Pengertian Atlas dan Macam-macamnya

Pembahasan kali ini berisi tentang pengertian Atlas, Manfaat dan kegunaan atlas, macam-macam atlas serta kelengkapan-kelengkapan dari atlas.

Pengertian Atlas

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, atlas berarti buku yg berisi peta bumi. Jadi, pengertian dari Atlas adalah kumpulan peta yang dibukukan. Kumpulan peta tersebut dapat mencakup seluruh peta dunia, maupun sebagiannya saja.

Biasanya, di dalamnya termuat indeks namanama tempat, populasi, sumber daya alam, perindustrian, dan informasi nyata lainnya.

Macam-macam atlas

Berdasarkan jenisnya atlas dibagi menjadi tiga, sebagai berikut.

a. Atlas Umum

Atlas umum adalah atlas yang memberikan informasi secara umum tentang kenampakan geografi di permukaan bumi.

Jenis atlas umum antara lain sebagai berikut.

1) Atlas nasional, yaitu atlas yang berisi satu negara lengkap dengan kenampakan fisik dan sosialnya.

2) Atlas regional, yaitu atlas yang memuat tentang negaranegara yang berada dalam satu kawasan. Atlas ini menyajikan negara-negara yang saling berdekatan, serta secara historis atau sosial ekonomi memiliki beberapa kesamaan. Contohnya Atlas Eropa, Atlas Asia, Atlas Afrika.

3) Altas dunia, yaitu atlas yang memuat negara-negara di seluruh dunia secara lengkap dari semua benua. Contohnya Atlas Dunia.

Pengertian Atlas dan Macam-macamnya
Gambar: Contoh Atlas

b. Atlas Khusus

Atlas khusus adalah atlas yang hanya memuat satu jenis informasi saja sesuai dengan judulnya. Contoh atlas ini antara lain sebagai berikut.

1) Atlas penduduk, yaitu atlas yang memaparkan persebaran penduduk.

2) Atlas geologi, yaitu atlas yang memaparkan keadaan geologi atau batuan.

c. Atlas Semesta

Atlas semesta adalah atlas yang memaparkan keadaan semesta alam yang antara lain berhubungan dengan galaksi, tata surya, perbintangan, dan peredaran benda-benda angkasa.

Suatu atlas juga dapat berisi informasi khusus tertentu seperti iklim, pertanian, wabah, atau bahasa. Istilah atlas petama kali digunakan oleh Gerardus Mercator untuk menamai koleksi peta miliknya –Atlas Sive Cosmographicae (Atlas dan Deskripsi Dunia, antara tahun 1585-1595).

Atlas menggambarkan lokasi tertentu secara lebih jelas dan luas, karena atlas memuat beberapa peta dengan tema sejenis.

Manfaat dan Kegunaan Atlas

Biasanya, atlas digunakan untuk beberapa keperluan sebagai berikut.

a. Menunjukkan lokasi suatu tempat dalam pemetaan suatuwilayah.

b. Menginformasikan luas, letak, dan posisi suatu lokasi.

c. Menunjukkan relief-relief kenampakan bumi di suatu wilayah.

Kelengkapan-kelengkapan atlas

Di dalam atlas, biasanya ada beberapa kelengkapan yang dapat membantu kita menemukan informasi yang dibutuhkan. Adapun beberapa kelengkapan tersebut antara lain sebagai berikut.

a. Judul Atlas

Judul atlas memuat informasi tentang kandungan informasi umum yang ada di dalam peta. Contohnya Atlas Indonesia, berarti kumpulan lembaran peta wilayah-wilayah yang ada di Indonesia, Atlas Malaysia berarti kumpulan lembaran peta wilayah-wilayah yang ada di Malaysia, Atlas Dunia berarti kumpulan lembaran peta wilayah-wilayah yang ada di dunia.

b. Daftar Isi

Daftar isi memuat bagian-bagian yang ada dalam atlas secara berurutan. Daftar isi dapat mempermudah pengguna atlas untuk langsung mencari lembaran peta yang dibutuhkan.

c. Legenda

Legenda adalah keterangan beberapa simbol yang digunakan dalam peta.

d. Indeks

Indeks membantu pengguna peta untuk mencari letak kota, pulau, gunung, sungai, dan unsur-unsur geografi yang dimuat di dalam atlas.

Contohnya Bantul, Jogja, B2 22 berarti bahwa Kota Bantul ada di halaman 22, kolom B baris ke-2.