loading...

Gaya Gerak Listrik (GGL) dan Tegangan Jepit

Voltmeter dan basicmeter adalah alat untuk mengukur beda potensial. Multimeter alat yang bisa difungsikan sebagai voltmeter, amperemeter, dan ohmmeter tergantung tujuan dari pengukuran.

Pengukuran besarnya potensial tidak bisa ditentukan pada satu titik. Misalnya potensial di titik A dan potensial di titik B kita tidak bisa mengukur nilainya namun hanya bisa untuk mengukur beda potensial antara di titik A dan di titik B.

Untuk mengukur beda potensial antara dua titik misalnya dititik A dan B maka voltmeter harus dipasang di antara titik A dan titik B secara paralel.
Gaya Gerak Listrik (GGL) dan Tegangan Jepit
GGL dan Tegangan Jepit

Pengukuran beda potensial pada Gambar (a) yaitu beda potensial antara kutub positif dan negatif dari suatu sumber tegangan E, yang diukur langsung tanpa adanya aliran arus listrik ke suatu penghantar.

Hasil pengukuran ini menunjukkan besarnya nilai GGL. Sedangkan pengukuran beda potensial pada Gambar (b) yaitu beda potensial antara dua titik yaitu A dan B selama arus mengalir disebut tegangan jepit, VJ.

Untuk VC-D, adalah tegangan jepit antara titik C dan D. Oleh karena itu besarnya nilai GGL lebih besar dari pada VJ.

Mengapa? Sebab sebagian tegangan selama arus listrik mengalir digunakan untuk menyalakan lampu yang mempunyai hambatan tertentu. Satuan yang digunakan baik GGL maupun VJ dalam satuan Sistem Internasional adalah volt, V.

0 Response to "Gaya Gerak Listrik (GGL) dan Tegangan Jepit"

Post a Comment