dapat terjadi karena batuan mengalami perubahan mekanik.

Contoh pelapukan fisika

Misalnya sebuah batu pada siang hari memuai karena panas matahari dan pada malam hari mengerut karena udara dingin.

c. Pelapukan Biologi

Pelapukan biologi atau organik adalah proses hancurnya batuan karena aktivitas makhluk hidup. Pelapukan biologi biasanya disertai oleh pelapukan kimia.

Contoh pelapukan biologi

Misalnya batu yang hancur karena ditumbuhi lumut, dan tanaman lain, atau batu yang berlubang karena dilubangi semut.

Komentar ditutup.