loading...

Pengertian Stiker, Plakat, Spanduk, Baliho, Billboard, brosur dan Banner

Diantara media informasi visual yang bersifat diluar ruangan (outdoor) adalah berupa stiker, plakat, spanduk, baliho, billboard, brosur, banner dan lain sebagainya.

Biasanya media informasi visual tersebut dijadikan sebagai sarana untuk menuangkan media informasi yang berbentuk slogan dan poster.

Berikut ini kita akan membahasnpengertian masing-masing dari media informasi visual tersebut di atas;

1. Pengertian stiker

Stiker adalah media informasi visual berupa lembaran kecil kertas atau plastik yang ditempelkan, atau istilah lainnya adalah etiket. Etiket adalah secarik kertas yg ditempelkan pada kemasan barang (dagangan) yang memuat keterangan (misalnya; nama, sifat, isi, asal) mengenai barang tersebut.

2. Pengertian plakat

Plakat adalah surat pengumuman (undang-undang dan sebagainya) berupa gambar ataupun tulisan yg ditempelkan di dinding, tembok, dan tempat-tempat umum untuk penyebaran informasi dengan jangkauan yang lebih luas.

3. Pengertian spanduk

Spanduk adalah kain rentang yang berisi slogan, propaganda, atau berita yang perlu diketahui oleh masyarakat umum.

4. Pengertian baliho

Baliho adalah media informasi atau publikasi yang berlebih-lebihan ukurannya agar menarik perhatian masyarakat (biasanya dengan gambar yang besar di tempat-tempat ramai).
Pengertian Stiker, Plakat, Spanduk, Baliho, Billboard, brosur dan Banner
Billboard

5. Pengertian billboard

Billboard adalah media informasi yang hampir mirip dengan baliho, yang dipasang dengan ukuran yang sangat besar dan dipasang ditempat-tempat umum.

6. Pengertian brosur

Brosur adalah bahan informasi tertulis mengenai suatu masalah yang disusun secara bersistem; atau cetakan yang hanya terdiri atas beberapa halaman dan dilipat tanpa dijilid; atau selebaran cetakan yang berisi keterangan singkat, tetapi lengkap (tentang perusahaan, sekolah, perguruan tinggi, lembaga sosial atau organisasi)

7. Pengertian banner

Banner adalah media informasi yang hampir sama persis dengan spanduk. Yaitu rentangan yang berisi slogan, propaganda, atau berita yang perlu diketahui oleh masyarakat umum.

Perbedaan antara spanduk dan banner hanya ada pada bahan pembuatan dan cara mencetaknya saja, untuk spanduk terbuat dari bahan kain dengan cara disablon dan untuk banner terbuat dari bahan banner dengan cara di print (cetak), sehingga tampilan banner biasanya lebih halus dan lebih bagus dibandingkan dengan spanduk.

Dimikian pengertian lengkap tentang berbagai jenis media informasi visual seperti stiker, plakat, spanduk, baliho, billboard, brosur, dan banner.

2 Responses to "Pengertian Stiker, Plakat, Spanduk, Baliho, Billboard, brosur dan Banner"