Rumus Skala Peta dan Cara Menghitung Skala Peta

Pada pembahasan kali ini kita akan mengkaji tentang rumus skala peta, cara menghitung skala peta, cara mencari jarak pada peta, cara menghitung skala, rumus skala peta, rumus mencari skala, skala peta, cara mencari skala, rumus jarak sebenarnya, cara menghitung skala pada peta, rumus jarak pada peta, rumus mencari jarak sebenarnya, cara menghitung skala peta, cara menghitung perbandingan skala, rumus skala matematika, rumus perbandingan skala dan cara mencari jarak sesungguhnya.

Secara umum, perhitungan skala peta dapat digunakan untuk menghitung jarak sesungguhnya dari wilayah yang digambarkan pada peta. Demikian pula sebaliknya, dengan membandingkan jarak pada peta dengan jarak sesungguhnya, kita dapat mengetahui skala peta tersebut.

Baca juga: Bentuk-bentuk Muka Bumi pada Daratan

Cara menghitung skala peta

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan dalam perhitungan skala.

a. Perhitungan dengan Skala Angka

Pada perhitungan skala angka, untuk menghitung jarak wilayah sesungguhnya dengan menggunakan peta, kita dapat memakai rumus sebagai berikut.

Gambar: Contoh Rumus Skala Peta

Contoh menghitung jarak sebenarnya

Pada sebuah peta berskala 1:10.000.000, jarak antara kota A dan kota B adalah 5 cm. Berapakah jarak sebenarnya antara kota A dan kota B?

Jawab:
Jarak sesungguhnya = 5 cm / 1 : 10.000.000
                                 = 5 cm × 10.000.000 / 1
                                 = 50.000.000 cm

Jadi, jarak sesungguhnya antara kota A dan B adalah 50.000.000 cm atau 500 km.

Baca juga: Cara Menghitung Jarak Sebenarnya dan Jarak pada Peta

Sementara, untuk mengetahui skala dengan menggunakan peta, kita dapat menggunakan rumus sebagai berikut.

Rumus Skala Peta Terlengkap

Gambar: Rumus Skala Pada peta

Contoh mencari skala peta

Jarak antara kota C dan kota D pada suatu peta adalah 8 cm. Jarak sebenarnya antara kota C dan kota D adalah 160 km. Berapakah skala peta tersebut berdasarkan satuan cm?

Jawab:
Skala = Jarak pada Peta  : Jarak Sesungguhnya
          = 8 cm  : 160 km
          = 8 cm : 160.000.000 cm
          = 1 : 2.000.000

Jadi, skala peta tersebut adalah 1 : 2.000.000.

b. Perhitungan dengan Skala Batang

Pada perhitungan dengan skala batang, kita menggunakan ukuran pada batang grafis atau garis lurus yang ada di bawah gambar peta. Pada batang garis atau, batang grafis, jarak suatu ruas atau kolom adalah sama dan masing-masing ruas mewakili jarak tertentu.

Skala batang berbeda dengan skala angka. Apabila suatu peta diperkecil dengan difotokopi, skala batangnya masih tetap dapat dipakai tanpa perlu dikonversi.

Biasanya pada skala batang masing-masing ruas sepanjang 1 cm, yang mewakili jarak sebenarnya. Misalkan pada suatu peta memiliki skala 1 : 100.000, maka skala batang memiliki panjang masing-masing ruas 1 cm.

Contoh:
Misalnya jarak antara Desa Tambakboyo dengan Desa Majasto pada peta dengan skala batang adalah 4 ruas. Satu ruas pada peta tersebut dianggap mewakili 1 km, maka berapa jarak kedua desa sesungguhnya?

Karena setiap ruas pada peta tersebut dianggap mewakili 1 km, maka jarak kedua desa adalah: 4 × 1 km = 4 km.

Komentar ditutup.