Pengertian Preposition dan Contohnya

Pengertian Dan Jenis- Jenis Preposition – Preposition adalah kata depan  yang di lekatkan  dengan noun, pronoun atau gerund(bisa disebut object of preposition), untuk membentuk sebuah frasa(phrase) yang menjelaskan kata kerja (verb), kata benda (noun), atau kata sifat (adjective).

Jenis-Jenis Preposition 

Preposition dalam bahasa inggris dibedakan menjadi 3 yaitu :

1. Preposition of time

 adalah preposition yang yang digunakan untuk menunjukkan waktu. Waktu digabung denagan preposition dan  noun yang mengikutinya untuk  membentuk  prasa kata depan atau prepositional phrase. Contoh preposition of time adalah: at, after, by, during, for, in, before.

2. Preposition of place and position

 adalah preposition yang digunakan untuk memberi petunjuk sebuah tempat atau posisi. Contoh preposition of place and position adalah: on, at, behind,from.

3. Preposition of direction 

adalah preposition yang digunakan untuk menunjukkan sebuah arah pergerakan.. Contoh preposition of direction: away to,away from, by/past, down, inside, into, off, onto, etc.
Selain jenis preposition juga dibagi berdasarkan bentuknya yaitu :

1. Simple Prepositions

Preposition ( kata depan ) ini disusun hanya dengan menggunakan satu kata depan atau preposition, contoh : off, in, on, at, over, under, , of, for, to, about
Contoh dalam kalimat :
1. The book is on the table
2. She shits under the bridge
3. She lost in the jungle yesterday.

2. Double Prepositions

Preposition ( kata depan ) yang susun  dengan cara menggabungkan dua kata dari simple preposition, contoh : behind,without, within, inside, outside, into, below, , between,beneath.
Contoh dalam kalimat :
1. She leaves me without say anything
2. She hides behind of the wall
3. They put the book into the car.

3. Compound Prepositions

Preposition ( kata depan ) yang terdiri atas dua preposition ( kata depan ), contoh : because of ,according to, , next to, due to, ahead of, apart from, away from.

4. Prepositional Phrase

Prepositional phrase adalah gabungan antara preposition dengan objek yang mengikutinya antara lain noun phrase, pronoun, dan gerund. Jadi secara singkat susunannya berupa “Preposition + Object of preposition)”. Contoh Prepositional phrase:  at night, From this card, Beside them, 
Prepositional phrase sendiri dapat dibedakan menjadi dua yaitu:

  1. Adjectival prepositional phrase Adjectival berfungsi seperti adjective ( kata sifat ) yang menerangkan kata benda (noun).
  2. Adverbial prepositional phrase.adverbial berfungsi seperti adverb yang menerangkan kata benda (Verb), kata sifat (Adjective), atau kata keterangan (Adverb).

Demikian pembahasan tentang Pengertian dan Jenis-jenis Preposition yang ada dalam tata bahasa inggris.. Mohon maaf dan mohon koreksinya apabila ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan materi ini .Semoga bermanfaat. Terima kasih.
Baca Juga :